Informasi Terbaru Seputar PlayStation 5

Photo via cdn.segmentnext.com

PlayStation selama ini telah menjadi salah satu konsol favorit yang menemani kita semua untuk menjelajahi imajinasi-imajinasi yang mengagumkan dari para pengembang-pengembang video game. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sony telah siap memperkenalkan konsol PlayStation terbaru yang akan menggantikan PlayStation 4 yang dirilis pada tahun 2013 lalu.

Pada gelaran CES 2020 lalu, Sony secara resmi telah memperkenalkan logo dari PS5 dan setelahnya informasi seputar PS5 Dual Shock Controller pun ramai diberitakan di dunia maya. Hal ini membuat orang-orang meyakini tahun 2020 ini menjadi tahun perilisan konsol yang dinanti-nantikan tersebut.

Buat kamu yang menantikan PlayStation5, berikut ini adalah informasi terbaru seputar konsol termutakhir dari Sony tersebut.

Tanggal Rilis

Photo via cdn.mos.cms.futurecdn.net

Setelah banyak gosip yang berkembang selama beberapa bulan terakhir, akhirnya Sony mengkonfirmasi waktu rilis PS5 adalah saat periode Holiday 2020 yang artinya akan terjadi persaingan sengit antara PS5 dengan Xbox Series X pada liburan Natal 2020 ini. Tanggal ini telah dikonfirmasi secara langsung oleh Sony saat perhelatan CES 2020.

Sementara itu, pada bulan Februari ini kabarnya akan digelar PlayStation Meeting 2020 yang sekaligus akan menampilkan secara langsung bentuk fisik dari konsol game terbaru ini.

CEK DULU HARGA TERBARU PLAYSTATION 4 DI SINI

Spesifikasi PlayStation5

Photo via cdn.wccftech.com

CPU yang digunakan pada PS5 akan menggunakan prosesor generasi ketiga Ryzen dari AMD dan aristektur terbaru 7nm Zen 2 microarchitecture yang dilengkapi dengan delapan inti. Sementara itu untuk mendukung fitur ray tracing, PS5 akan menggunakan GPU variasi kustom dari Navi Radeon. Kabar ini sekaligus dilengkapi dengan gosip lama yang menyebutkan teknologi grafis generasi terbaru dari AMD akan menjadi jeroan dari PS5 dan sedang masuk ke dalam tahap produksi beberapa tahun terakhir.

Jeroan canggih ini dipercaya akan membuat kinerja proses PS5 akan menjadi sangat cepat. Mengutip presentasi dari Sony, “kecepatan rendering grafis-nya meningkat secara dramatis.” Selain itu, PS5 juga akan memiliki kemampuan ray tracing dan mendukung konten dengan resolusi 8K.

Desain Konsol PS5

Photo via cdn.mos.cms.futurecdn.net

Dari segi desain, memang belum ada bocoran resmi dari Sony. Namun, beberapa pengamat telah memberikan gambaran akan seperti apa desain konsol terbaru ini nantinya. Misalnya saja @xTHAFINESTx yang memberikan gambaran PlayStation5 dalam perpaduan dua warna hitam-putih sekaligus meninggalkan identitas monokromnya selama ini.

Sebelum @xTHAFINESTx, seorang gamer bernama Dan Khul menunjukkan sistem yang ia banung dalam menciptakan game Dreams untuk PS4 yang berdasarkan apa yang dipercayai sebagai devkit dari PlayStation5. Devkit ini pertama kali muncul dalam daftar paten Sony pada tahun lalu dan telah digunakan sebagai dasar dari pengembangan desain konsol. Devkit yang paling populer hadir dari LetsGoDigital yang memiliki garis lekuk yang keras dengan penggunaan warna silver yang cukup dominan.

Game-game yang akan hadir lebih awal

Photo via images.pushsquare.com

Ini adalah elemen yang penting saat sebuah konsol baru akan dirilis. Buat apa beli kalau ternyata belum banyak game yang bisa dimainkan? Hal yang telah dikonfirmasi, semua konten yang ada di PS4 Library, termasuk game-game PSVR, akan didukung oleh PS5.

Selain itu, game-game buatan Sony sendiri sepertinya akan meramaikan rilisan perdana untuk konsol lintas generasi (bisa dimainkan di PS4 dan PS5) ini, mulai dari Ghost of Tsushima sampai The Last of Us 2. Judul-judul lainnya yang isunya akan mengikuti jejak kedua judul tersebut antara lain adalah sekuel Horizon Zero Dawn dan judul terbaru dari seri God of War.

Pengembang pihak ketiga pun tak mau ketinggalan untuk meramaikan PS5. Misalnya, Bluepoint Studio sepertinya mengindikasikan Godfall terbaru akan secara eksklusif hadir di PS5. Ubisoft juga telah mengonfirmasi bahwa Watch Dogs: LegionRainbow Six Quarantine, dan Gods and Monsters akan hadir untuk Xbox Series X dan PlayStation5.

BELI TV 4K SUPAYA BISA LEBIH PUAS MAIN PLAYSTATION 5 NANTI

Hadirnya PlayStation5 pada akhir tahun nanti tentunya sangat dinanti-nantikan oleh penggemar game konsol. Apakah kamu salah satunya?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY