Masa liburan yang paling kamu tunggu-tunggu sudah di depan mata! Sudahkah kamu mempersiapkan semuanya? Mungkin membuat rencana perjalanan, booking hotel, dan packing untuk berlibur sudah kamu lakukan. Tapi ada lagi hal lain yang harus kamu siapkan untuk menghadapi liburan ini, yaitu persiapan bermacet-macet ria

Kemacetan saat liburan akhir tahun itu bisa parah luar biasa (dan kamu pasti ngerti banget apa rasanya menghadapi macet yang super panjang). Nah, supaya liburanmu tetap menyenangkan meski macet menghadang, kamu bisa mengikuti 7 tips ini untuk siap-siapbertahan di kemacetan.

1. Periksa rem mobilmu sebelum pergi berliburrem

Via Reference

Salah satu hal penting yang pasti akan terus menerus kamu gunakan saat menghadapi macet adalah rem. Kalau rem mobilmu mulai nggak pakem dan tiba-tiba blong di tengah jalan karena belum di tune up, berabe banget!

Jadi, pastikanlah untuk selalu memeriksa rem mobilmu sebelum pergi berlibur. Periksa apakah seluruh komponen untuk rem seperti minyak rem, kanvas rem, piston rem dan kawan-kawannya masih dalam kondisi yang bagus. Kondisi rem yang sehat = perjalanan menyenangkan.

2. Persiapkan mesin mobilmumesin

Via Garage Boutet

Macet yang panjang pasti membuat perjalananmu menjadi semakin lama hingga kamu merasa kelelahan. Tapi yang kelelahan pada situasi ini bukan cuma kamu, namun juga mesin mobilmu yang terus menerus bekerja.

Periksa dan siapkanlah mesinmu terlebih dahulu sebelum liburan untuk menghadapi macet yang berkepanjangan. Jika perlu, gunakanlah engine booster agar mesinmu tetap kuat dan sehat selama liburan.

Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir lagi deh akan kondisi mobilmu. Sekarang yang kamu perlukan adalah menyiapkan barang-barang untukmu sendiri seperti:

3. Bawalah snack dan minuman (yang banyak!)

snack

Via Reader’s Digest

Kemacetan saat liburan akhir tahun itu nggak kenal tempat! Bisa saja kamu terjebak kemacetan selama berjam-jam saat berada di tengah-tengah sawah atau hutan yang nggak ada tukang berjualan di sekelilingnya. Padahal perutmu dan perut keluargamu sudah mulai ‘kruyuk-kruyuk’.

Nah, agar kamu siap untuk menghadapi situasi nggak terduga seperti ini, kamu harus membawa persiapan makanan, snack dan juga minuman yang banyak.

Jika kamu belum membawanya dari rumah, ingatlah untuk selalu menyempatkan diri untuk berhenti di rest area pertama yang kamu temui dan membeli barang-barang ini.

Jangan menunda-nunda ya guys! Kamu nggak tahu kapan ada rest area lagi yang bisa kamu temukan saat macet di jalan.

4. Bawa pispot untuk berjaga-jagapispot

Via Huffington Post

Nggak hanya minimnya orang yang berjualan, biasanya kamu juga akan kesulitan menemukan toilet di area-area yang jarang orang seperti sawah, hutan, dan pertengahan jalan tol yang macet. Karena itu, lebih baik kamu siapkan saja pispot di mobilmu untuk berjaga-jaga. Siapa tahu ada anggota keluargamu (atau kamu sendiri) membutuhkannya saat keadaan sudah gawat.


BACA JUGA Jalani Liburan yang Nggak Biasa dengan Melakukan 7 Hal Ini!


5. Siapkan playlist lagu + Kabel AUX penyelamat dari kebosananlagu

Saat berlibur ke luar kota, kamu mungkin akan kesulitan untuk mencari channel radio yang akan memutarkan lagu-lagu favoritmu. Daripada kamu kebosanan di jalan dan malah mengantuk saat menyetir, lebih baik kamu setel saja playlist lagu dari smartphone.

Jangan lupa gunakan kabel AUX (kalau nggak ada bluetooth) untuk menyambungkan pemutar lagu ke audio mobil. Kamu pun bisa menikmati lagu dengan suara yang lebih mantap. Bisa karaokean bareng deh sama keluarga di tengah kemacetan!

6. Bawa kartu untuk main di jalankartu

Via Livedoor

Macet di akhir tahun bisa saja membuatmu stuck di satu lokasi selama berjam-jam. Daripada merasa kesal karena nggak sampai-sampai ke tempat tujuan, lebih baik kamu gunakan saja waktu ini untuk bermain bersama keluargamu.

Kalian bisa bermain kartu UNO atau kartu lainnya sambil menunggu waktunya mobil jalan. Supaya lebih seru, jangan lupa untuk membawa bedak sebagai hukuman bagi orang yang kalah!

Eits, namun diingatkan kembali ya, sebaiknya pengemudi nggak ikut bermain, biar lebih konsentrasi dalam membawa semua penumpang selamat sampai tujuan.

7. Manjakan lehermu dengan guling kecil atau travel pillowtravel-pillow

Via Necknapperz

Posisi duduk di mobil dalam waktu yang panjang bisa menyebabkan leher dan pundakmu terasa sangat pegal. Mau tidur pun rasanya leher makin sakit dan nyeri. Kamu pun menjadi kelelahan dan semakin bete selama perjalanan.

Nah, lebih baik kamu siapkan saja dulu guling kecil atau travel pillow yang bisa menopang lehermu selama di perjalanan.

Kalau kamu penumpang sih, kamu bisa banget tidur sambil memeluk guling kecilmu. Tapi kalau kamu yang menyetir, lebih baik gunakan travel pillow saja deh. Leher dan pundakmu pasti akan sangat berterima kasih padamu.

Macet yang luar biasa di liburan akhir tahun memang bisa membuat kamu lelah. Tapi dengan mengikuti 7 tips persiapan di atas, kamu dan mobilmu pasti siap menghadapi kemacetan dan sampai ke tempat liburan impian.

Tenang saja, kesabaran saat menghadapi macet nanti pasti terbayarkan kok saat kamu sampai di tempat tujuan. Selamat liburan guys!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY