me

Ide Menu Buka Puasa Segar

Jan 30, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Nggak terasa, bulan Ramadhan 2023 semakin dekat, nih. Blibli Friends pasti sudah nggak sabar merasakan suasana bulan puasa, salah satunya menyiapkan berbagai menu buka puasa segar dan sahur nanti. Walaupun begitu, nggak ada salahnya Blibli Friends menyiapkannya di rumah bersama keluarga ataupun teman agar lebih menghemat budget dan menciptakan rasa yang sesuai selera.

Apalagi kebanyakan menu buka puasa segar yang khas di Indonesia ini nggak susah, kok. Diantaranya ada minuman segar seperti Es Cincau, Es Kopyor, Es Kuwut, Es Dawet, Es Semangka Susu, Es Doger, dan Kolak Pisang. Nah, untuk semakin siap menyambut bulan Ramadhan 2023, disini bakal dijelaskan mengenai 7 ide menu buka puasa segar yang bisa kamu buat sendiri di rumah, ya!

Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Puasa, Simak Yuk Bunda!


Supermarket Online BLM

Es Cincau

genpi.co

Siapa yang nggak tahu dengan minuman yang menggunakan agar-agar ini? Es Cincau ini menjadi salah satu minuman segar untuk buka puasa yang memiliki banyak varian. Untuk pembuatannya, kamu bisa menggunakan cincau yang sesuai dengan selera kamu, ya.

Bahan:

  • 1 papan cincau
  • 500 ml air gula aren
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 500 ml santan cair
  • es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Serut atau potong-potong cincau dengan memanjang. Kemudian cuci cincau dengan air masak.
  2. Gunakan satu wadah besar untuk memasukkan cincau, air gula, dan santan. Tuang ketiganya ke dalam wadah dan aduk hingga semuanya tercampur rata. Ingat, tuangkan santan secukupnya aja, ya.
  3. Tambahkan es batu atau es yang sudah diserut ke dalam wadah sesuai selera. Atau Blibli Friends bisa menambahkan es batu ketika ingin meminumnya, sebab cairnya air es batu bisa membuat rasa manis es cincau sedikit berkurang.
  4. Terakhir, aduk hingga semua rasanya tercampur rata. Dan Es Cincau siap disajikan sebagai menu buka puasa segar kamu, deh.

Es Kopyor

frisianflag.com

Minuman yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah ini bisa Blibli Friends buat dengan mudah di rumah, nih. Apalagi, bahan kopyor yang digunakan bisa dibuat sendiri sesuai selera, seperti dari jeli atau puding. Yuk, ikuti langkah pembuatan Es Kopyor disini!

Bahan:

  • 450 ml santan kental instan
  • 200 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 4 liter air masak yang dingin
  • Sirup merah secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan 1 bungkus agar-agar plain dan air. Kemudian, campurkan kedua bahan sambil mengaduknya agar nggak menggumpal.
  2. Setelah agar-agar dan air tercampur, tambahkan santan kental instan. Masak ketiga bahan tersebut sambil di aduk lagi hingga air mendidih. Jika ketiganya tercampur rata, angkat dari kompor dan sisihkan.
  3. Lalu, masukkan es batu ke dalam air matang dan tuang agar-agar yang tadi disisihkan ke atas bongkahan es batu. Tuangkan sedikit demi sedikit.
  4. Sesudah dituang, serut bongkahan es batu tadi  dengan menggunakan garpu hingga agar-agar tadi membentuk serabut kopyor. Lakukan secara berulang kali hingga seluruh agar-agar habis.
  5. Yang terakhir untuk menyajikan kopyor, Blibli Friends bisa mencampurnya bersama sirup merah di dalam gelas. Aduk kopyor, sirup, dan air masak di dalam gelas hingga tercampur rata. Dan Es Kopyor siap untuk disajikan, deh.

Es Kuwut

sajianlezat.id

Seperti namanya, Es Kuwut atau yang berarti kelapa ini dibuat dari kelapa muda. Berasal dari Bali, minuman segar sebagai menu buka puasa ini sangat mudah untuk dibuat. Yuk, intip cara pembuatan Es Kuwut di bawah ini:

Bahan:

  • 2 buah melon
  • Potongan daging kelapa muda (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 2 buah jeruk nipis
  • 8 sdm gula pasir yang sudah dicairkan
  • 8 sirup rasa melon
  • 1 sdm biji selasih
  • 1 gelas air putih masak

Cara Membuat:

  1. Siapkan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua bagian dan peras dengan menggunakan saringan di dalam wadah lain.
  2. Pada wadah yang berbeda, siapkan 1 sdm biji selasih dan air. Aduk semuanya hingga tercampur rata dan diamkan beberapa saat hingga mendidih.
  3. Kemudian, serut buah melon secukupnya sesuai selera. Dan juga serut daging kelapa muda dan memotongnya secara memanjang.
  4. Siapkan wadah lain untuk mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan. Lalu, campurkan semuanya dalam wadah tersebut, seperti daging kelapa muda, buah melon, air jeruk nipis, air biji selasih, dan juga sirup rasa melon.
  5. Aduk hingga semuanya tercampur rata sekaligus tambahkan 1 gelas air.
  6. Yang terakhir, tambahkan es batu untuk rasa yang lebih segar dan dingin. Es Kuwut siap diminum, deh.

Es Dawet

frisianflag.com

Minuman segar yang menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya, Es Dawet ini memang terlihat menggoda. Apalagi, dihidangkan untuk menu buka puasa. Untuk pembuatannya, cek disini cara membuat Es Dawet dengan mudah!

Bahan:

  • 4 sdm tepung tapioka
  • 100 gr tepung beras
  • 200 gr gula merah
  • 500 ml air rebus pandan
  • 500 ml air
  • 1 bungkus santan instan dan 300 ml air

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah untuk memasak tepung beras, tapioka, dan air pandan. Campurkan ketiga bahan tersebut. Sambil menunggu air mendidih, aduk semua bahan hingga merata. Setelah itu, angkat dan sisihkan sambil menunggu dingin.
  2. Sesudah bahan dawet dingin, cetak dawet dengan menggunakan saringan. Lalu, siapkan juga air es di dalam wadah tampungan dawet. Lakukan berulang kali hingga selesai.
  3. Setelah dawet selesai dibuat. Masak air 500 ml air dan 200 gram gula merah. Aduk keduanya agar tercampur rata hingga mendidih.
  4. Lalu, masak 1 bungkus santan instan dan 300 ml air menggunakan wadah lain.
  5. Setelah semua bahan selesai, siapkan satu wadah sebagai tempat mencampur semua bahan. Tuang semua bahan, seperti dawet, air gula merah, dan santan. Aduk semuanya hingga merata.
  6. Tambahkan es batu agar Es Dawet jadi terasa segar.

Es Semangka Susu

fimela.com

Nggak cuma disajikan sebagai menu buka puasa, Es Semangka Susu juga sering ada pada waktu lebaran, nih. Untuk membuatnya juga mudah, loh. Yuk, cek disini:

Bahan:

  • 1/4 buah semangka yang sudah dipotong kecil dan dipisahkan dari biji
  • 600 ml susu cair full cream
  • 150 ml sirup merah
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan satu wadah untuk mencampur semua bahan.
  2. Lalu, tuangkan semua potongan buah semangka, susu cair, dan juga sirup merah ke wadah tersebut. Aduk semua bahan hingga rasanya tercampur rata.
  3. Jika terlalu manis, kamu bisa menambahkan air lagi.
  4. Yang terakhir, tambahkan es batu sesuai keinginan. Dan Es Semangka Susu sudah bisa dinikmati, ya.

Baca juga: Bingung Buka Puasa Pake Apa? Harus Cobain Ini Sih! 

Demikian ide menu buka puasa segar yang bisa Blibli Friends ikuti. Untuk mendapatkan semua bahan lengkap membuat menu buka puasa, kamu bisa mendapatkannya di Supermarket Online yang ada di Blibli, loh. Dengan begitu, cara belanja kamu jadi lebih mudah dan anti ribet. Yuk, coba fitur Supermarket Online di Blibli!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya