me

7 Ide Acara Tukar Kado, Bikin Suasana Jadi Super Seru!

Dec 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

rancheromasonry.com
7 Ide acara tukar kado yang super seru

Ide Acara Tukar Kado — Hari Natal dan Tahun baru jadi waktu yang banyak ditunggu-tunggu nih. Mungkin kamu sudah mempersiapkan banyak banget buat menyambut libur yang sangat panjang ini. Selain sudah menyiapkan waktu cuti, tempat menginap, barang yang ingin dibawa, mungkin termasuk juga kado.

Nah, biasanya kumpul bareng teman-teman atau keluarga besar saat libur panjang bakal makin lengkap rasanya kalau ada acara tukar kado nih, Blibli Friends. Cara bertukar kado ini nih yang nantinya bakal bikin acara kumpul-kumpul kamu makin seru lagi. 

Tenang aja, nggak usah bingung karena di bawah ini ada 7 ide acara tukar kado yang bisa kamu contek buat nanti. Simak yuk!

Baca Juga :


White Elephant

fivethirtyeight.com

Ide pertama adalah White Elephant yang cocok banget kalau diikuti peserta dengan jumlah yang cukup banyak. Makin banyak pesertanya makin seru lho!

Caranya nggak sulit kok. Pertama, kumpulkan kado di satu tempat. Kamu bisa letakkan di tengah ruangan sebagai centernya. Nah, setelah itu setiap orang ambil kado yang di tengah itu sesuai dengan gilirannya. Orang pertama bisa langsung membuka kado yang diambil. Kemudian dilanjutkan oleh orang berikutnya. 

Nah, orang kedua yang mengambil ini punya keuntungan nih. Dia bisa langsung ambil dan buka kado yang dipilih atau menukarnya. Ia bisa menukar kado yang diambil dengan yang diambil oleh peserta pertama tadi. Ini terus dilakukan sampai semua mendapat gilirannya. 

Biar acara tukar kado makin seru, kalau bisa isi hadiah ini adalah barang yang uni atau nyeleneh. Dijamin deh, acara tukar kado dengan cara White Elephant ini bakal makin seru dan bikin semua orang tertawa. Cobain yuk!

Christmas Story Pass-Around

southernliving.com

Cara kedua adalah Christmas Story Pass-Around. Cara ini adalah tradisi dari Western yang bisa kamu coba bareng teman atau keluarga besar saat perayaan Natal. Tenang aja, nggak susah kok caranya. Kamu bisa mulai dengan kado yang dibawa masing-masing peserta. 

Setelah itu, puisi atau cerita tentang Natal bakal dibacakan dengan keras. Kamu juga bisa menggantinya dengan lagu Natal. Nah, saat ini berlangsung, para peserta memindahkan kado ke arah kanan, kiri atau peserta yang ada di seberangnya. 

Kado bakal terus diputar sampai cerita atau puisi selesai dibaca. Saat puisi atau cerita sudah selesai, maka apa yang ada di tanganmu adalah milikmu. Supaya acara tukar kado makin seru, kamu bisa pilih hadiah yang nggak mainstream, unik dan mungkin justru aneh. Dijamin deh, semua bakal ikut tertawa dan nggak melupakan acara kali ini!

Musical Chair

medium.com

Mungkin beberapa dari kamu sudah familiar dengan cara tukar kado yang satu ini, tapi ada sedikit modifikasi nih. Kamu tetap butuh kursi untuk memainkan ini. Tiap peserta duduk sambil memegang kado yang dibawa. 

Setelah itu musik bakal diputar. Semua peserta kemudian berdiri dan sambil membawa kado, berkeliling selama musik dimainkan. Saat musik berhenti, semua peserta duduk di kursi terdekatnya lalu menyerahkan kado pada orang yang ada di sebelah kanan atau kirinya. Sebaiknya tentukan di awal ya, kado bakal diberikan ke kiri atau kanannya. 

Lagu diputar kembali, dan sekali lagi semua peserta melakukan hal yang sama sampai musik berhenti dan hadiah digeser. Sebaiknya jangan sampai berputar satu lingkaran penuh ya, supaya kado nggak kembali ke pemilik aslinya. 

Berburu Harta Karun

hannahsgames.co.uk

Siapa yang pernah ikut berburu telur di perayaan Paskah? Nah, kalau pernah tentu kamu udah nggak asing lagi dengan acara berburu ini. Kamu juga bisa lho mencontek ide ini untuk acara tukar kado bareng keluarga atau teman satu geng. 

Caranya gampang. Pertama, kumpulkan semua peserta dalam satu area atau ruangan yang sudah kamu tentukan. Setelah itu, masing-masing peserta bakal diberi petunjuk tentang di mana letak kado yang sudah disiapkan oleh panitia. Kado ini berada di tempat tersembunyi, jadi semua peserta harus mencarinya sesuai petunjuk yang ada. 

Panitia sebaiknya pastikan kalau petunjuk ini nggak mengarahkan pemilik asli mengambil kado yang ia bawa ya!

Tebak Kado

housebeautiful.com

Permainan memang nggak pernah salah saat lagi kumpul ramai-ramai. Cara untuk bertukar kado berikutnya ini cocok banget kalau pakai permainan seperti tebak kata atau gambar. 

Cara mainnya adalah, kumpulkan dulu semua kado di tengah ruangan. Sebaiknya minta semua peserta membungkus kado dengan cara atau warna yang sama supaya hadiah terlihat mirip satu sama lain. Setelah itu, minta semua peserta mengambil kado yang diinginkan. 

Setelah semua peserta selesai memilih kado, pemilik asli dengan yang baru maju berdua lalu bermain tebak kado. Si pemilih kado mengajukan pertanyaan kepada pemilik asli tentang petunjuk benda yang ada di dalamnya. Kamu bisa batasi 5 sampai 10 pertanyaan saja. 

Pemilik asli kemudian bakal menjawab pertanyaan itu dan si pemilih menebak isinya. Kalau pemilih bisa menebak dengan benar, maka kado jadi miliknya. Simple kan?

Undian Kado

letsroam.com

Undian mungkin lebih sering dipakai saat event besar seperti pesta kantor, perayaan kemerdekaan sampai dengan acara jalan sehat di suatu wilayah. Nah, kamu juga bisa contek caranya untuk acara tukar kado lho! 

Caranya simple kok. Pertama, tentukan dulu jumlah tantangan yang ingin dipakai dan harus dilalui oleh peserta. Contoh, kamu minta peserta yang punya nama dengan huruf depan B untuk tukar kado dengan seseorang yang memakai jaket. Kamu bisa buat beberapa tantangan yang disesuaikan sama jumlah peserta.

Nah, tuliskan tantangan tadi ke sebuah kertas lalu digulung dan dimasukkan ke dalam toples atau wadah lain yang ada. Ini seperti ibu-ibu kalau arisan, ada kertas digulung dengan instruksi dan dikocok dulu sebelum diambil. Lalu tiap peserta bakal ambil 1 kertas sampai gulungan habis. 

Cobweb Party

pinterest.com

Cobweb party atau bisa juga kamu sebut dengan pesta sarang laba-laba termasuk cara yang seru banget buat tukar kado. Konsep ini berasal dari masa Victoria di Inggris. 

Nah, untuk memainkan cobweb party, kamu butuh satu ruangan yang cukup besar dan berisi barang. Bukan ruangan yang kosong ya. Kamu bisa memakai seluruh ruangan di rumah untuk memainkan cara ini. Hal pertama yang disiapkan yaitu benang dengan warna berbeda. Benang ini nantinya di arahkan ke setiap kado yang sudah disembunyikan.

Tiap peserta nantinya bakal diarahkan ke benang yang berbeda-beda dengan kado yang sudah ditentukan, yang pasti bukan milik sendiri ya. Kamu bisa melilitkan benang ke meja, kursi dan benda lain yang ada di sekitar. Semakin rumit dan panjang benang yang dililitkan maka bakal tambah seru permainannya. 

Gulungan benang yang dibuat bakal saling mengelilitkan satu sama lain. nah, ini yang bakal bikin acara makin seru dan heboh, apalagi kalau ada peserta yang benangnya berlilitan dengan rumit. Berani coba?


Baca Juga :

Itu dia 7 ide untuk acara tukar kado yang seru dan sulit terlupakan. Yuk, persiapkan kado dari sekarang. Cari kado yang unik dan anti mainstream, supaya acara makin seru dan semua senang. Kamu bisa temukan barang yang cocok untuk tukar kado di Blibli. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi Blibli sekarang dan dapatkan barang incaranmu!

Tag: