Kalau dulu kegiatan belanja kita ditentukan oleh jam operasional toko, jaman sekarang, kamu punya akses berbelanja 24/7. Artinya, kamu bebas belanja kapan saja dimana saja 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Hanya dengan akses internet memadai, belanja sekarang semudah menggerakkan jari. Bahkan kalau mau, kamu tidak perlu turun dari tempat tidur atau beranjak dari kursi untuk melakukannya.

Buat yang punya kecenderungan shopaholic, kemudahan akses ini dapat menjadi adiksi berbahaya. Biar kemudahan berbelanja tidak berbalik menjadi malapetaka, yuk simak tips berikut:

1. Punya Anggaran Belanja

Terdengar sederhana namun tidak banyak orang disiplin melakukan langkah ini. Punya anggaran belanja membuatmu bebas menikmati berapapun saldo yang terkumpul tanpa khawatir mengganggu tanggungan finansial Anda lainnya. Punya rekening terpisah dan sisihkan maksimal 20% penghasilan rutin Anda ke dalam rekening tersebut.

2. Punya Kartu Khusus Belanja

Processed with VSCO with 5 preset

Belanja online membutuhkan kartu dalam bertransaksi. Bisa kartu kredit maupun kartu debit. Sama seperti anggaran belanja, ada baiknya kamu punya kartu khusus untuk hobi belanjamu. Atur agar pembayaran tersebut terdebet secara otomatis dari rekening belanja kamu. Dengan cara ini, kamu akan mudah mengontrol tagihannya.

Pilih kartu dari penerbit yang dapat digunakan dibanyak merchant atau situs belanja. Hanya gunakan kartu pada situs belaja terpercaya dan jangan lupa memperhatikan keamanan transaksi online untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Jangan Pelihara Utang Konsumtif

Cicilan menumpuk akan mengurangi kenikmatanmu berbelanja. Maka pastikan semua tagihanmu terbayar lunas untuk menghindari bunga. Jangan segan menggunakan fasilitas cicilan 0% namun pastikan kamu tetap mampu membayar tagihannya dan memantau saldo rekening belanja kamu dengan baik.

Tidak rela kan jika kamu harus membayar ratusan ribu bunga kartu kredit akibat tidak melunasi tagihan tepat waktu? Mending uangnya digunakan untuk membeli sepatu cantik incaran atau lipstik warna terbaru.

4. Pilih Kategori Barang

Online shopping concept.

via pandasecurity.com

Belanja online menawarkan kemudahan akses namun prosesnya tentu berbeda dengan belanja secara fisik. Tidak jarang orang kecewa karena barang yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi atau penawaran yang diberikan. Kalau kamu termasuk orang yang picky mengenai barang-barang yang kamu beli, hindari membeli barang berharga mahal kecuali kamu pernah mencoba barang tersebut atau paling tidak, pernah melihatnya.

Pilih kategori yang menurut kamu ‘aman’, dimana perbedaan mengenai warna, ukuran maupun bahan bukan merupakan hal yang menjadi fokus utama. Jika tidak yakin, pelajari syarat dan ketentuan mengenai penukaran atau pengembalian barang untuk mengatisipasi jika kamu tidak suka barang yang kamu terima.

5. Ingin apa Butuh

Jika berbelanja di toko mengharuskan kamu berjalan keluar masuk toko untuk melihat barang yang ingin kamu beli, belanja online tidak memerlukan stamina fisik serupa. Kemudahan belanja online memungkinkan kamu mencari, melihat, membandingkan dan membeli puluhan bahkan ratusan barang tanpa bergerak.

Jadi, pintar-pintarlah memisahkan antara ingin dan butuh jika anggaran kamu terbatas. Gunakan saldo rekening belanjamu sebagai rem jika kenginan mulai tidak terkendali.

Jadi, jika kamu sukses menerapkan semua tips diatas, by all means, silahkan belanja sepuasnya. Tidak perlu khawatir karena uang ini merupakan hasil jerih payah yang memang ditujukan untuk bersenang-senang. Happy shopping!

Nah, mumpung jelang akhir tahun, kamu pasti sudah mulai memikirkan nih akan ke mana tabunganmu berakhir. Kado untuk orangtua? Kado untuk diri sendiri? Membeli keperluan rumah baru? Hmm, semuanya bisa! Kamu bisa buka Blibli.com, tinggal klik, bayar, lalu duduk yang manis sambil menunggu  barang kamu sampai Friends!

*Artikel ini merupakan hasil kerjasama Blog Blibli Friends dengan QM Financial.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY