Memasuki tahun yang baru, semangat kerja juga harus baru. Selain mendekorasi kantor atau membeli peralatan kerja yang baru, penampilan kerjamu juga harus oke!

Sayangnya masih banyak pria yang melakukan kesalahan dalam memilih fashion kerja terutama setelah pulang dari liburan.

Pengennya mencoba hal baru sih. Tapi seringkali bukannya makin ganteng malah bikin orang nggak mudeng. Berikut ini beberapa wardrobe crime yang akan mengurangi kadar kegantenganmu dalam busana kerja yang perlu kamu hindari di Tahun Baru!

1. Baju yang kebesarankebesaran

Via nytimes

Meski lebih nyaman dan bikin leluasa bergerak, menggunakan baju yang kebesaran mengesankan ketidakrapian. Jadi, disarankan sebaiknya kamu pilih pakaian yang slim-fit.

Jika ukuran badan kamu nggak cocok dengan ukuran pakaian yang dijual di pasaran, maka inilah saatnya untuk mengunjungi tukang jahit atau pembuat jas! Investasi sedikit dalam suit yang pas dengan badanmu pasti worth it kok.

2. Mengancingkan seluruh kancingkancing

Via fittery

Terkadang untuk menampilkan kesan rapi, banyak pria memilih untuk mengancingkan semua kancing yang ada di kemeja dan jasnya. Padahal kebiasaan ini jika terus dilakukan akan membuat kamu tampak culun dan nggak nyaman.

Pastikan selalu satu kancing di bagian kerah kemejamu dibuka, kecuali saat kamu memakai dasi. Sementara untuk jas yang memiliki dua kancing atau lebih, ingatlah untuk selalu mengancingkan bagian atasnya saja. Jangan sampai kamu terlalu sesak dibikinnya!

3. Dasi dengan kemeja lengan pendekdasi

Via trendstyled

Banyak yang berpikir fashion kerja akan terlihat rapi dengan dasi pada outfit. Nggak heran jika kemudian banyak pria yang memutuskan untuk mengenakan dasi pada kemeja lengan pendeknya untuk kesan yang lebih kasual namun formal.

Padahal outfit semacam ini terkesan kurang profesional untuk kantor. Jangan sampai terlihat seperti bekerja di restoran cepat saji. Mulailah biasakan memakai dasi dengan kemeja lengan panjang setiap saat.

4. Memakai banyak warnabanyak-warna

Via Kinowear

Kamu yang doyan melakukan tabrak warna dalam berbusana, sebaiknya jangan berlebihan. Tahun baru 2017 identik dengan gaya monokromatik. Semuanya harus matching dan suave.

Sebagai catatan, batas warna pada pakaian yang boleh kamu pakai adalah tiga warna. Biru dan cokelat merupakan jarak kontras paling jauh. Jangan memadukan warna yang lebih nyentrik dari kedua warna tersebut ya!

5. Menggunakan tas punggung saat menggunakan jastas

Via crazybackpacks

Kamu bukan anak SMA Jepang atau Korea. Walau nyaman dan nggak diragukan lagi kemampuannya dalam menyimpan barang, tas punggung nggak cocok untuk disandingkan dengan pemakaian jas yang rapi dan formal.

Akibatnya penampilanmu akan terkesan kurang fashionable. Gaya kasual dan formal jadi tumpang tindih. Kalau nggak terpaksa, pakai tas jinjing saja.

6. Warna ikat pinggang yang salahikat-pinggang

Via mrporter

Hal yang satu ini sering diremehkan banyak pria saat menyiapkan diri untuk berangkat ke kantor. Alasannya karena ikat pinggang nggak terlalu terekspos sehingga nggak bakal menarik perhatian. Akibatnya, banyak yang jadi asal-asalan saat memilih warna ikat pinggang.

Padahal sebaiknya warna ikat pinggang harus dicocokan dengan warna sepatu kerja yang kamu pakai.

Jika sepatu anda berwarna cerah, pastikan ikat pinggang kamu juga berwarna cerah. Jika kamu memakai sepatu kasual seperti sneakers, pastikan kamu memakai ikat ikat pinggang kasual juga.


BACA JUGAΒ 5 Fashion Item Pria Ini Akan Nge-Hits di Tahun 2017!


7. Pakaian dengan motif/gambar yang terlalu besarpola-besar

Via businessinsider

Kamu yang suka dengan motif atau karakter tertentu, sebaiknya nggak membawa hal tersebut ke fashion kerja sehari-hari. Selain terlihat terlalu kasual, motif, atau gambar yang terlalu mencolok bakal membuat tampilanmu aneh. Nantinya, orang malah akan fokus pada gambar di baju kerjamu.

8. Bau cologne yang terlalu menyengatcologne

Via scentbird

Terdengar konyol, tapi percaya atau nggak bau cologne yang berlebihan itu nggak enak banget. Nggak peduli seberapa ganteng dan rapinya penampilan kerjamu, kalau bau parfum terlampau menyengat, pasti orang bakar jaga jarak. Semprot cologne secukupnya saja di bagian leher dan pergelangan tangan ya!

Tahun yang baru, kebiasaan juga harus baru. Jika kamu masih melakukan beberapa kesalahan dalam fashion kerja di atas tahun kemarin, maka tahun ini adalah momen perubahan. Semakin rapi, semakin ganteng, semakin cepat pula jodoh (dan peluang kerja) datang!

Untuk mendukung kegantenganmu, Blibli.com punya segudang koleksi outfit kerja khusus pria untuk kamu! Mulai dari kemeja, setelan jas, sepatu pantofel, tas kulit, hingga jam tangan. Tunggu apa lagi, buruan diintip!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY