Saat jalan-jalan bersama keluarga di taman kota, tiba-tiba gagang kacamata kendor dan tidak nyaman dipakai. Setelah dicek, ternyata baut kacamata kendor dan terlihat akan lepas. Sementara kamu tidak membawa obeng, karena memang tidak menduga ada kejadian seperti itu. Repotnya lagi tidak ada toko perkakas di sekitar lokasi Kamu.

Kejadian seperti di atas bisa menimpamu tanpa diduga sebelumnya. Kadang kita cuma bisa merasa gemas, karena tidak bisa menemukan solusi. Di kendaraan memang ada obeng di kotak perkakas. Tapi biasanya obeng stkamur yang tidak bisa digunakan untuk mengencangkan baut kacamata yang kecil.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu berjaga-jaga mempersiapakan alat penting yang bisa di bawa ke mana saja. Berikut ini beberapa alat praktis yang perlu disiapkan di sekitar kamu:

1. Obeng

obeng

Obeng adalah alat penting yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Baut kacamata yang kendor, memperbaiki instalasi listrik di rumah, hingga mengencangkan baut di sepeda biasanya memerlukan obeng. Peralatan ini menjadi perlengkapan stkamur yang sebaiknya tersedia baik di rumah maupun di kendaraan. Siapkan obeng ukuran besar dan kecil.

2. Kunci hex

kunci hex

Kunci hex atau biasa disebut kunci pas juga menjadi perlengkapan penting. Berbagai perlengkapan seperti peralatan elektronik, hingga kendaraan bisa dipastikan menggunakan baut. Beberapa baut hanya bisa dibuka dengan kunci pas. Kamu tak harus membawa semua ukuran kunci, tapi pilih ukuran yang umum dipakai. Beberapa ukuran baut yang paling sering dipakai adalah ukuran 8, 10, 12, dan 15.


BACA JUGA Ide Kreatif Merapikan Perkakas di Rumah


3. Pembuka kaleng

pembuka kaleng

via wmfamericas.com

Saat camping bersama keluarga, biasanya kamu membawa bahan makanan instan seperti ikan sarden dalam kaleng atau buah cocktail kalengan. Untuk membukanya, kadang perlu alat pembuka kaleng khusus. Cara kerjanya adalah dengan menekan ujung pembuka kaleng secara berputar. Tutup kaleng yang keras pun bisa terbuka dengan mudah.

4. Pembuka botol

pembuka botol

via suck.uk

Sesekali kamu masih perlu membuka totop botol konvensional dengan cara dicongkel seperti tutup botol kecap atau tutup botol minuman soda. Bila kamu tak memiliki tutup botol model congkel, tutup botol konvensional ini sulit dibuka. Bawalah selalu alat pembuka botol ke mana pun kamu pergi.

Empat alat di atas penting untuk dibawa kemana pun. Tapi memang kadang akan merepotkan bila kamu harus membawa empat alat berbeda. Untuk memudahkannya, Kamu bisa membawa keempat alat tersebut dalam selembar wallet ninja seperti ini.

wallet ninja featured

via hiconsumption.com

Selain memiliki empat fungsi alat di atas, wallet ninja juga bisa berfungsi sebagai: penggaris, pembuka surat, dan stand handphone. Oh ya, kamu bisa membeli alat ini melalui apps Blibli.com. Tak perlu repot mencari, tinggal klik, bayar, barang diantar ke rumah bebas ongkos.

Dengan alat-alat tadi, semoga berbagai kesulitan terkait dengan perkakas rumah tangga dan seputarnya bisa kamu atasi tanpa bantuan ahlinya ya. Jadi lebih hemat dan efisien kan?

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY