Hewan Peliharaan Lebih Sehat dengan Pilihan Makanan yang Tepat

Memiliki hewan peliharaan perlu komitmen penuh dalam memeliharanya. Nggak cuma kasih sayang saja yang harus diberikan, waktu ekstra misalnya untuk menemani mereka bermain, dan pemilihan makanan yang tepat wajib diperhatikan agar hewan peliharaan bisa tumbuh dan berkembang semakin sehat.

Nah, dalam memilih makanan hewan, ternyata nggak boleh asal pilih lho! Ada beberapa tips untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan agar mereka sehat selalu. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pertimbangkan usia dan kegiatan hewan peliharaan

Photo by Pexels

Ini tentu menjadi pertimbangan utama saat memilih makanan hewan. Nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi hewan kesayangan dapat mengoptimalkan kondisi fisiknya. Jadi, agar asupan terpenuhi, kamu bisa menyesuaikan porsinya dengan usia hewan peliharaan. Contohnya, kamu harus memberikan makanan berkalori tinggi untuk hewan peliharaan yang sedang berkembang atau sedang menyusui. Atau bisa juga memilih makanan dengan kadar lemak yang rendah untuk hewan peliharaan yang sudah tua agar terhidar dari obesitas.

ANAK ANJING LEBIH SEHAT DENGAN MAKANAN SPESIAL INI

2. Tanya saran profesional

Photo by Pexels

Bagi kamu yang baru pertama kali memelihara hewan, tentunya awam soal pilihan makanan yang tepat bagi hewan peliharaan. Jadi nggak ada salahnya kan jika kita berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu. Pasalnya terkadang, beberapa jenis makanan justru bisa membuat hewan peliharaan sakit karena tidak cocok dengan kondisi fisiknya. Dengan saran ahli, maka pilihan makanan hewan peliharaan akan lebih sehat dan tepat, untuk kondisi fisik dan kesehatannya.

CEK PILIHAN DOG FOOD DENGAN RASA SAYUR BERIKUT INI 

3. Hindari makanan mentah

Photo by Pexels

Ya, ngga semua makanan mentah itu baik. Apalagi jika hewan peliharaanmu benar-benar berasal dari peternakan yang telah dirawat sejak kecil. Biasanya, sistem imun hewan tersebut juga akan menjadi lebih sensitif. Makanan mentah bisa membuat hewan peliharaan sakit akibat kuman yang terkandung di dalam makanan tersebut. Alhasil, kondisi hewan pun jadi tidak optimal.

SENSASI MAKANAN RASA IKAN PANGGANG UNTUK KUCING PELIHARAANMU

4. Jangan sepelekan alergi makanan

Photo by Pexels

Hewan peliharaan juga bisa terkena alergi makanan, lho! Coba deh kamu perhatikan saat reaksi tubuh hewan kesayangan setelah mereka mengonsumsi makanan yang kamu berikan. Apakah ada reaksi spesifik yang terjadi? Bila ya, tandanya hewan tersebut mengalami alergi yang bisa membuat hewan tersebut sakit dan bisa berujung fatal. Jadi, jangan pernah sepelekan hal ini.

5. Anggaran

Photo by Pexels

Hal yang terakhir harus diperhatikan adalah biaya. Berilah makanan yang berkualitas untuk hewan peliharaan, namun sesuai dengan isi kantongmu. Jangan sampai biaya makanan yang dikeluarkan untuk peliharaan justru membebani kamu. Pilih makanan dengan bergizi tinggi dan lengkap, seperti kandungan protein, vitamin, serta hindari makanan degan kadar lemak tinggi karena bisa memicu obesitas.

Bagi kalian para pet lovers, jangan lewatkan promo spesial di Blibli.com. Sederet sajian sehat untuk hewan peliharaan hadir dengan promo menarik yaitu potongan harga dan promo voucher spesial. Dengan ragam pilihan makanan yang dihadirkan, hewan peliharaanmu bisa tumbuh semakin sehat. Cek di sini untuk promo melihat promo selengkapnya.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY