Hari Olahraga Nasional, Berikut Daftar Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

sumber: pixabay.com

Blibli Friends tahu nggak nih, hari apa sekarang? Meski sudah diresmikan melalui Keppres No 67 Tahun 1985, kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal Haornas atau Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September. Dipilihnya tanggal ini ternyata tidak sembarangan, sebab bertepatan dengan hari pembukaan Pekan Olahraga Nasional pertama yang diselenggarakan di era Presiden Soekarno pada tahun 1948.

Nah, setelah tahu sejarah Haornas, rasanya jadi ingin berolahraga, ya? Jangan kalah dengan rasa malas! Yuk, ajak keluarga tersayang untuk aktif bergerak dengan beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti berikut ini:

Yoga

sumber: pixabay.com

Jangan jadikan lahan sempit sebagai alasan enggan berolahraga. Untuk melakukan aktivitas fisik, nggak harus punya rumah yang dilengkapi lapangan basket. Kamu bisa memanfaatkan teras rumah atau ruang keluarga untuk melakukan yoga. Tinggal gelar alas yang empuk, berganti pakaian yang nyaman, lalu cari video tutorial yoga di YouTube. Untuk pemula, ada baiknya cari video yoga yang tingkat kesulitannya rendah. Setelah sudah terbiasa, baru deh tingkatkan latihanmu dengan gerakan-gerakan yang rumit.

Zumba

sumber: pixabay.com

Kalau kamu tipe orang yang mudah bosan dan ngantuk, yoga mungkin bukan pilihan olahraga yang tepat. Zumba bisa jadi alternatif olahraga terbaik nih, bersama keluarga! Gerakan zumba yang aktif diiringi dengan musik yang energik, dijamin bisa membuat tubuh lebih bugar sekaligus memperbaiki mood. Zumba juga termasuk olahraga yang efektif untuk membakar lemak, lho. Cocok banget buat kamu yang ingin mengurangi lingkar pinggang!

Baca Juga: Starter Pack Berolahraga dengan 30% Lebih Banyak Membakar Lemak

Jogging

sumber: pixabay.com

Boleh nih, memanfaatkan area rumah untuk lari-lari kecil alias jogging. Pada dasarnya jogging tidak membutuhkan area yang luas. Kamu bisa bolak-balik mengelilingi halaman rumah, atau memutari seluruh ruangan yang ada. Kalau ingin ganti suasana, boleh juga berkeliling di area sekitar rumah sambil cuci mata. Tapi tetap ingat untuk menggunakan sepatu yang tepat ya, meski cuma jogging di dekat rumah. Sebab alas kaki yang tidak tepat bisa menimbulkan cedera.

Bulutangkis

sumber: pixabay.com

Untuk kamu yang punya area halaman cukup luas, boleh banget mencoba bulutangkis bersama keluarga tersayang. Cukup siapkan dua sampai empat buah raket dan beberapa shuttlecock serta net. Kalau tidak ada net, pasang saja tali sebagai pembatas. Olahraga ini terkesan sepele, tapi membutuhkan koordinasi gerak yang baik dari ujung kaki hingga ujung kepala. Jadi pastikan pemanasan dulu sebelum memulai ya, supaya tubuh tidak kaget dan rentan terluka.

Baca Juga: Starter Pack Olahraga Untuk Atasi Stress

Angkat beban

sumber: pixabay.com

Satu lagi olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga adalah angkat beban. Olahraga ini cocok buat kamu yang ingin menjadikan tubuh lebih kencang. Banyak orang yang salah paham akan olahraga ini dan mengira angkat beban harus dilakukan dengan dumbbell besi. Padahal, beban tidak harus berbentuk dumbbell, namun bisa berupa benda-benda di rumah misalnya sekantong gula pasir dengan berat 1 kg, sekarung beras 5 kg, atau bahkan kamu juga bisa mengangkat buah hati maupun adik yang masih balita.

Tapi tentu saja olahraga di rumah akan jauh lebih menyenangkan kalau ada perlengkapan yang memadai, ya. Coba deh, intip Blibli yang menyediakan berbagai perlengkapan olahraga mulai dari celana senam, matras untuk yoga, sampai dengan sepatu lari. Cukup dengan buka Blibli, kamu bisa mendapatkan semua hal yang dibutuhkan untuk memulai olahraga di rumah bersama keluarga. Harganya dijamin terjangkau dengan kualitas nomor satu. Belanja perlengkapan olahraga sekarang yuk, supaya tubuh makin sehat dan ideal!

DAPATKAN PERALATAN OLAHRAGA DI RUMAH DENGAN KUALITAS TERBAIK DI SINI

 

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY