Rayakan Hari Kucing Sedunia Bersama Kucingmu, Yuk!

hari kucing sedunia

Hari Kucing Sedunia – Salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia adalah Kucing. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat banyak pencinta kucing rela untuk menghabiskan waktu dengannya di rumah. Tahukah kamu? Ternyata ada perayaan khusus untuk para cat lovers yang disebut dengan hari kucing sedunia. Simak, yuk ulasan menariknya di bawah ini. 


Baca juga: Mainan Kucing yang Menghibur sekaligus Melatih Motorik

Sejarah Hari Kucing Sedunia

kucing kampung
Via – The Huffington Post

Mungkin nggak banyak yang tahu kalau 8 agustus merupakan hari perayaan pagi pencinta kucing karena hari tersebut sudah ditetapkan sebagai hari kucing sedunia semenjak tahun 2002 lalu. Hari kucing sedunia sebenarnya dibuat untuk bisa mempererat persahabatan antara manusia dengan para kucing. Tujuan lainnya adalah agar kucing bisa semakin terlindungi. Dari sebuah survei yang dilakukan di tahun 2019 lalu ditemukan bahwa ada sekitar 600 juta kucing hidup di seluruh dunia yang 100 juta ekornya adalah kucing liar. 

Lalu, apa yang istimewa dari perayaan hari kucing sedunia ini? Untuk ikut merayakannya, kamu bisa suka rela menyumbangkan makanan atau kebutuhan lain untuk para kucing yang nggak bertuan atau kucing liar di sekitarmu. Melakukan adopsi di hari kucing juga bisa terasa lebih spesial tentunya, ya. Hal paling sederhana untuk merayakannya adalah memberi garukan di telinga kucing yang kamu temui dan memberikan mainan, serta kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh mereka. 

Kisah Haru Persahabatan Kucing dengan Manusia

hari kucing sedunia
Source by pinterest.com

Meskipun terlihat cuek dan nggak peduli pada keadaan sekitar, kucing termasuk hewan yang sangat perasa, lho. Kucing juga hewan yang setia pada tuannya hingga banyak kisah mengharukan yang terjadi antara manusia dan kucing ini. Di akhir tahun 2020 lalu, ada unggahan akun Facebook dari para pencinta kucing Malaysia yang mengunggah kesetiaan seekor kucing bernama Nana. Nana adalah kucing peliharaan seseorang yang tahun itu ternyata meninggal. Yang paling mengharukan adalah sesudah tuannya meninggal pun Nana setiap hari pergi ke makamnya. 

Nggak hanya Nana, beberapa kali warganet juga dibuat haru karena aksi beberapa kucing dari seluruh dunia yang tetap setia kepada majikan meskipun sudah wafat. Beberapa kucing tersebut bahkan nggak hanya setia mengunjungi tetapi juga membawakan “hadiah” kecil untuk majikannya ke makam. Ada juga kucing jalanan di Inggris yang paling terkenal bernama Bob juga berhasil menginspirasi majikannya untuk bangkit dengan cara setia mengikuti majikannya mencari uang. Kisahnya yang mengharukan bahkan dibukukan dan berhasil menjadi best seller. Kamu bisa mencari kisah Bob dan majikannya dalam buku berjudul A Street Cat Named Bob dan How He Saved My Life

Fakta Unik Kucing Peliharaan 

hari kucing seduniaWajib, nih, bagi pencinta kucing untuk mengintip fakta unik dari hewan berbulu yang satu ini. Beberapa fakta unik dari makhluk berbulu ini bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini. 

  1. Pendengaran dan Penciuman Ekstra Sensitif

Yang ini merupakan sebuah rahasia umum, ya. Kucing termasuk hewan mamalia dengan pendengaran paling tajam dibandingkan dengan hewan lain bahkan dibandingkan anjing. Batas pendengaran kucing ini adalah 65 khz. Nggak hanya itu, indera penciumannya termasuk sangat tajam sehingga anabul nggak akan nyaman untuk buang air kalau tempatnya sudah kotor. 

2. Hewan Perasa

Banyak yang memandang kalau kucing ini termasuk hewan yang cuek. Padahal, dibalik sifatnya yang cuek ini ada fakta mengejutkan yang didapatkan pada suatu penelitian di Amerika Serikat. Nyatanya, kucing bisa mendeteksi perubahan suasana hati majikannya. Bahkan, nggak jarang seekor kucing bisa setia menemani majikannya yang sedang sakit. Kamu pun bisa mendapatkan efek positif dari anabul yang menjagamu, lho!

3. Fakta di Balik Mitos 9 Nyawa Kucing

Benarkah kucing memiliki 9 nyawa? Mitos tersebut nggak lah sepenuhnya salah karena kucing bisa bertahan hidup setelah jatuh dari ketinggian bangunan. Bahkan, ia bisa melompat sekitar 7 kali lipat dari tinggi badannya. Tapi, bukan berarti kalau nyawanya ada 9, Blibli Friends. Kucing memiliki refleks meluruskan tubuh di udara dan mendaratkan kakinya sebelum menyentuh tanah. Karena itulah, kucing memiliki tingkat kelangsungan hidup sekitar 90 persen bahkan setelah jatuh dari gedung tinggi.

4. Berlari dengan Kecepatan hingga 30 MpH

Nggak hanya meluruskan tubuh di udara, kucing juga memiliki kecepatan tinggi sehingga ia seringkali terhindar dari kendaraan yang melaju kencang. Kecepatan berlari kucing ini bahkan bisa mencapai hingga 30 meter per jamnya, lho!

5. Tidur 16-18 Jam Per Hari

Apakah kamu termasuk pemula dalam memelihara anak berbulu? Satu hal yang perlu kamu tahu, kucing merupakan hewan yang membutuhkan tidur minimal 16 hingga 18 jam per hari. Jadi, kamu jangan khawatir kucing kesayangan sakit karena selalu tidur. Nyatanya, tidur lama merupakan kebutuhannya. 

6. Punya 100 Suara Vokal yang Berbeda

Kalau kamu termasuk pencinta kucing yang banyak memelihara kucing, tentu kamu akan menyadari kalau kucing memiliki suara-suara yang berbeda dalam kondisi yang berbeda. Ternyata, dalam sebuah penelitian ditemukan kalau kucing memiliki 100 suara yang berbeda untuk keperluan yang berbeda, lho. 

7. Nggak Bisa Merasakan Apa pun yang Manis

Kucing termasuk bisa memakan berbagai makanan. Tapi, perlu kamu tahu kalau kucing nggak bisa merasakan rasa makanan apa pun yang manis. Jadi, mending kamu membagi makanan lain yang memang diperuntukkan untuk anabul, ya. 

8. Kucing Berumur Panjang

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang bisa hidup lama. Bahkan, masa hidup kucing paling lama adalah selama 38 tahun, lho! kucing tersebut adalah Crème Puff yang lahir pada 3 agustus 1967 dan meninggal di tahun 2005 pada tanggal 6 Agustus. Di tangan pemilik yang sama juga ada kucing yang berhasil hidup hingga 34 tahun!

9. Berbagi Genetik 95,6 Persen dengan Harimau

Bentuk kucing dan harimau dari luar memanglah sama. Tapi, tahukah kamu? Ternyata kucing rumahan berbagi genetik yang sama dengan harimau hingga 95,6 persennya, lho. Nggak heran jika mereka memiliki perilaku yang sama mulai dari mencium bau dan urin, serta proses mengintai dan menerkam mangsanya. 

10. Kucing Tertua di Dunia

Dari sejarahnya, Mesir adalah negara pertama yang menjinakkan kucing liar dengan tujuan untuk membantu tanaman padi. Nggak heran jika kemudian kuburan kucing peliharaan tertua di dunia juga ditemukan di negara itu. Seorang arkeolog Perancis menemukan kuburan kucing yang berusia 9500 tahun di Siprus. 

Rekomendasi Kado Lucu untuk Kucingmu 

Di hari kucing sedunia, tentu kamu ingin mencoba untuk memanjakan kucingmu. Nggak ada salahnya memanjakan anabul karena mereka bisa semakin nyaman dan terhindar dari stress. Berikut adalah beberapa jenis rekomendasi kado lucu untuk kucingmu. 

  1. Baju Hewan Peliharaan

Custom Baju Anjing Kucing
Custom Baju Anjing Kucing

Apakah kamu sering menemukan beragam kostum hewan lucu di internet? Ketika hari kucing sedunia, nggak ada salahnya memakaikan anabulmu dengan beberapa kostum lucu yang tentunya bisa menambah kegemasannya. Kamu bisa mendapatkan beragam jenis kostum lucu ini mulai dari harga 30 ribuan hingga ratusan ribu bergantung pada bentuk dan bahannya. 

2. Tas Astronot 

Tas Ransel Anjing Kucing Astronot Cartoon Pet Cargo Pet Carrier Cartoon
Tas Ransel Anjing Kucing Astronot Cartoon Pet Cargo Pet Carrier Cartoon

Kamu ingin mengajak kucing kesayangan pergi jauh tetapi membuat mereka tetap nyaman? Coba saja pilihkan tas astronot untuknya. Tas punggung kucing yang lucu dan dilengkapi dengan plastik transparan ini akan bisa membuatnya nyaman selama perjalanan. Tinggal taruh anabulmu di tas dan mereka akan bisa melihat ke luar selama perjalanan naik motor sekali pun. 

3. Mainan Kucing

Mainan bulu kucing Mainan bulu bola dan lonceng untuk kucing
Mainan bulu kucing Mainan bulu bola dan lonceng untuk kucing

Agar kucing nggak stress, kamu sangat perlu untuk mengajaknya bermain. Supaya mereka nggak bosan, kamu bisa membelikan mereka beberapa jenis mainan, lho! Banyak kok mainan kucing lucu seperti bola kecil hingga mainan khusus lainnya yang akan membuat anabulmu semakin Bahagia karena bisa puas bermain. Harga mainan kucing yang bisa kamu beli secara online ini berkisar antara 14 ribuan hingga 200 ribuan. 

4. Scratcher

Cat Scratcher Mainan Kucing Tiger
Cat Scratcher Mainan Kucing Tiger

Hadiah berikutnya yang sangat direkomendasikan adalah scratching post atau tempat mencakar. Kamu tentu tahu kalau salah satu cara kucing meredakan stresnya adalah dengan mencakar benda-benda di sekitar. Nah, kamu bisa membelikan tempat khusus untuk mencakar anabul milikmu yang disebut dengan scratcher. Bentuk scratcher ini sangatlah beragam dan tentunya harganya juga semakin beragam. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga 30 ribuan hingga ratusan ribu. 

5. Makanan Premium Bernutrisi Tinggi

Royal Canin Persian Adult Makanan Kucing 400g
Royal Canin Persian Adult Makanan Kucing 400g

Sama halnya dengan hewan peliharaan lain, hidup kucing dihabiskan dengan tidur dan makan. Untuk itu, nggak ada salahnya sekali-kali memberikannya makanan kucing premium di kala momen istimewa. Ada beberapa merek yang disarankan mulai dari Maxi, Muezza, hingga whiskas. Harganya pun berkisar antara 25 ribuan hingga ratusan ribu per kilonya. Dijamin, anabul akan semakin lahap makan. 

6. Sisir Grooming Kucing

Pet Kotak Segi Empat Grooming Sisir Kucing
Pet Kotak Segi Empat Grooming Sisir Kucing

Hewan berbulu umumnya mengalami masalah rambut, mulai dari rambut kusut hingga berkutu. Untuk itu, kamu bisa membelikan sisir grooming dan kutu untuk kucing. Kamu bisa menyisir kucing setiap harinya dengan sisir itu. Harganya pun sekitar 7000-an hingga 15 ribu. 

7. Kasur Rumahan 

Cat Dog Donut Bed Kasur kucing anjing donut nyaman stress reliever L
Cat Dog Donut Bed Kasur kucing anjing donut nyaman stress reliever L

Kucing merupakan binatang yang sangat menyukai boks. Bahkan, dia lebih memilih kotak boks untuk tidur. Untuk itu, kamu bisa memilih kasur rumahan berbentuk boks yang anticakar dan tahan air. dengan lapisan busa empuk, si meong tentunya akan semakin betah di rumah. harga kasur kucing ini ada yang 20 ribuan hingga 400 ribuan. 

8. Kalung Kucing Lucu

Kalung Anti Kutu Anjing Kucing Kelinci Collar Obat Kutu Hewan
Kalung Anti Kutu Anjing Kucing Kelinci Collar Obat Kutu Hewan

Hadiah ini mungkin penting nggak hanya untuk si meong tetapi untuk pemilik juga. Dengan kalung kucing, anabul akan mudah ditemukan bahkan ketika ia “nyasar” di luar. Bentuk kalung kucing sekarang juga semakin beragam, lho. Harga kalung kucing bisa mulai dari 10 ribu hingga 70 ribuan.

9. Cat Tower

Cat Tree with Scratch Posts Kitten Furniture Tower Play Pet Scratch Board
Cat Tree with Scratch Posts Kitten Furniture Tower Play Pet Scratch Board

Kucing sangat suka bermain terutama memanjat. Kalau di rumah nggak ada tempat khusus untuk memanjat, segeralah berikan cat tower ketika hari kucing sedunia. Harga car tower ini bisa mulai dari 100 ribuan hingga 400 ribuan bergantung pada besar dan kerumitannya. 

10. Pasir Kucing Premium

Catsan Pasir Kucing 5L 111555
Catsan Pasir Kucing 5L 111555

Karena kucing termasuk hewan yang sensitif terhadap bau, kamu bisa membelikan pasir kucing yang premium. Harga pasir kucing premium per 10 liternya bisa mulai dari 50 ribuan hingga 200 ribuan. 


Baca juga: 10 List Harga Makanan Kucing Terbaik

Nah, itulah beberapa jenis hadiah untuk kucing kesayangan yang direkomendasikan untukmu. Kamu bisa memberikan beragam aksesori dan juga kebutuhan kucing dengan harga khusus di Blibli

Temukan Berbagai Aksesoris Unik untuk Kucing Kesayanganmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY