me

Daftar Harga Emas Hari Ini, Terbaru dan Terlengkap!

Feb 07, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : leanandgreenbusiness.com

Blibli Friends tentunya tahu bahwa emas merupakan jenis kekayaan yang lebih mudah disimpan karena harganya yang meningkat setiap harinya. Emas sendiri memiliki jenis dan harga yang beragam seperti yang bisa dipantau dalam Harga Emas Hari Ini. Untukmu yang baru saja ingin memulai menyimpan kekayaan atau investasi emas harus paham mengenai hal ini.


Penasaran dengan jenis dan peningkatan harga emas di hari ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Agar Tidak Tertipu


Daftar Harga Emas Hari Ini

Berat Harga Dasar Harga NPWP (+Pajak 0.45%) Harga Non NPWP (+Pajak 0.90%)
1000 gr Rp867,600,000 Rp871,504,000 Rp875,408,000
500 gr Rp433,820,000 Rp435,772,000 Rp437,724,000
250 gr Rp217,015,000 Rp217,991,000 Rp218,968,000
100 gr Rp86,912,000 Rp87,303,000 Rp87,694,000
50 gr Rp43,495,000 Rp43,690,000 Rp43,886,000
25 gr Rp21,787,000 Rp21,885,000 Rp21,983,000
10 gr Rp8,765,000 Rp8,804,000 Rp8,843,000
5 gr Rp4,410,000 Rp4,429,000 Rp4,449,000
3 gr Rp2,666,000 Rp2,677,000 Rp2,689,000
2 gr Rp1,794,000 Rp1,802,000 Rp1,810,000
1 gr Rp927,000 Rp931,000 Rp935,000
0.5 gr Rp513,500 Rp515,500 Rp517,500

Data Source: www.logammulia.com

Jenis-jenis Emas yang Bagus untuk Investasi

Kamu perlu tahu bahwa emas ini bisa menjadi pilihan paling aman untuk investasi apalagi mengingat harga emas yang cenderung selalu meningkat setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan resiko lebih minim ketika memilih emas sebagai produk investasinya. Namun sebelum memulainya kamu perlu tahu jenis emas apa saja yang bisa digunakan sebagai produk investasi.

  1. Emas Kuno

Jenis emas pertama yang bisa digunakan sebagai modal investasi adalah emas lama. Tentunya kamu bingung apa yang membedakan emas ini dengan emas pada umumnya? Sesuai dengan namanya emas ini memang dibuat cukup lama kira-kira sudah berumur puluhan sampai ratusan tahun sehingga menambah nilai antik yang dimiliki.

Emas kuno ini memiliki sejarah yang cukup kuat dan berharga sehingga membuat nilai harganya menjadi cukup tinggi dan menguntungkan sebagai bentuk investasi. Nggak cuma bisa bagus untuk investasi yang menguntungkan nyatanya emas ini juga banyak digunakan untuk koleksi barang antik di rumah.

  1. Koin Emas

Jenis emas kedua yang nggak terduga untuk kepentingan investasi adalah koin emas. Meskipun termasuk dalam jenis mata uang namun Blibli Friends jangan khawatir karena keberadaannya aman dari terjadinya inflasi. Koin emas mengikuti harga emas dan juga perkembangan naik turunnya setiap hari.

Namun kamu perlu tahu terlebih dahulu bahwa koin emas yang bisa diinvestasikan nggak sembarangan. Koin yang dimaksud adalah ONH (Ongkos Naik Haji) sehingga nilainya menjadi tinggi dan khusus dipakai sebagai tabungan haji. Bentuknya memang simple namun koin emas ini bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai investasi awal.

  1. Koin Dinar

Sama-sama termasuk dalam jenis koin namun bentuk yang satu ini tampilannya lebih mewah untuk diperhatikan. Koin dinar merupakan pilihan yang cukup banyak dipakai untuk investasi mudah dan menguntungkan. Koin dinar ini juga merupakan jenis alat tukar atau alat pembelian yang dipakai pada zaman dahulu.

Hanya saja berkembangnya zaman sama seperti koin emas, koin dinar juga digeser sebagai bentuk investasi dan nggak lagi dipakai untuk transaksi keuangan. Pemilihan koin dinar ini memiliki alasan tertentu karena lebih aman terkena gelombang inflasi yang ditakutkan oleh para investor muda.

  1. Emas Perhiasan

Rekomendasi jenis emas berikutnya yang bisa digunakan sebagai sarana investasi adalah emas perhiasan. Mungkin kedengarannya memang aneh karena pasalnya emas ini banyak dipakai untuk menghiasi anggota tubuh wanita. Namun jangan salah karena emas perhiasan juga bisa menjadi alternatif untuk digunakan.

Hanya saja perlu dipahami bahwa penggunaan emas perhiasan ini cukup dipakai sebagai investasi jangka panjang saja. Hal ini berkaitan dengan harga perhiasannya yang kurang stabil dibandingkan dengan tipe emas yang lainnya. Jadi, kurang sesuai jika digunakan sebagai investasi jangka panjang dengan keuntungan yang belum pasti.

  1. Emas Batangan

Emas yang satu ini sangat direkomendasikan karena memiliki harga stabil dan meningkat setiap harinya. Kamu juga akan lebih mudah untuk menjualnya di saat yeng mendesak. Tentunya lebih direkomendasikan dibandingkan dengan tipe emas perhiasan sebelumnya. Cocok untuk digunakan investasi jangka pendek maupun panjang.

Mengenal Emas Antam

Sebelum memilih emas antam sebagai jenis emas yang bagus untuk pilihan tentunya kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai emas antam ini. Yang dimaksud dengan emas antam adalah sebuah emas batangan yang diproduksi secara resmi oleh PT. Antam (Aneka Tambang), Tbk. Bentuknya sangat spesifik sehingga menyulitkan siapapun yang ingin memalsukannya.

Hal ini berkaitan dengan spesifikasi yang didapatkan dalam kelengkapan ketika membeli emas antam yang asli. Blibli Friends akan mendapatkan kelengkapan berupa nomor seri, kadar kemurnian emas, berat emas dan juga dimensi yang dijelaskan dalam sebuah sertifikat sebagai pendamping emas antam ketika pembeliannya.

Untuk membeli emas antam ini bukanlah hal yang sulit hanya saja memang perlu diperhatikan mengenai kredibilitas yang dimiliki oleh partner yang menjual emasnya. Hal ini berlaku untuk pembelian secara online dan offline.

Keuntungan Investasi Emas Antam

Setelah mengenal lebih dekat mengenai emas antam ini kamu bisa lanjut untuk melihat beberapa peluang keuntungan yang diberikan ketika menggunakan investasi dengan emas antam. Adapun keuntungan yang diberikan bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Mudah untuk didapatkan

Keuntungan pertama yang didapatkan ketika memilih emas antam sebagai bahan investasi adalah emas ini cenderung mudah untuk didapatkan. Kamu nyatanya nggak perlu susah payah untuk menemukan pembelian emas ini karena tersedia di banyak tempat yang pastinya terjamin untuk dipercaya.

Bahkan hanya dengan memanfaatkan ponsel kamu bisa langsung mendapatkan sistem investasi emas antam yang super praktis ini.

  1. Mudah perjual beliannya

Keuntungan kedua yang bisa kamu dapatkan dengan penggunaan emas antam ini adalah mudah dijual belikan. Hal ini berkaitan dengan harganya yang cenderung selalu naik dan cocok untuk investasi jangka panjang sehingga banyak orang yang minat untuk membeli emas maupun menjualnya dengn lebih mudah.

  1. Memiliki lukuiditas yang tinggi

Keuntungan ketiga dari penggunaan emas antam ini adalah emas antam memiliki sisi likuiditas yang cukup tinggi. Hal ini berkaitan dengan permintaan emas yang selalu tinggi setiap harinya sehingga membuatnya sebagai aset penting dalam hal likuiditas. Emas adalah aset penting yang mudah dicairkan menjadi tunai dalam waktu yang cepat.

  1. Nilainya meningkat

Keuntungan keempat yang didapatkan dari penggunaan emas antam ini adalah dalam segi nilai emas antam selalu meningkat. Emas adalah investasi yang cukup minim resiko ketika digunakan dalam hal inflasi atau kerugian yang didapatkan nantinya. Apalagi harganya juga akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

  1. Minim inflasi

Terkadang banyak orang yang enggan menggunakan investasi karena adanya inflasi yang merugikan. Namun kamu jangan khawatir karena dengan menggunakan emas antam kamu bisa terhindar dri kerugian inflasi ini. Bahkan Blibli Friends cenderung akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak untuk dinikmati.

Mengenal Emas London

Sebelum lanjut untuk melakukan investasi tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan emas london. Emas london adalah salah satu tipe emas batangan yang umum beredar di Indonesia. Bisa dibilang emas london ini adalah nama lain dari emas batangan yang ada di Indonesia sebagai bahan investasi yang menguntungkan.

Hanya saja sebagai pembedanya emas london ini nggak berasal dari dalam negeri namun berasal dari pasokan luar negeri. Sejarah emas ini berasal dari negeri Ratu Elizabeth dengan ciri khas adanya cap perusahaan pembuat dari emas tersebut. Emas ini juga memiliki bentuk yang kokoh sehingga cukup mewah sebagai bentuk investasi.

Keuntungan Investasi Emas London

Setelah mengenal pengertian dari emas london ini kamu bisa lanjut untuk mengenali keuntungan yang diberikan ketika investasi menggunakan emas ini. Adapun keuntungan yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Nggak banyak peminatnya

Bagaimana bisa ketika sebuah emas minim peminat justru lebih direkomendasikan untuk dibeli? Biasanya emas ketika minim peminat membuat harganya cenderung lebih murah sehingga membuatmu nggak perlu mengeluarkan modal lebih banyak. Namun pastinya ketika dijual kembali harga emas ini akan selalu meningkat setiap harinya.

Hanya saja memang nggak bisa langsung dapat untung kamu perlu melakukan investasi jangka panjang untuk dapat keuntungannya. Paling nggak investasi yang dilakukan adalah sekitar 2 tahunan barulah bisa dilihat hasilnya.

  1. Tanpa pajak

Perlu diketahui bahwa emas london ini nggak pake pajak ketika digunakan untuk investasi. Emas batangan adalah kekayaan yang nggak butuh penambahan pajak dalam penggunaannya. Bahkan dengan dana yang minim kamu sudah bisa mendapatkan emas london ini dengan cara yang mudah.

Bahkan perlu dipahami bahwa keuntungan yang didapatkan dari emas london ini cenderung lebih besar dibandingkan dengan emas biasa. Kamu nggak perlu takut dirugikan ketika melakukan investasi dengan beban pajaknya.

  1. Terpercaya

Keuntungan berikutnya yang diberikan ketika menggunakan emas london ini adalah lebih terpercaya. Hal ini didukung dengan adanya informasi detail yang diletakkan pada bagian cap tubuhnya. Kamu yang kebingungan mencari informasi ini bisa langsung menemukannya di bagian emasnya.

Informasi yang dimaksud adalah beberapa keterangan penting mengenai berat logam, pemurnian, perusahaan pengolahan, dan juga tingkat kemurnian emas yang dimiliki. Bahkan untuk besaran tertentu kamu juga akan mendapatkan sertifikat sesuai nilai jual dari emasnya.

  1. Makin besar makin murah

Keuntungan selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kamu bisa membeli emas langsung dalam ukuran besar tentunya dengan harga yang lebih murah. Jadi memang disarankan untuk emas london ini sebisa mungkin membeli yang lebih besar langsung. Apalagi untukmu yang memiliki uang lebih banyak.

Rekomendasi Emas Terbaik

Kamu berminat untuk mengoleksi dan investasi emas sekarang? Jangan khawatir gunakan beberapa rekomendasi emas di bawah ini:

  • Gelang Kaku Model Tinju Susun Love – Emas Kuning

Jenis pertama dari emas yang bisa digunakan adalah Gelang Kaku Mode Tinju Susun Love. Gelang ini cocok dipakai untukmu yang memilih menggunakan investasi emas perhiasan. Gelang ini memiliki bentuk yang cukup cantik dengan hiasan tulisan “love” dan beberapa sentuhan berlian di dalamnya.

Untuk membeli produk ini kamu perlu mengeluarkan budget sekitar Rp5,6 jutaan.

  • Antam Logam Mulia [0,5 g/ CertiCard]

Kamu butuh ukuran emas antam yang lebih ringan dibandingkan sebelumnya? Jangan khawatir karena kamu bisa membelinya dengan ukuran logam mulia 0,5 gram bentuk kartu. Modelnya memang seperti kartu sehingga cukup ciamik untuk dimiliki. Emas antam ini juga banyak digunakan untuk kado yang menarik. 

Untuk produk yang satu ini kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp542 ribuan dalam satuan produknya.

  • LM EMAS ANTAM 1 Gram, Logam Mulai Terbaru

Jenis berikutnya yang juga nggak kalah bagus dan recommended untuk dicoba beli adalah emas antam 1 gram. Ukuran 1 gram ini dianggap lebih pas untuk tabungan investasi pemula apalagi bagi yang memiliki pendapatan belum tetap atau gaji yang mepet dengan kebutuhan. Kamu bisa memulainya dengan jumlah yang paling minim namun tentunya harus rajin.

Emas antam untuk ukuran 1 gram ini bisa dibeli dengan budget sekitar Rp960 ribuan saja. Harga ini jelas lebih murah dan bisa dapat untung lebih banyak dari investasi yang dilakukan.

  • LM EMAS ANTAM 2 Gram, Logam Mulia Terbaru

Rekomendasi berikutnya untuk logam mulia adalah emas antam 2 gram. Ukuran ini lebih besar dibandingkan sebelumnya cocok untukmu yang ingin menambah investasi emasnya. Bentuknya juga berupa kartu yang ciamik dengan desain elegan untuk memudahkanmu ketika menyimpannya.

Untuk produk ini kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp1,8 jutaan.

  • ANTAM MULIA 3 gram

Masih memulai dan belajar dari yang lebih minim tentang emas antam? Tentu saja nggak masalah karena tersedia juga dengan ukuran emas antam 3 gram. Ukuran ini juga cukup banyak peminatnya karena dari segi harga juga nggak memberatkan para pembelinya. Emas ini dilengkapi dengan model kartu sehingga lebih aman untuk disimpan.

Untuk ukuran 3 gram ini kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp3,2 jutaan saja.

  • UBS LM Emas Batangan Logam Mulia [4 g]

Rekomendasi emas berikutnya yang bisa dibeli adalah logam mulia emas 4 gram. Emas ini terjamin keasliannya dan mudah untuk diuangkan ketika dibutuhkan. Kamu bisa mengecek sendiri mengenai kadar keaslian yang diberikan. Ukuran 4 gram ini juga cocok untukmu yang baru memulai melakukan investasi dengan modal yang minim.

Ukuran 4 gram ini bisa digunakan sebagai langkah awal investasi pemula namun harus dilakukan dengan rajin. Kamu bisa membeli emas ini dengan harga sekitar Rp3,7 jutaan.

  • LOGAM MULIA 5 gram Edisi Lama

Kamu butuh Antam yang lebih ringan? Jangan khawatir kamu bisa membeli emas antam 5 gram bisa dibilang ukurannya separuh dari sebelumnya. Emas ini juga dilengkapi dengan sertifikat resmi dan terjamin penggunaannya. Kamu bisa menyimpannya dengan mudah karena modelnya yang unik.

Untuk membelinya kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5,1 jutaan saja.

  • LM EMAS ANTAM 10 Gram, Logam Mulia Terbaru

Butuh yang lebih banyak karena sudah kecanduan untuk investasi? Tentu nggak masalah karena kamu bisa membeli emas antam 10 gram. Emasnya masih sama dibuat dalam bentuk kartu untuk memudahkan proses penyimpanan dan nggak merusak emasnya. Disertai dengan desain kartu kekinian yang menawan.

Untuk membelinya kamu perlu budget sekitar Rp8,9 jutaan tentunya lebih hemat ketika membeli dalam jumlah lebih besar.

  • UBS Logam Mulia Emas Batangan Kepingan [10 g]

Rekomendasi emas yang bisa kamu beli adalah logam mulia emas batangan 10 gram. Ukuran ini bisa dibilang lumayan cukup untuk melakukan investasi pemula maupun menengah. Emas ini dilengkapi dengan adanya jaminan kualitas terbaik dan juga beberapa garansi yang melindungimu ketika membelinya.

Ukuran ini juga cukup banyak peminatnya karena dirasa lebih pas untuk investasi awal. Untuk bisa mendapatkan emas ini kamu perlu budget sekitar Rp9,1 jutaan saja.

  • UBS Logam Mulia Emas Batangan Kepingan [25 g]

Memang ketika membeli emas dengan berat lebih banyak Blibli Friends akan mendapatkan keuntungan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan membeli logam mulia emas 25 gram. Ukuran emas ini sudah cukup untuk mendapatkan keuntungan lebih baik ketika melakukan investasi.

Blibli Friends berminat untuk membeli emas batangan london yang satu ini? Jangan khawatir karena kamu membutuhkan uang sekitar Rp22,4 jutaan. Harga ini memang lebih murah dibandingkan dengan memulai dari ukuran yang cukup rendah.


Baca Juga : Rekomendasi Perhiasan Emas dan Logam Mulia untuk Investasi


Blibli Friends sudah menemukan investasi emas yang tepat? Jangan lupa terus pantau dan belanja di Blibli karena ada voucher gratis ongkir, voucher cashback belanja, dan masih banyak kejutan lainnya. Jadi tunggu apalagi, nih? Yuk, dapatkan produk favoritmu dengan harga terbaik hanya di Blibli.