Mengemudi itu nyebelin ketika lagi asyik nyetir atau buru-buru, mesin malah mati. Mau cari bantuan, nggak ada orang. Sinyal nggak ada. Apalagi buat kamu yang nggak ngerti mobil, pasti kebingungan! Mungkin ya (amit-amit), suatu saat mobil mogok bisa terjadi padamu.

Nah, agar kamu nggak panik dan sedih seperti pria ini:

reactions

Via – Drive Safely

Ada baiknya bila kamu terlebih dulu mengetahui 9 hal yang bisa dilakukan saat mobilmu mogok di tengah jalan. Sedia payung sebelum hujan, yuk langsung disimak!

1. Amankan dulu posisi mobilmu

amankan-posisi-mobil

Via Munster Tyres

Saat mesin mobilmu mati, kamu memiliki beberapa detik berharga saat roda mobilmu masih bergerak secara melambat. Manfaatkan waktu ini untuk mengamankan mobilmu ke pinggir jalan.

Posisi ini membuatmu lebih leluasa untuk mengecek keadaan mobilmu. Jangan lupa menaruh tanda segitiga pengaman di belakang mobilmu dengan jarak kira-kira 3 meter ya, biar orang tahu kalau mobilmu sedang bermasalah dan nggak berjalan di belakang.

2. Lihat lampu indikator di dashboard-mu

lampu-indikator-di-dashboard

Via Blue Star

Setelah berhasil memarkir di tepi, kamu nggak perlu langsung membuka kap mobilmu. Lihat dulu lampu indikator apa saja yang menyala untuk mendeteksi masalah yang sedang terjadi.

Jika lampu yang berbentuk termometer menyala, berarti mesinmu sedang overheat. Sedangkan bila lampu berbentuk aki menyala, berarti ada masalah dengan aki mobilmu.

3. Kalau mobilmu overheat, coba periksa radiator

periksa-radiator

Via Japan Cars

Mobil yang overheat bisa saja disebabkan karena air pada radiator mobil itu mulai menipis. Jangan langsung membuka tutup radiator ya.

Tunggu dulu kira-kira 20 menit agar radiator mendingin. Kalau langsung dibuka, kamu bisa terkena semburan air panas yang menyebabkan luka bakar lho!

Saat mobilmu sudah mendingin, barulah periksa radiatormu. Jika volume air radiator ternyata kurang dari batas normal, coba tambahkan airnya dengan air coolant atau air biasa. Coba nyalakan mesin.

4. Periksa kondisi penyuplai daya mobil

kondisi-penyuplai-daya

Via Paisley Autocare

Jika mobilmu nggak overheat dan air radiator masih berada pada batas normal, mungkin masalah terletak pada penyuplai daya.

Untuk itu, kamu harus mencoba mengecek aki dan juga koil mobilmu. Jika daya listrik pada aki rendah, kamu harus membangkitkan dengan jumper dari aki cadangan ataupun dari mobil lain.

Periksa juga kabel-kabel yang berkaitan dengan aki dan koil. Mungkin saja ada bagian yang longgar/lepas. Jika nggak ada kabel yang nggak normal, kamu bisa mencoba:

5. Dorong mobilmu sampai mau jalan

dorong-sampai-mau-jalan

Via Car Blogger

Bila mobil yang kamu pakai manual, mungkin kamu bisa coba β€˜memancingnya’. Caranya? Coba dorong mobilmu.

Pastikanlah mobilmu dalam posisi ON dan masukkan perseneling ke gigi 2 atau 3. Kemudian, injaklah pedal kopling ketika didorong.

Ketika mobil didorong, lepaskanlah pedal kopling secara perlahan-lahan dan secara bersamaan tekanlah pedal gas dengan hati-hati. Dengan cara ini, mesin mobilmu bisa terpancing untuk menyala.

Jika sudah menyala, kamu jangan langsung menjalankan mobil ya. Biarkan saja dulu mobil menyala agar aki mobil terisi setrum listriknya.

6. Periksa komponen pengapian

komponen-pengapian

Via Beli Onderdil

Jika ternyata kondisi penyuplai daya mobil baik-baik saja, kamu bisa mencoba mengecek komponen pengapian yang terdiri dari distributor, platina/CDI, dan busi.

Cobalah cabut salah satu kabel busi dan tempelkan body busi ke mesin mobil, dan nyalakan mesinnya.

Jika ada percikan api, berarti kabel komponen pengapian berfungsi dengan baik. Kalau nggak ada percikan, bersihkanlah semua busi dengan sikat ataupun ampelas.

7. Jangan lupa periksa sekring mobilmu

periksa-sekring

Via automoblog

Meski banyak orang yang lupa, sekring mobil bisa juga menjadi alasan mobilmu mogok lho.

Periksalah semua sekring pada boks sekring yang ada di bawah kap mesin dan kemudi. Pastikan agar semua sekring untuk EFI dan Ignition masih berada dalam kondisi yang bagus (nggak putus ataupun meleleh). Kalau ternyata sekring mobilmu rusak, kamu perlu menggantinya.

8. Periksa juga bagian pemasok bahan bakar

bahan-bakar

Via eHow

Mesin mobil yang tiba-tiba mati bisa juga disebabkan masalah pada karburator dan juga pompa bensin. Jika karburator mobilmu kelebihan atau kekurangan bensin, mobilmu pasti nggak mau nyala.

Cobalah buka filter karburator dan lihat reaksinya. Kalau banjir, biarkanlah karburator terbuka beberapa saat lalu nyalakan mesin. Kalau ternyata suplai bensinnya kurang, bisa jadi karburatormu kotor. Kamu perlu membersihkannya.

Nah, untuk memeriksa kondisi bagian pompa bensin, kamu bisa melepas selang bahan bakar dan memasukkannya ke botol. Nyalakanlah mesin dan lihat apakah bensin mengalir dari selang tersebut. Bensin yang mengalir menandakan pompa bensin masih dalam keadaan baik.

9.Panggil montir untuk memperbaiki kendaraanmu

montir

Via King of Wallpapers

Pada kenyataannya, yang paling mengerti keadaan mobilmu saat sedang mogok adalah sang montir yang memang sering mengotak ngatik mobil setiap harinya.

Bila kamu sudah mencoba cara-cara di atas dan ternyata mobilmu masih nggak mau jalan, lebih baik serahkan saja pada ahlinya. Seenggaknya, kamu sudah berusaha terlebih dulu bukan?

Mobil mogok di jalan memang bisa terjadi di waktu yang tak terduga. Tapi kamu nggak perlu panik saat hal itu terjadi karena kini kamu sudah tahu 9 hal di atas.

Yang penting, kamu harus selalu siap sedia peralatan yang kamu perlukan saat menghadapi situasi genting ini. Misalnya seperti jumper, air coolant, dan perkakas lainnya.

Kamu nggak perlu kebingungan harus mencari kemana karena Blibli.com punya semua alat yang kamu butuhkan untuk persiapan mobil mogok. Yuk segera siapkan semua peralatannya sebelum terjadi yang nggak diinginkan! Drive safe!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY