Hal yang Kudu Disiapin Kalo Pengen Punya Smart Home

Photo via pexels.com

Pengen gak punya rumah yang apa2 serba otomatis gitu? Saya sih pengen banget soalnya ngebayanginnya kek enak gitu, gak repot. Buat kaum rebahan gini kok kayaknya smart home bakal ngedukung rebahan jadi makin afdol hehe. Urusan beberes rumah, nyuci, ngepel, sampe nyalain tv aja bisa langsung dikerjain pake alat2 canggih. Asli deh gak bakal ngalamin drama ditinggal ART kawin kalo gini ceritanya sih.

Nah masalahnya smart home gitu kan gak ujug2 jadi gitu aja. Ada hal2 yang kudu disiapin, soalnya kan gak lucu kalo udah pake alat canggih tapi listriknya tiba2 ngejepret. Makanya hal pertama yang kudu disiapin buat punya rumah yang pinter itu ya tegangan listriknya. Yang namanya smart home pasti kan gerakin alat2nya pake tenaga listrik bukan tenaga dalem. Buat ngidupin AC inverter, home theatre, CCTV gitu2 kan minimal rumah kudu punya tegangan 1.300 VA. 

Gak cuma listrik, rumah juga kudu punya WiFi. Yang hobinya minta tethering tetangga tolong minggir dulu. Semua alat2 canggih itu cuma bisa kerja kalo nyambung ama internet yang kenceng. Kalo internetnya lemot kek sama aja ngomong ama patung, capek2 ngomong tapi gak didengerin huuuft. Ibaratnya listrik ama internet itu pondasi buat ngebangun smart home.

Abis itu, kalo dua2nya udah oke, terakhir tinggal beli2 perabot canggih aja kek portable smart speaker dari Sonos yang lagi buka PO di Blibli. Speknya muantep banget buat sekelas portable speaker. Bener2 bakalan ngedukung dapetin smart home kek di tipi2. Nah, biar gak ketinggalan langsung aja meluncur ke sini ya.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY