Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Laptop Baru di Tahun 2019

Biarpun kamu kamu sepertinya tahu banyak tentang laptop dengan beragam spesifikasinya, sering masih muncul keraguan waktu akan memilih laptop baru. Ditambah lagi, tahun 2019 ini semakin banyak laptop baru yang bermunculan dengan fitur dan spesifikasi beragam. Proses menimbang pun pastinya akan semakin lama sebelum benar-benar memilih laptop terbaik untuk kamu pakai nantinya.

Untuk menghindari kesalahan melangkah, ada baiknya kamu tahu apa saja yang harus diperhatikan sebelum beli laptop baru. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tidak Beli Hanya karena Harganya Terjangkau

Ya, memang ada banyak laptop entry level dengan harga terjangkau yang masih cukup bagus. Namun, kamu harus tahu kalau ada yang dipangkas di dalam laptop dengan harga yang terjangkau. Masih banyak kok laptop dengan prosesor dual-core atau quad-core yang bisa kamu beli. Sayangnya, prosesor sekelas itu belum bisa menjalankan aplikasi berat.

Bukan berarti kamu tidak boleh beli laptop entry level, Friends. Kalau mencari laptop untuk sekadar mengetik atau blogging saja, sebuah laptop terjangkau rasanya sudah cukup. Toh, kamu pun masih bisa browsing di internet dengan laptop tersebut.

2. Menghindari Laptop yang Kemahalan

Harga terlalu tinggi pun sepertinya bukan pilihan bijaksana buat sebuah laptop. Buat apa kamu membeli laptop puluhan juta Rupiah hanya untuk menonton video di situs YouTube? Harusnya selalu ada laptop satu atau dua tingkat di bawahnya yang punya harga lebih nyaman di kantong. Dengan begitu, kamu bisa beli akseori laptop lain, seperti sarung laptop atau wireless mouse.

Tips ini juga bisa kamu gunakan untuk laptop gaming ya, Friends. Memang, laptop gaming punya harga yang agak tinggi. Namun, kamu harus sesuaikan juga dengan pilihan game yang akan dimainkan. Kalau hanya game kasual saja, lebih baik pilih laptop gaming yang terjangkau.

LAPTOP GAMING DARI LENOVO UNTUK PENGALAMAN BERMAIN GAME YANG LEBIH DAHSYAT

3. Memikirkan 4 – 5 Tahun ke Depan

Laptop itu gadget jangka panjang. Kamu tidak akan pakai satu laptop hanya dalam jangka satu tahun doang. Sebuah laptop haruslah bisa bertahan minimal 4 – 5 tahun dengan pemakaian normal. Jadi, pikirkan tentang bentuk dan spesifikasi yang ada di laptop baru kamu.

Ambil contoh saja dengan kapasitas penyimpanan di dalam laptop kamu nantinya. Dalam kurun waktu berapa lama kapasitas penyimpanan di dalam laptop kamu akan penuh? Dengan mempertimbangkan itu juga, kamu bisa mengirit pengeluaran untuk berlangganan jasa penyimpanan cloud untuk back up data penting kamu.

LAPTOP TAHAN LAMA UNTUK TINGKATKAN PRODUKTIVITASMU

4. Perhatikan Port yang Ada

Produsen laptop sudah banyak mengubah port yang ada di produk tahun 2019. Malah, banyak dari laptop modern sekarang hanya memiliki port Thunderbolt 3. Memang, port yang satu itu bisa dipakai untuk mengisi daya baterai sekaligus transfer data, tapi jelas tidak bisa lagi dimasuki oleh USB untuk flashdisk atau mouse.

Buat kamu yang suka memindahkan data dari kartu memori lainnya, sebaiknya juga pilih laptop dengan port SD card reader. Walaupun itu hanya bagian kecil dari laptop, keberadaannya selalu diperlukan. Kalau kamu tidak punya, mau tidak mau harus beli adaptor atau dongle yang punya banyak port.

REKOMENDASI LAPTOP DENGAN PORT USB LENGKAP

5. Ukuran Itu Selalu Penting

Ukuran itu penting! Laptop dengan ukuran layar yang besar pastinya akan berikan pengalaman menonton, main game, dan juga mengedit foto yang lebih baik. Di sisi lain, kamu pun harus membeyar lebih untuk laptop dengan ukuran layar yang lebih besar. Bukan hanya itu, laptop dengan ukuran yang lebih besar pastinya akan lebih berat.

Pertimbangan memilih layar laptop pun bukan hanya untuk penggunaan di dalamnya, tapi juga lokasi penggunaannya. Buat kamu yang suka pergi ke kafe atau bekerja di kereta saat traveling, piliha laptop 13 inci atau 14 inci tampaknya sudah cukup bagus. Di sisi lain, kamu yang hanya bekerja di rumah sebaiknya pilih laptop dengan layar 15.6 inci untuk tampilan yang lebih luas.

LAPTOP GAMING DENGAN LAYAR BERUKURAN BESAR HANYA DI SINI

6. Beli dan Tidak Beli Laptop 2-In-1

Laptop 2-in-1 sebenarnya ada di kategori yang berbeda dengan laptop. Dengan beli laptop hibrida, kamu sebenarya dapat tablet juga di dalamnya. Biasanya penggunakan mode tablet tidak akan sesering penggunaan mode laptop, kecuali kamu butuh sentuhan yang tepat untuk desain atau bermain game. Kalau tidak, sebaiknya beli laptop konvensional saja.

BELI LAPTOP LENOVO YOGA TERBAIK HANYA DI BLIBLI.COM!

Jadi, mau mencari laptop baru sekarang? Coba deh cari pilihan laptop Lenovo di Blibli.com. Buat kamu yang beli laptop Lenovo pada periode Mei dan Juni 2019, punya kesempatan untuk dapat paket umroh dan hadiah langsung voucher Sodexo senilai Rp250.000. Pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada bulan Juli 2019. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli laptop baru Lenovo dan menangkan hadiahnya.

DAPATKAN KESEMPATAN BERANGKAT UMROH DENGAN BELI LAPTOP LENOVO

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY