Hal Sepele yang Bisa Bikin Wajan Cepet Rusak

Photo via masakapahariini.com

Peralatan masak kayak wajan, teflon, sama panci udah pasti jadi kesayangan ibu-ibu di rumah. Soalnya, kalo gak ada ini kan gak bisa masak hehehe… Tapi, seringnya kebanyakan orang cuma pake doang dan gak merhatiin cara ngerawatnya. Makanya, alat-alat masak jadi cepet rusak sama muncul kerak-kerak item. 

Hal-hal kayak gini udah pasti bikin bete, mau gak mau kudu beli yang baru. Sebenernya mah, ada hal2 yang perlu diperatiin biar wajan gak cepet rusak. Biar sepele, tapi ternyata hal-hal yang begini malah bisa bikin wajan jadi gak awet. Apa aja sih?

Pertama, masak makanan pake kompor yang kebangetan panas bisa bikin wajan jadi cepet rusak. Intinya sih jangan keseringan biar gak bikin permukaan wajan jadi cepet ngelupas. Trus, jangan keseringan pake sodet yang bahannya logam, dan ujungnya tajem. Mendingan, pake sodet atau spatula yang bahan kayu atau silikon biar lapisan wajan gak gampang kegores. 

Ketiga, jangan keseringan pake spons kawat pas nyuci. Biasanya, Ibu-ibu ngandelin spons ini gegara dianggep ampuh buat ngebersihin noda-noda yang nempel, padahal malah bikin cepet rusak. 

Jangan juga ngerendem wajan kelamaan. Ya sebenernya sah-sah aja ngerendem di dalem air pas wajan atau teflon lagi kotor banget. Cuma, kalo sampe kelamaan malah bikin lapisannya jadi cepet rapuh kayak hati kamu yang lagi sayang-sayangnya, trus ditinggalin doi. Puk puk puk…

Terakhir, nyuci wajan pas lagi panas juga bisa bikin wajan cepet rusak. Lebih baik, jangan langsung nyirem wajan pake air pas abis masak. Mendingan didiemin dulu sampe suhunya normal, abis itu baru deh dicuci. 

Itu tadi hal-hal sepele yang gak disadarin bisa bikin wajan jadi cepet rusak. Mulai sekarang, hindarin deh hal2 kayak gitu biar gak keseringan beli wajan gegara rusak. Kalo udah terlanjur rusak wajannya dan kepengen ganti yang baru, Ibu-ibu tenang aja yak soalnya di Blibli lagi ada promo peralatan masak dari Berlinger Haus. Cussss langsung melipir ke TKP biar gak keabisan promonya!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY