[Monday Momsday with Alodita] Yuk Moms, Ajari Si Kecil 5 Kebaikan Ini Di Bulan Suci Ramadan!

Bulan suci Ramadan merupakan saatnya mendekatkan diri kepada yang Maha Esa dan menebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya. Blogger lifestyle Andra Alodita juga menyadari hal tersebut. Ia pun bertekad untuk menanamkan tradisi berbagi pada Aura, anaknya, sejak ia masih kecil. Momen menjelang Ramadan ini pun dirasa menjadi waktu yang tepat untuk mulai menanamkannya.

Kesempatan ini tidak hanya baik untuk orang dewasa, namun juga untuk si kecil lho! Moms yang baik, mumpung buah hati masih kecil yuk ajarkan hal penting di bulan suci ini! Apa saja?

1. Bahwa disiplin diri itu perlu dibangun sejak kecil

hal penting di bulan suci
Via – The Journey Mom

Disiplin diri merupakan hal penting di bulan suci. Semakin awal ditanamkan, semakin bagus! Moms bisa memulai dengan mengajarkan disiplin waktu sholat, menahan nafsu saat puasa, bangun pagi, dan tidak berperilaku tidak terpuji.

Tidak hanya yang berkaitan dengan ibadah puasa, moms juga bisa menuntunnya agar disiplin di hal lain, dari jadwal mengerjakan PR, menonton televisi, makan, bermain, olahraga, dan banyak lagi!

Jangan hanya sekadar membatasi ya moms. Justru intisarinya adalah membuat si kecil paham mengapa ia perlu disiplin dalam setiap hal. Diimbangi dengan penyampaian yang mudah di mengerti, si kecil akan lebih menurut dengan moms.

2. Bahwa hal penting di bulan suci adalah bersyukur

hal penting di bulan suci
Via – Minerva Rising

Menyambut bulan penuh berkah dan kebaikan, sudah seyogyanya dipenuhi perasaan bersyukur. Bisa bersyukur atas apa yang dimiliki sedari kecil bisa membuatnya menjadi dewasa yang rendah hati dan penuh rasa terima kasih!

Moms bisa melakukan ini dengan banyak cara. Misalnya dengan tidak sering mengeluh, berdoa syukur sebelum makan atau minum susu, atau moms bisa meminta si kecil untuk menulis lima hal yang disyukuri setiap hari!

Semakin awal ia mengerti apa yang perlu disyukuri dan alasannya, maka semakin mudah ia akan menikmati hidup!

3. Bahwa kata tolong dan terima kasih itu penting

hal penting di bulan suci
Via – Reader’s Digest

Menjelang bulan suci, ajari si kecil untuk mengucapkan tolong saat meminta bantuan dan terima kasih terhadap bantuan sekecil apapun. Moms dan dads bisa mengajari si kecil dengan memberikan contoh.

Misalnya setelah makan malam, dads bisa berterima kasih atas usaha dan makanan yang dimasak oleh moms. Moms bisa meminta tolong dads mencuci piring dan berterimakasih setelahnya. Atau, bila dads memuji moms yang berpakaian cantik, moms langsung membalas terima kasih.

Jika dilakukan sering dan terbiasa, si kecil akan melakukan “mirroring” perilaku dan mengimitasinya. Selain itu, nggak ada salahnya untuk memberikan hadiah kecil seperti pelukan dan kecupan sebagai bentuk apreasiasi setiap kali si kecil menunjukkan kerendahan hatinya.

4. Bahwa berbagi itu penting dan bisa dilakukan dengan banyak cara

hal penting di bulan suci
Via – Parents

Moms, si kecil perlu tahu kalau tidak ada yang menjadi milik kita selamanya. Bila kita sayang dengan orang lain, maka perlu ditunjukkan dengan berbagi. Ajari bahwa sikap yang egois akan sulit mendatangkan teman dan kebahagiaan.

Moms bisa mendidiknya untuk terbiasa berbagi, mulai dari hal-hal kecil seperti berbagi mainan dengan teman, memberikan donasi seperti pakaian lamanya, buku pelajaran dan hiburan, bahkan dalam bentuk uang!

Caranya, moms bisa menyediakan tabungan lucu dan mengajari si kecil menyisihkan sedikit uang jajannya untuk orang yang membutuhkan.

Selain uang, moms juga bisa mengajak si kecil memilah baju dan perlengkapan lama si kecil yang sudah nggak kepakai untuk disumbangkan ke anak yang membutuhkan! Atau, moms bisa ikut promo berbagi kebaikan Ramadan dengan memberikan bantuan pendidikan, kesehatan, dan korban bencana nasional maupun internasional loh!

5. Bahwa menahan nafsu itu penting untuk perkembangan diri

hal penting di bulan suci
Palm Beach Post

Menjelang bulan suci Ramadan, banyak jajanan makanan dan minuman manis serta yang disajikan dan dijual. Bukan hanya menahan nafsu untuk berpuasa, namun menahan diri untuk tidak memanjakan diri dengan makanan favoritnya, moms!

Bila keinginannya tidak dituruti, moms juga perlu mengajarkan si kecil untuk bersabar. Tidak tantrum, menahan amarah, dan menahan hawa nafsu impulsif lainya bisa membuat si kecil lebih dewasa.

Namun, perlu diingat bahwa semua hal ini tidak mudah untuk dilakukan si kecil. Moms juga perlu sabar menuntunnya untuk menekan nafsu-nafsu tersebut. Pelan-pelan ya moms!

Moms, mengajari si kecil 5 hal penting di bulan suci goes a long way untuk proses tumbuh dewasanya. Tapi jangan berhenti di bulan ini saja ya moms! Perlu dilanjutkan dan dibiasakan hingga ia dewasa ya!

Memang butuh usaha dan kerja keras yang tinggi, namun saat melihat si kecil berbuat baik, peduli kepada sesama, bersikap rendah hati, semuanya akan terbayar lho!

Jangan khawatir, moms! Blibli.com siap membantu moms dalam memenuhi semua kebutuhan si kecil dan memastikan tumbuh kembang optimalnya! Yuk, segera cek perlengkapan dan kebutuhan sang buah hati di Blibli.com! #Bliblisekarang

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY