Halo Friends! Bagaimana awal pekanmu? Semoga semuanya masih lancar sentosa ya.

Berapa banyak di antara kalian yang masih terngiang-ngiang dengan indahnya akhir pekan kemarin? Berapa banyak pula yang sudah nggak sabar untuk mempercepat waktu biar weekend lagi?

Buat kamu yang mencari-cari acara akhir pekan yang seru, kamu bisa mencoba mengadakan pesta akhir pekan alias weekend party di rumahmu.

Nggak usah keluar rumah, dan kamu bisa mengumpulkan semua orang terdekatmu untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Namun, seringkali bagi orang yang ingin mengadakan pesta, nggak tahu cara merencanakannya adalah kendala utama. Tenang saja. Buat kamu yang belum tahu apa yang harus dipersiapkan untuk sebuah party yang keren, ini dia jawabannya.

1. Kamu harus punya tema dulu

tema

Via Campleaders

Nggak cuma pesta anak-anak, pesta kamu juga perlu sebuah tema. Tema itu menentukan segalanya. Mulai dari makanan, musik, highlight, dan dekorasi. Jadi, sebelum kamu melakukan apapun, pilihlah tema.

Nggak perlu yang terlalu nyentrik seperti tema hutan rimba atau tema kartun-kartun. Kamu bisa memilih tema classy yang menyaikan keju brie dan anggur merah, di mana semua peserta hadir dalam pakaian yang rapi banget. Musiknya? Jazz!

Kamu juga bisa memilih tema yang kasual. Tujuannya cuma satu: semuanya harus have fun! Sajikan snack, permainan seru, musik Billboard terfavorit, dan kamu siap jadi host yang kece!

Atau, kamu bisa menggabungkan kedua tema tersebut. Membuat pesta juga memerlukan kekreatifan yang lebih supaya pestamu punya arah yang jelas.

2. Teman, teman, dan lebih banyak teman lagi!

teman

Via Playbuzz

Apa arti pesta tanpa teman? Masa mau pesta sendirian? Yang benar saja! Tentu, teman-teman atau bahkan keluarga terdekatmu harus hadir, dong?

Namun hal yang harus kamu persiapkan di sini ada dua. Pertama. Proses seleksi, nggak mungkin kamu mengundang satu kantor atau satu kelas ke pestamu.

Pilihlah orang yang kira-kira akan membuat pesta kamu lebih hidup. Pilihlah yang bisa diandalkan kalau seandainya kamu butuh ia membawa barang.

Hindari teman yang suka membuat onar, berpotensi membuat orang lain tidak nyaman (yang jorok atau temperamental). Jangan sampai menyesal deh!

Kedua, undangan. Jangan memberikan undangan terlalu mepet. Kalau bisa berikan undangan pesta 2 minggu sebelumnya. Bisa saja temanmu sudah merencanakan aktivitas mereka sendiri di akhir pekan.

Untuk antisipasi temanmu yang suka telat, coba saja majukan jam mulainya dalam undangan (tentu ini bohongan, biar mereka nggak telat). Jangan lupa ingatkan kembali mereka beberapa hari sebelumnya. Jangan sampai mereka kelupaan. Gunakan Google Calendar bila perlu.

3. Sulap rumah jadi arena pesta

arena-pesta

Via Azgreetigns

Hal yang harus kamu persiapkan selanjutnya adalah rumah yang bersih nan indah. Tanpa perlu disebut, tentu kamu harus beres-beres rumah dulu sebelum tamu datang (apalagi ruang tamu dan toilet!).

Selanjutnya, pilihlah dekorasi yang cukup ‘dewasa’. Bukan pesta ulang tahun, jadi nggak perlu balon, ornamen gantung, atau bahkan tempelan stiker segala. Instead, cobalah lampu dekor, pajangan meja, dan lukisan yang unik untuk dijadikan bahan pembicaraan.

Jangan lupa, tata ruang juga sangat penting. Usahakan jadikan ruang tamu seluas mungkin, apalagi di wilayah sekitar sound system. Siapa tahu ada yang ingin berdansa?

Pastikan juga meja yang kamu sediakan hanya terdapat makanan dan minuman. Keluarkan semua peralatan makan, agar tamu nggak perlu mencari-cari lagi.

Gunakan juga gelas kertas yang mudah digunakan dan dibersihkan sehingga kamu nggak perlu susah-susah menambah kerjaan dengan mencuci piring atau gelas.

Terakhir, jangan lupa kamu menyediakan colokan ekstra, dan memastikan wi-fi kamu berjalan lancar!

4. Makanan dan minuman yang cocok

makanan

Makanan! Salah satu alasan paling utama orang menghadiri pesta kamu. Mereka yang sudah bosan dengan makanan biasa tentu ingin mencoba makanan/minuman buatanmu.

Oleh karena itu, jangan kecewakan mereka dengan hanya menyediakan makanan ringan/minuman yang bisa diperoleh di supermarket terdekat.

Karena ini pestamu, nggak apa-apa dong kamu meluangkan sedikit waktu untuk membuat kue, makanan ringan, atau bahkan memasak untuk tamumu sendiri.

Nggak perlu terlalu repot. Tipsnya adalah mengikuti resep super mudah dari internet. Misalnya resep no-bake cookies, atau kentang goreng keju buatanmu.

Cobalah untuk bereksperimen dengan mocktail. Nggak semua orang menyukai alkohol. Apalagi kamu pasti ingin menghindari orang yang mabuk di rumahmu.

Mocktail bisa menjadi alternatif yang cocok, dan membuat orang menebak-nebak apa isinya (bahan pembicaraan yang baik).


BACA JUGA Gaya Rambut Sederhana yang Bisa Membuatmu Jadi Ratu Pesta


5. Permainan, karena semua butuh hiburan

permainan

Nggak semua orang ingin berdansa atau berbicara dalam pesta. Sebagai tuan rumah yang baik, kamu wajib menyiapkan setidaknya dua jenis permainan agar para tamu nggak bosan.

Pilihlah permainan yang muda dimainkan, seru, namun nggak memakan waktu yang lama. Hal ini berarti monopoli harus kamu coreng dari daftarmu.

Kamu bisa menyiapkan beberapa dek kartu Uno untuk dimainkan banyak orang sekaligus secara bersamaan. Nintendo Wii atau Xbox juga merupakan alternatif yang baik.

Kalau kamu lebih suka bermain yang sedikit memacu adrenalin, kamu bisa membeli papan dartboard atau bermain beer pong. Tapi, pastikan semua permainan dilakukan dengan aman, ya.

Kuncinya satu, pastikan kalau para tamu hadirin menikmati pestamu!

6. Musik, biar nggak canggung

musik

Siapa yang bisa melupakan musik. Masa mau pestamu diiringi bunyi jangkrik? Sesuai dengan tema pesta dan siapa yang kamu undang, kamu harus cermat dengan pilihan lagumu. Jangan yang cuma kamu suka saja!

Pilih lagu pop dari Billboard. Kamu nggak akan pernah salah ketika memainkan lagu dari tangga lagu Billboard karena kemungkinan besar orang-orang pasti suka dengan lagu-lagu tersebut. Jangan lupa pula dengan EDM, atau lagu bergenre house untuk berdansa.

Untuk menyiapkan itu, kamu tentu butuh sound system yang bagus. Setidaknya, kamu butuh Media Player Hi-Fi ini untuk memeriahkan suasana. Pastikan kamu membutuhkan sesuatu yang dinamis, mampu memutar banyak jenis file, serta memiliki suara yang jernih dan bass yang dalam!

7. Strategi mengakhiri pesta

Terakhir, kamu harus menyiapkan strategi untuk exit alias menyelesaikan pesta. Kamu nggak mau dong berpesta sampai pagi hari?

Belum lagi terkadang ada teman yang enggan pulang setelah semuanya sudah pergi. Pasti kamu butuh cara untuk ‘mengusir’ mereka secara halus (kecuali kalau ia ingin bantu beres-beres, usirnya nanti saja).

Kamu bisa pura-pura menggosok gigi, atau mengganti ke baju piyama. Atau, coba menguap dan mengingatkan mereka dengan waktu yang sudah larut. Coba tanyakan apa aktivitas mereka besok, biar segera pulang istirahat.

Kalau cara halus masih nggak bisa ‘mengusir’ teman-teman, kamu bisa pura-pura panik dengan bilang orangtua atau sanak saudara sudah akan pulang.

Lebih frontal lagi, langsung katakan pada mereka kalau kamu punya acara besok pagi, dan sudah ingin beristirahat. Tawarkan mereka untuk menginap jika perlu (pasti mereka nggak punya rencana menginap).

BONUS: Kejutkan tamu kamu!

Hal ini nggak wajib, namun keren jika dilakukan. Selain enam hal di atas, kamu perlu memberikan sesuatu yang nggak bisa ditebak alias surprise atau kejutan. Sebuah highlight untuk party kamu.

Hal ini bisa kamu tunjukkan dari segi makanan yang super eksotis, mengundang seorang DJ, atau tata ruang yang nggak biasa.

Intinya, kamu harus menyiapkan sesuatu yang nggak terlupakan untuk para tamu. Apalagi tamu yang sudah pernah berkunjung ke rumah.

Bagaimana, apakah kamu sudah bangkit sedikit dari monday blues? Sudah nggak sabar ingin merencanakan pesta bersama orang-orang terdekatmu? Yuk, langsung saja hilangkan penat dan stress kerja dengan tips-tips mudah untuk mengadakan pesta yang pecah ini!

Buat kamu yang ingin mulai membeli barang untuk pestamu namun bingung mau beli dimana, jangan khawatir! Kamu tinggal mengunjungi Blibli.com, dan kamu bisa menemukan semua jenis keperluan pestamu, mulai dari bahan makanan, permainan, sampai dengan perlengkapan musik.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY