Kalau kamu lagi berencana untuk berkendara jauh, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Salah satu hal yang penting adalah memastikan kendaraanmu ada dalam kondisi prima, biar nggak akan mogok di tengah jalan.

Namun, nggak hanya itu. Tergantung kendaraan kamu, sebetulnya masih banyak hal-hal kecil yang perlu kamu perhatikan agar perjalananmu lebih nyaman dan mulus.

Untuk kamu para Bikers

1. Helm selalu di kepalamotor

Memang terkadang menggiurkan untuk merasakan angin berhembus di wajah (apalagi malam hari). Namun, terkadang nggak worth it demi kemalasan atau kesenangan sesaat untuk mengorbankan keamanan kamu.

Katakanlah, kamu berkendara dengan aman. Bagaimana jika terjadi razia? Apakah kamu siap menerima tuntutan hukum?

Selalu kenakan helm, guys! Selain melindungi kepala dan mata dari debu, kamu uga sebenarnya lebih misterius dan keren di balik kaca hitam-mu.

2. Kenakan jaket saat berkendara
jaket saat berkendara

Selain membuatmu terlihat lebih stylish, jaket juga melindungimu dari elemen cuaca yang nggak bersahabat. Misalnya, cuaca dingin di malam hari, panas atau hujan yang datang secara tiba-tiba.

Alternatif lain adalah menggunakan jaket dengan bahan pelindung tambahan. Bila kamu terjatuh, jaket tersebut akan menyelamatkan kulitmu dari luka serius.

Apalagi kalau kamu lagi nge-bonceng pacar atau gebetan. Kalau dia kedinginan, kamu bisa jadi gentleman dan menawarkan kehangatan untuknya.

3. Jangan lupa dengan sarung tangan
sarung tangan

Tangan merupakan bagian yang penting dalam berkendara. Jika tergelincir, atau lepas pegangan, akan sangat berbahaya.

Maka, lindungi-lah dengan sarung tangan yang nyaman. Jangan sampai jemarimu kedinginan hingga kaku atau gemetar. Cuaca yang terlalu panas juga dapat membakar kulit tanganmu yang bisa menyebabkan iritasi.

Gesekan konstan untuk mengerem dan nge-gas juga bisa menyebabkan kulit telapak mudah terkelupas. Belum lagi keringat yang mengucur. Sarung tangan memastikan kamu tetap memiliki pegangan yang mantap pada gas dan rem.

Untuk kamu para Drivers

1. Halangi silau matahari dengan kacamata hitamkacamata saat berkendara

Berkendara di dalam mobil memang praktis dan nyaman. Akan tetapi para pengemudi terkadang lupa akan satu hal. Meskipun tubuh terlindung dari cuaca dan udara luar, mata masih dapat terpapar silaunya sinar matahari

Jangan sampai hal ini mengganggumu dalam perjalanan panjang (seperti macet ke kantor di pagi hari). Gunakan kacamata yang dapat menangkal sinar UV untuk kenyamanan maksimal di mata.


BACA JUGA 5 Cara Seru Agar Tak Bete Saat Berkendara di Tengah Kemacetan


2. Nyaman pangkal aman!mobil

 Mengemudi terkadang bikin stres. Apalagi kalau lagi kondisi macet, hujan, atau kebelet pipis. Jadi, usahakan agar pengalaman mengemudi kamu selalu nyaman.

Hal-hal yang dapat kamu lakukan adalah menyiapkan bantal kecil di mobil, air minum (botolnya jangan di buang), ataupun tisu. Semuanya bakal berguna di kala genting.

Kamu juga bisa mencoba cari sarung setir mobil yang bisa membuat peganganmu lebih mantap. Kalau kemudi mobilmu sudah tua, sebaiknya kamu mengganti dengan yang baru. Ingat, nyaman pangkal aman!

3. Pastikan kamu selalu jauh dari kebosananjauh dari kebosananMengemudi dalam jangka waktu lama dapat membuatmu bosan dan mengantuk. Selalu pastikan mobilmu dilengkapi dengan hiburan-hiburan menarik. Stok DVD film, CD lagu, dan standby stasiun radio favoritmu setiap saat.

Akan lebih baik lagi kalau kamu punya interaksi dengan manusia. Bawa teman untuk ngobrol juga menyenangkan. Atau lebih menyenangkan lagi, ajak gebetan kamu buat nge-pdkt sambil dengerin musik romantis.

Ingat, jangan main handphone saat berkendaraan ya. Jangan sampai kebosanan membahayakan dirimu.

Untuk kamu yang senang berolahraga

1.   Jangan sampai terbakar dari luar dan dalamkulit terbakar

Berbeda dengan mereka yang menggunakan sepeda motor, kamu senantiasa menggunakan tenaga otot untuk bergerak.

Bila kamu berpakaian seperti pengemudi motor, panas tubuhmu malah bisa berlebihan. Gunakan pakaian yang sejuk dan memiliki ruang agar tubuhmu bisa bernapas.

2. Pastikan kamu memiliki ‘teman’temanBosan cuma mengayuh pedal saja di sepanjang jalan? Jangan sampai kelupaan untuk membawa headset dan musik favoritmu.

Perjalanan dengan sepeda itu panjang dan butuh kegigihan. Karena itulah kamu membutuhkan musik yang bisa terus menyemangati dirimu.

Kamu juga bisa menjadikan ini modus untuk ‘ditemani’ oleh si gebetan. Good luck!

3. Pastikan badanmu selalu siap mengayuh

Kalau kamu touring dengan sepeda, kemungkinan besar otot kakimu akan bekerja keras. Jangan sampai keram ataupun nyeri pada kaki menghentikan perjalananmu.

Selalu siapkan balsem yang dapat meredakan nyeri otot dan pegal-pegal kalau kamu mau bersepeda keluar kota.

Siapkan botol air minum dan kain lap. Keringat dan dehidrasi merupakan musuh utama bersepeda. Stay hydrated, guys!

Apakah kamu sudah lebih siap berkendara jarak jauh? Sebagai guide untuk perlengkapan-perlengkapan penting ketika berkendara, kamu tinggal intip di Blibli.com. Pastikan kamu berkendaraan dengan nyaman dan aman ya!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY