Sisa makanan dan debu sudah mengendap di karpet mobil? Jahitan di kulit jok sudah mulai terbuka? Tongkat persneling dan sarung setir sudah botak? Seluruh mobilmu seakan meneriakkan kata “usang”?

Nggak usah cemas, kamu hanya perlu trik-trik cerdas di bawah untuk menyulap mobil lama menjadi baru kembali! Langsung saja, mari kita simak!

1. Bersihkan setiap sudut interior mobil

interior-mobil

Ini memang cara paling mendasar untuk membuat mobil terlihat baru. Tapi jangan salah, efek bersih-bersih mobil itu bisa bombastis, loh. Ibarat orang yang belum mandi berhari-hari yang jadi fresh banget setelah mandi.

Untuk pembersihan menyeluruh seperti ini, kamu nggak bisa cuma lap-lap doang. Keluarin semua karpet mobil kamu, bongkar kursi-kursi mobil, dan siapin vacuum cleaner yang super kencang untuk mengangkat kotoran sampai ke akarnya.

Kalau interior mobil kamu sudah bebas dari setiap kotoran, baru deh kamu lanjut ke tahap lainnya.

2. Poles luarnya biar tetep kinclongpoles-biar-kinclongKalau bagian dalam sudah wangi dan bebas kotoran, kamu bisa beralih ke bagian eksterior. Bagian ini sedikit lebih penting, karena selain yang paling sering dilihat orang, bagian luar juga yang paling mudah terkena kotoran.

Kalau ada penyok di bagian eksterior mobil, kamu bisa coba metode lem untuk memperbaiki tanpa merusak catnya. Kalau kamu orang yang nekat, kamu bisa menggunakan martil dan mengetok penyoknya dari arah berlawanan.

Jangan lupa untuk memastikan cat mobilmu tetap mengkilap dengan Polishing Compound.

3. Maintenance mesin merupakan masalah mendesak
maintenanceSelain penampilan, ada satu hal yang langsung membuat orang-orang tahu mobilmu sudah tua. Suara mesinnya yang bergemuruh

Kalau mesin kamu suaranya udah kayak kakek-kakek batuk kronis, buru-buru deh bawa ke bengkel buat maintenance.

Setelah maintenance, orang-orang pasti nggak akan sadar sama usia mobil kamu, apalagi kalau suaranya sudah kembali garang.

Kalau suaranya masih jelek, ada dua kemungkinan. Pertama teknisinya nggak bener. Kedua, kamu lupa ganti gigi.

Jangan lupa cek dan bersihkan knalpotnya mobilmu juga. Ganti kalau perlu. Jangan sampai bocor, atau bahkan tersumbat.


BACA JUGA Sulap Mobilmu Menjadi Tempat Tinggal yang Layak dengan 5 Tips Mudah Ini!


4. Ganti aki

ganti-aki

Lampu mobil sudah redup? Nyalain mesin mobil juga nggak bisa dalam sekali coba? Itu ciri-ciri mobil yang akinya sudah tua.

Biar mobil kamu kelihatan baru lagi, kamu perlu beli aki baru. Ingat, jangan sampai beli pengganti yang nggak cocok dengan mobilmu. Pastikan ukurannya pas dan dayanya juga sesuai.

Kalau kamu orang yang terampil dan nggak takut dengan keringat, kamu bisa ganti aki tanpa perlu pergi ke bengkel. Tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di sini.

5. Manfaatkan ilusi audioilusi-audioMengganti kulit jok, membersihkan dashboard, ataupun menggunakan setir baru memang bakal membuat mobilmu terlihat baru. Tetapi, kalau kamu masih sayang dengan kulit jok yang lama, mungkin kamu bakal merasa lebih nyaman memasang sistem audio baru.

Dengan suara yang gurih dan memanjakan telinga, pasti temanmu nggak akan terlalu memperhatikan bagian lain yang kurang memuaskan.

6. Pakai yang baru sekalian

pakai-yang-baru

Mau serajin dan sehebat apapun kamu mengakali mobilmu, setiap mobil punya batas usia juga. Kalau mobilmu memang sudah terlalu tua, biaya untuk mengakalinya malah bisa menggunung!

Apalagi pemerintah mau membatasi usia penggunaan mobil hingga maksimal 20 tahun. Daripada ngurusin maintenance yang ribet dan melanggar hukum, mending kamu beli mobil baru aja deh!

Selain lebih ramah lingkungan dan ramah pengemudi, mobil yang baru juga punya teknologi mesin yang lebih baik. Oleh karena itu, merawatnya juga jadi lebih mudah.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY