Catat Tips dan Alat yang Diperlukan untuk Grooming Kucing di Rumah

Grooming kucing
Image Source: hewany.com

Ketika sudah memutuskan untuk memelihara hewan, kamu perlu untuk memperhatikan kesehatan tubuh dan mentalnya karena hewanlah yang menemanimu. Nah, hewan peliharaan yang popularitasnya cukup tinggi di Indonesia adalah kucing. Ketika memiliki kucing, wajib tentunya merawat kucing dengan baik dengan melakukan grooming secara teratur. 

Apa Itu Grooming?

grooming kucing
Image Source: infobinatang.com

Grooming berasal dari kata groom yang artinya merawat atau mengurus diri. Nggak sedikit yang mengira kalau kucing nggak perlu dirawat bulunya karena mereka memang rajin membersihkan diri.  Hal itu nggak sepenuhnya benar karena bulu kucing terutama kucing dengan bulu panjang perlu dirawat dengan cara khusus. Rutinitas grooming ini terdiri atas beberapa tahapan, yakni menyisiri, memandikan, memotong kuku, membersihkan telinga, hingga membersihkan area matanya. 

Ketika kucing membersihkan dirinya sendiri, otomatis bulu-bulu mati akan ikut tertelan ke perut. Hal itulah yang membuat kucing terkadang memuntahkan gumpalan bulu setelah banyak terkumpul di perut. Proses memuntahkan itu adalah proses yang menyiksa juga. Untuk itu, perlu rasanya kamu merawat kucing dengan melakukan grooming. Nggak hanya bulu, kamu juga bisa membantu membersihkan bagian telinga dan kuku kucing.

Manfaat Grooming

Image Source: agraindo.com

Nyatanya, nggak ada yang nggak suka dimanja. Begitu pun dengan hewan peliharaan. Nah, salah satu cara memanjakan kucingmu di rumah adalah melakukan grooming dengan teratur. Banyak manfaat melakukan grooming ini. Manfaat yang paling terasa adalah agar bulu kucing selalu sehat dan nggak mudah rontok. Nggak cuma itu, membersihkan bulu kucing dengan teratur bisa membuat kucing terhindar dari jamur, bakteri, dan virus yang bisa tumbuh pada bulu kucing yang kotor.

Menjaga kebersihan bulu kucing tentunya juga akan membuat anak-anak berbulu semakin menggemaskan, ya. Kucing berbulu panjang pun akan tetap nyaman ketika dalam cuaca panas karena bulunya dipotong dengan teratur. Banyaknya bulu mati dari kucing juga akan berkurang ketika kamu membantunya untuk menyikatinya. Ketika melakukan grooming ini, tentunya hewan peliharaan milikmu akan terasa semakin dekat denganmu. 

Kelebihan dan kekurangan grooming di rumah dan di pet shop 

Untuk melakukan grooming di masa sekarang ini sudah lebih gampang karena sudah ada pet shop yang menyediakan layanan grooming untuk si meong kesayangan. Jadi, kamu bisa memanfaatkan itu. Kamu juga bisa melakukan grooming di rumah secara mandiri dengan menyiapkan peralatan grooming yang kini sudah semakin bebas dijual di toko online. Masing-masing tempat grooming itu memiliki kelebihan dan kekurangannya di bawah ini. 

Kelebihan

Di Rumah Di Pet Shop
Bisa dilakukan kapan pun Lebih bersih dan rapi karena dilakukan oleh tenaga profesional
Harga lebih terjangkau Cocok untuk pemula
Mempererat hubungan dengan kucing kesayangan Nggak menguras waktu dan tenaga
Kucing bebas stress Hanya perlu menjaga kenyamanan kucing

Kekurangan

Di Rumah Di Pet Shop
Nggak cocok untuk pemula Membutuhkan biaya lebih
Membutuhkan peralatan grooming Nggak bisa dilakukan berkali-kali
Persiapan nggak sederhana Kucing bisa stress 
Kemungkinan kurang bersih kalau belum pernah
Membutuhkan bantuan orang lain atau tempat khusus untuk mencegah kucing lari

 

Tips Melakukan Grooming di Rumah

kucng groomingMelakukan grooming kucing di rumah memerlukan keahlian khusus. Nggak cuma itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini supaya kucing nggak malah stress setelah grooming. Beberapa tip yang harus diperhatikan ketika grooming di rumah adalah sebagai berikut.  

  1. Memastikan Umur Kucing

Grooming kucing di rumah cocok untukmu yang nggak punya biaya lebih untuk merawat anabul ke salon khusus. Tapi, pastikan anabulmu memiliki umur yang cukup, ya. Anak bulu yang sudah bisa mulai dirawat dibersihkan adalah ketika dia sudah berumur sekitar 3 bulan atau ketika dia sudah nggak lagi disusui oleh induknya. Jangan sampai melakukan grooming pada kucing di bawah usia itu, ya. 

2. Memperhatikan Kondisi Cuaca dan Kucing

Memperhatikan kondisi cuaca serta tingkat kesehatan kucing sangat perlu untuk kamu yang akan melakukan grooming. Kondisi cuaca ini penting kalau kamu nggak punya alat pengering khusus atau hair dryer. Kalau cuaca sedang cerah, kamu bisa melakukan grooming dan menjemurnya di bawah sinar matahari supaya bisa cepat kering. memastikan kondisi kucing sedang fit juga penting supaya kesehatan kucing nggak melemah. Kucing yang kurang sehat biasanya juga lebih agresif ketika proses grooming

3. Pakai Air Hangat

Memandikan kucing adalah langkah paling penting dalam proses grooming. Untuk itu, pastikan kamu pakai air hangat supaya kucing lebih nyaman dan nggak terlalu agresif ketika dimandikan. Nggak hanya untuk membuat anabul lebih nyaman, air hangat juga sangat berguna untuk membasmi jamur, bakteri, kutu, dan masalah pada kulit kucing lainnya. 

4. Langsung Keringkan Bulu Kucing

Setelah dimandikan, pastikan kamu segera mengeringkan bulunya. Kamu perlu tahu kalau mengeringkan bulu kucing ini merupakan tahapan yang lebih sulit dibandingkan memandikannya karena kucing akan merasa nggak nyaman saat tubuhnya basah dan dibiarkan. Agar bisa segera kering, pakai saja hair dryer dan handuk. Tapi, kalau kamu nggak punya alat pengering, pakai handuk dan keringkan si meong di bawah sinar matahari supaya bisa cepat kering, ya. 

5. Ikuti Langkah Grooming yang Tepat

Memandikan kucing adalah langkah terakhir dalam proses grooming. Sebelum mulai mandi, kamu perlu memijat lembut tubuh kucing dengan perlahan supaya dia merasa santai. Sembari memijat, kamu bisa periksa keberadaan luka, memar, atau pun benjolan yang mungkin ada. Jangan lupa untuk mengecek telapak kakinya.

Langkah grooming berikutnya adalah menggunting kuku kucing yang panjang. Kamu bisa melewatinya kalau kuku anabul nggak terlalu panjang. Barulah berikutnya kamu bisa mulai untuk menyisir bulunya. Setelah selesai disisir, periksa dan bersihkan telinga. Setelah dipastikan benar-benar bersih, kamu bisa mulai untuk memandikan anabul, ya. 


Baca juga: 10 Rekomendasi Kandang Kucing Nyaman dan Aman

Rekomendasi Perlengkapan Grooming 

Ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan kalau kamu akan grooming kucing di rumah. beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Sisir

Pet Kotak Segi Empat Grooming Sisir Kucing
Pet Kotak Segi Empat Grooming Sisir Kucing

Sisir adalah alat yang dibutuhkan oleh kucingmu terutama yang memiliki kutu. Menyisir kucing dengan teratur bahkan nggak mandi pun perlu untuk menyisir secara teratur. Ketika memilih sisir untuk bulu kucing ini, pastika memilih sisir dengan ujung yang nggak tajam supaya kulit kucing nggak terluka, ya. Ada dua jenisnya, yakni sisir bergigi rapat dan jarang. Harga sisir untuk kutu ini dibanderol mulai dari harga 15 ribuan.

2. Sikat

Sisir Sikat Anjing Kucing Pet Grooming 2 Sisi Uk MEDIUM
Sisir Sikat Anjing Kucing Pet Grooming 2 Sisi Uk MEDIUM

Sebelum memandikan kucing atau seenggaknya beberapa hari sekali, kamu perlu untuk menyikat bulu kucing. Tujuan utama menyikat bulu kucing dengan teratur ini agar bulu mati terangkat dan kucing nggak mudah terkena penyakit kulit. Kamu yang punya kucing bulu panjang ini perlu sikat ini, ya. Dapatkan dengan harga mulai dari 8 ribuan hingga 150 ribuan. 

3. Pemotong kuku

Perlengkapan Kucing Perawatan Kucing Gunting Kuku Kucing Murah Alat Grooming Kucing Potong Kuku
Perlengkapan Kucing Perawatan Kucing Gunting Kuku Kucing Murah Alat Grooming Kucing Potong Kuku

Pemotong kuku adalah peralatan grooming yang wajib dimiliki oleh para cat lover yang perlu untuk melakukan grooming di rumah. Jenis gunting kuku ini ada yang dilengkapi dengan nail trimmer atau kikir dan ada juga yang nggak. Kamu bisa dapatkan jenis gunting kuku mulai dari harga 12 ribuan hingga 100 ribuan, lho 

4. Gunting

Grooming Scissors Set Gunting Stainless Steel Anjing Kucing Hewan
Grooming Scissors Set Gunting Stainless Steel Anjing Kucing Hewan

Nah, peralatan yang satu ini wajib dimiliki olehmu terutama yang punya kucing dengan bulu panjang. Bulu panjang kucing perlu dicukur teratur untuk menghindari penyakit kulit yang sering terjadi ketika cuaca panas. Nggak hanya itu, kucing pun juga bisa lebih nyaman beraktivitas setelah dicukur karena nggak kegerahan. Ada dua jenis gunting, yakni yang manual dan elektrik. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga 20 ribuan hingga 200 ribuan.

5. Sikat Gigi

Sikat Gigi Kucing Anjing 3 in1 per 1 set
Sikat Gigi Kucing Anjing 3 in1 per 1 set

Membersihkan gigi kucing juga perlu minimal 3 kali seminggu. Tapi, jangan pakai sikat gigi untuk manusia, ya. Ketika menyikat gigi kucing ini perlu untuk memakai sarung tangan karena mulut kucing mengandung banyak bakteri. Dapatkan sikat gigi ini mulai dari harga 5 ribuan hingga 100 ribuan, ya. 

6. Sampo kucing

YAOU Shampoo Anti Kutu Anjing Kucing 250ML Wangi Shampo kucing
YAOU Shampoo Anti Kutu Anjing Kucing 250ML Wangi Shampo kucing

Sampo kucing termasuk peralatan wajib untuk grooming. Jenis sampo kucing ini sangat beragam karena ada jenis sampo untuk keadaan yang biasa dan sampo khusus untuk kondisi kulit yang khusus seperti kulit berkutu atau berjamur. Kamu juga bisa membeli jenis sampo dengan aroma terapi yang bisa membuat anabul nyaman mencium bau bulunya sendiri. Dapatkan sampo kucing ini mulai dari harga 15 ribuan hingga 50 ribuan, ya. 

7. Blower Pengering Bulu

HNL HAND BLOWER grooming Pengering Bulu anjing kucing stanley sellery
HNL HAND BLOWER grooming Pengering Bulu anjing kucing stanley sellery

Ada tiga cara mengeringkan bulu kucing, yakni mengeringkan dengan handuk dan dimasukkan kandang serta dibiarkan di bawah sinar matahari. Kedua, mengeringkannya dengan handuk dan hairdryer lalu dijemur. Dan ketiga, kamu bisa mengeringkan dengan handuk dan blower. Ada jenis blower khusus yang dipakai untuk mengeringkan rambut kucing. 

Kalau kamu punya kucing rambut panjang dan tinggal di area perkotaan, rasanya penting untuk punya blower pengering atau hair dryer ini. Dengan blower, bulu kucing bisa kering sempurna. Bulu yang nggak kering sempurna bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jamur pada kucing. Harga pengering bulu ini bisa mulai dari harga 200 ribuan hingga 2 jutaan untuk blower sama yang dipakai di pet shop

8. Tisu Kucing

Tissue Anjing Kucing Tisu Basah Hewan Tissue Khusus Mata Tissue Mata
Tissue Anjing Kucing Tisu Basah Hewan Tissue Khusus Mata Tissue Mata

Kalau kamu nggak ingin repot, sediakan tisu basah. Jenis tisu ini bisa kamu pakai ketika kucing kotor tetapi belum saatnya mandi. Kamu juga bisa mengelapnya setelah dia memakai litter box. Harga tisu basah khusus kucing ini dibanderol mulai dari 86 ribuan. 

9. Handuk

Pet Towel Handuk Kanebo Tebal Berkualitas Anjing Kucing Hewan
Pet Towel Handuk Kanebo Tebal Berkualitas Anjing Kucing Hewan

Memilih handuk untuk kucing nggak bisa sembarangan karena kamu perlu untuk memilih bahan yang gampang menyerap basah. Sekarang ini bahkan ada kanebo untuk kucing. Kamu bisa mendapatkan handuk khusus hewan ini mulai dari harga 10 ribu hingga 200 ribuan. 

10. Pembersih Telinga

Forbis Good Ears Pembersih telinga Untuk Anjing dan Kucing 65 ml
Forbis Good Ears Pembersih telinga Untuk Anjing dan Kucing 65 ml

Telinga merupakan bagian yang wajib dibersihkan karena pendengaran kucing ini super sensitif. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan cairan pembersih telinga dan cotton bud. Harga pembersih telinga untuk kucing ini mulai dari 18 ribuan hingga 60 ribuan. 


Baca juga: Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Kucing Hamil

Itulah beberapa peralatan yang perlu kamu miliki agar bisa grooming kucing di rumah. seluruh peralatan grooming tersebut, bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau di Blibli, lho!

Lengkapi Peralatan Groomingmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY