Gowes adalah istilah kekinian yang merujuk pada salah satu olahraga seru, apalagi bukan bersepeda. Apalagi pada saat ini banyak ditekuni terlebih olahraga ini sebagai bentuk kampanye bebas polusi terutama di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Ke mana pun anda pergi, di sekeliling kita makin banyak saja orang yang naik sepeda berkeliling kota. Entah itu untuk alasan hanya sekadar olahraga di Car Free Day, atau sengaja bersepeda ke kantor.

Kamu juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari olahraga ini, terutama untuk kesehatan otot-otot tubuhmu. Selain itu masih banyak lagi keseruan dari olahraga ini, berikut lima alasan sepeda jadi olahraga yang seru untuk ditekuni atau keren untuk dijalan.

1. Bersepeda Mengurangi Polusi

mengurangi-polusiVia macsadventure.com

Melakukan aktivitas dengan kendaraan bermotor memang menghemat waktu dan tenaga, namun tidak ramah lingkungan. Apalagi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam sepuluh tahun terakhir ini polusi dunia memburuk dan berkontribusi besar terhadap kematian di seluruh dunia.

Salah satu sulusi apaik yakni dengan Gowes. Apalagi di kota besar di tanah air sudah mencanangkan Car Free Day. Ini langkah positif untuk mengurangi polusi. Meski tanpa kendaraan bermotor, kita tetap bersenang-senang.

Selain di Car Free Day diharapkan penggunaan sepeda bisa dilakukan di segala aktivitas di kantor. Apalagi bersepeda adalah salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan. Kamu jadi nggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan bakar, hal itu bisa dijadikan sebagai langkah untuk berhemat. Sehat di badan, juga sehat di keuangan.

2. Sepeda Pertualangan Yang Mengasyikkan

petualangVia rokasports.com

Bikin sehat dan membuat kita back to nature tentu menjadi petualangan yang mengasyikkan bila kamu sering menggeluti sepeda terutama kamu yang tergabung klun atau komunitas mountain bike.

Mencari rute baru untuk dijelajahi biasanya jadi aktivitas setiap pekan. Kadang daerah yang akan dituju sama sekali asing bagi mereka. Namun karena kebanyakan  mereka nggak takut untuk mengayuh sepeda mereka sampai ke tujuan, dan kemudian kembali ke rumah masing-masing.

Nggak sedikit klub atau komunitas sepda yang menggelar tur ke luar kota. Ini tentu petualangan yang mengasyikkan, untuk mereka yang berjiwa petualang tentunya.

3. Menjaga kesehatan

kesehatanVia ilovebicycling.com

Kalau yang satu ini semua pasti sepakatlah, ngga hanya bersepeda saja. Olahraga-olahraga lainpun intinya adalah untuk menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh kita apabila dilakukan dengan rutin.

Untuk bersepeda sendiri lebih banyak efeknya ke kesehatan jantung, karena olahraga bersepeda ini lebih banyak memicu jantung untuk bekerja.

Selain itu kamu juga terhindar dari masalah persendian. Gerakan mengayuh pedal dan memegang setir bisa merangsang otot-otot yang ada di bagian punggung.

Hal itu mampu membuat tulang belakang jadi semakin kuat, kamu pun jadi terhindar dari resiko terkena penyakit persendian lantaran gowes juga cenderung minim risiko cedera persendian, seperti lari atau olahraga kardio lainnya.


BACA JUGA Benda-Benda Wajib Agar Tampil Keren Saat Bersepeda


4. Olahraga muraholahraga-murah

Via Hipwee

Harga sepeda tentu lebih murah dari motor, terlebih lagi perawatannya juga jauh lebih murah daripada kendaraan bermotor. Selain itu, dengan mengendarai sepeda, kita tak perlu mampir ke pom bensin untuk isi bahan bakar. Jadi, setiap kayuhan sepeda yang kamu lakukan, kamu menghemat uangmu sendiri.

5. Sepeda itu fun

funVia Shutterstock.com/YanLev

Salah satu manfaat gowes atau bersepeda yakni bikin hati senang. Bayangkan, berkeliling kota bersama keluarga, sahabat, tetangga, komunitas, atau bahkan sendirian pun, bikin kita hepi.

Berangkat setelah Subuh, menghirup udara segar, tubuh diterpa angin sepoi-sepoi, suara burung di mana-mana, pemandangan indah nan segar tanpa polusi, sungguh sangat fun.

Menyenangkan bukan? Yuk isi kegiatan weekendmu dengan bersepeda Friends! Sebelum itu, apa kamu sudah miliki perlengkapan bersepedamu? Di Blibli.com kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan bersepeda, manfaatkan juga cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia yang Blibli.com berikan special hanya untukmu!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY