Sekitar dua tahun yang lalu, Google secara resmi meluncurkan Android Auto yang bertujuan untuk mengintegrasikan kemampuan smartphone dengan mobil. Sejak kehadirannya, sudah lebih dari 200 mobil baru yang telah mendukung Android Auto.

Sayangnya, penetrasinya tergolong lambat karena tidak semua orang bisa langsung mengganti mobil ke model yang baru hanya untuk menikmati Android Auto. Dan mobil-mobil model lama yang sangat banyak jumlahnya di dunia tidak kompatibel dengan platform tersebut.

Rupanya Google tidak tinggal diam dan telah menyiapkan solusinya. Kini, Google mengumumkan bahwa Android Auto sudah bisa dinikmati oleh pemilik mobil model apapun. Syaratnya? Pengguna tersebut harus memiliki smartphone Android.

1. Aplikasi terpisah di Google Play Storeandroid-auto-1

Ya, solusi yang ditawarkan Google adalah dengan mengunduh aplikasi Android Auto yang sifatnya ‘standalone’ alias berdiri sendiri. Seperti biasa, pengguna smartphone Android bisa mengunduhnya lewat Google Play Store.

Lewat aplikasi Android Auto, pengguna akan mendapatkan user interface atau antarmuka yang didesain khusus untuk mengemudi. Selain itu, pengguna akan dapat dengan mudah mengakses berbagai fitur yang dibutuhkan selama berkendara seperti navigasi, musik, dan komunikasi.


BACA JUGA Cara Mudah Mencari Informasi di Google Menggunakan Gambar atau Foto dari PC


2. Dua cara penggunaanandroid-auto-2

Setelah mengunduh aplikasi Android Auto, pengguna bisa menikmatinya dengan cara meletakkannya di penyangga ponsel. Opsi lainnya adalah dengan menghubungkan langsung smartphone ke head unit mobil. Namun untuk cara yang satu ini, pengguna harus memastikan mobilnya termasuk dalam daftar.

Jika mobil sudah memiliki koneksi Bluetooth, aplikasi Android Auto akan otomatis aktif saat smartphone dan mobil telah tersambung.

Kehadiran Android Auto yang berjalan sebagai aplikasi terpisah di smartphone tentunya sangat membantu para pengemudi yang ingin tetap terhubung dengan perangkatnya, namun belum memiliki mobil dengan platform tersebut. Untuk saat in, aplikasi Android Auto belum tersedia di Indonesia. Semoga tidak pakai lama ya…

Eits, tetapi nggak usah khawatir Friends, sambil kamu menunggu Android Auto ini tersedia di Indonesia kamu bisa bersiap-siap memiliki Androidnya terlebih dahulu. Kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY