“GOOOLLLLLLLL!!!!!!” Itulah teriakan yang selalu dinanti-nantikan para pecinta sepakbola. Gol (atau goal) merupakan momen kejayaan ketika bola berhasil melewati batas gawang.

Menang atau kalahnya suatu kesebelasan ditentukan oleh angka cetakan gol. Tentunya kamu berharap tim favoritmu mencetak gol sebanyak-banyaknya, bukan?

Namun, seni dalam sepakbola nggak hanya terletak pada gol yang dicetak saja. Hal yang membuat permainan ini begitu asik ditonton adalah keindahan gol yang tercipta itu sendiri.

Ada gol yang berasal dari indahnya kerjasama antar pemain sehingga membingungkan lawan dan membuat kiper nggak bisa berbuat apa-apa.

Ada juga gol yang sangat membutuhkan skill individual kompleks sehingga ketika tercipta, nggak hanya pemain lawan yang pasrah, namun juga membuat para penonton tercengang!

Untuk melihat gol-gol terbaik, mana lagi tempat yang paling pas kalau bukan ajang kompetisi sepak bola terbesar di dunia yang diadakan hanya 4 tahun sekali. Berikut adalah kompilasi 7 gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia sepak bola.

1. Zidane (Prancis) vs Italia (Jerman, 2006)

Setelah 7 menit memasuki pertandingan sepak bola terakhirnya, Zidane diserahkan tanggungjawab untuk menyelesaikan tendangan penalty. Di momen final yang begitu menegangkan bagi para pemain dan penonton, nggak ada yang menyangka kapten Prancis ini akan melakukan tendangan Panenka. Buffon pun terkecoh dan bola terjatuh sedikit melewati garis gawang.

Hal yang semakin membuat gol ini begitu spesial dan dikenang adalah Zidane kemudian terlibat dalam drama “penyundulan” terhadap Marco Materazzi dan berbuah kartu merah. Pertandingan pun berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal dan Italia berhasil menang 5-3 lewat adu penalty.

2. Bergkamp (Belanda) vs Argentina (Prancis, 1998)

Bergkamp, salah satu pemain di generasi emas Belanda di kala itu berhasil mencetak gol yang sangat menghebohkan para penonton hingga komentatornya. Alasannya, Bergkamp menjinakkan umpan jauh (60 yard) dari Frank de Boer, lalu ia menyonteknya melewati seorang pemain, dan langsung melesatkan bola menggunakan sisi luar kakinya masuk ke pojok atas gawang.

Momennya juga cukup spesial, gol kemenangan ini dicetak di menit ke 89 dalam laga semi final melawan tim Tango yang juga berlimpah bintang. Saking luar biasanya, kamu bisa mendengar kehisterisan komentator yang mengocok perut di video di atas. Belanda berhasil menang 2-1 di pertandingan ini.

3. Burruchaga (Argentina) vs Jerman Barat (Meksiko, 1986)

Kekerenan gol yang satu ini juga diawali dari operan fantastis salah satu legenda sepak bola, Maradona. Di pertandingan yang berlangsung sangat sengit ini, tim Jerman Barat berhasil menyamakan kedudukan setelah ketinggalan dua gol.

Namun, 6 menit menuju pertandingan selesai, Maradona berhasil mengecoh tiga pemain sekaligus dengan operan first-time ke Jorge Burruchaga. Burruchaga kemudian berlari kencang ke arah gawang dan Schumacher pun berusaha mencegatnya. Namun, gol berhasil tercipta dan tim Tango pun berhasil menang 3-2.


BACA JUGA Berkat Passion Terhadap Olahraga, 9 Mantan Atlet Ini Kini Menjadi Artis!


4. Maradona (Argentina) vs Inggris (Meksiko, 1986)

Setelah melesatkan operan fantastis, kali ini Maradona-lah yang mencetak salah satu gol terbaik di ajang Piala Dunia. Ia mengawali petualangan lari 60 meternya yang berhasil ditempuh dalam waktu sekitar 10 detik, dengan meliuk-liuk melewati 4 pemain Inggris! Nggak hanya sampai situ saja, Maradona pun men-dribble kiper, Peter Shilton dan memasukkan gol ke gawang.

Selain terciptanya gol individual terbaik, Maradona juga melesatkan gol paling kontroversial 4 menit sebelumnya. Apa kamu familiar dengan gol “Hand of God”? Maradona jugalah yang bertanggungjawab di pertandingan yang selesai dengan skor 2-1 ini.

5. Tardelli (Italia) vs Jerman Barat (Spanyol, 1982)

Untuk gol kali ini, mungkin selebrasinya yang heboh dan emosional lebih menjadi fokus dibandingkan gol yang tercipta. Gol ini merupakan hasil dari counter attack indah, yang melibatkan Cruyff Turn, backheel, sebuah flick, dan usaha Tardelli yang berbuah gol ke gawang Schumacher.

Setelah mencetak gol, Tardelli pun berlari kencang sambil berteriak ke arah teman-temannya yang turut menyambut dengan histeris. Italia pun berhasil memenagkan pertandingan ini dengan skor 3-1.

6. Pele (Brazil) vs Swedia (Swedia, 1958)

Ini adalah gol dari calon superstar sepak bola untuk berpuluh-puluh tahun yang akan datang. Pelé berhasil melunakkan bola yang jatuh tajam dengan dadanya, kemudian ia menyontek bola agar nggak direbut pemain belakang, dan melesatkan tendangan voli ketika bola hampir menyentuh tanah ke pojok bawah gawang.

Pelé yang ketika itu baru berusia 17 tahun menunjukkan skill dan kedewasaan seorang pemain veteran. Brazil berhasil menang dengan skor meyakinkan, 5-2.

7. Alberto (Brazil) vs Italia (Meksiko, 1970)

Untuk gol terbaik Piala Dunia yang terakhir, gol ini diawali oleh Tostao yang mengoper dari posisi bek kiri ke Clodoaldo yang berhasil men-dribble dan mengecoh 4 pemain Italia. Kemudian Pelé memberikan sentuhan magisnya ke Carlos Alberto yang berlari kencang ke arah gawang. Sang kapten pun menendang keras bola ke sudut gawang, dan gol!

Gol Alberto merupakan hasil kerjasama tim Brazil yang mengoper-oper bola dengan begitu indahnya. Bahkan FIFA juga memberikan penghargaan dan menyebut gol ini sebagai gol tercantik di sejarah Piala Dunia, lho!

Setelah melihat gol-gol terbaik Piala Dunia di atas, pasti kamu sudah nggak heran lagi kenapa banyak orang yang begitu mengidam-idamkan menonton pertandingan sepak bola.

Kamu juga bisa belajar mengkreasi ulang gol-gol legendaris di atas. Namun, tentunya kamu perlu memiliki sepatu yang berkualitas pula. Kemana lagi kamu mencari kalau bukan di Blibli.com yang lagi ada promo Umbro Medusae! Sudah siap jadi legenda sepak bola selanjutnya?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY