Jaman sekarang, belanja online bukan hanya jadi tren, tapi udah jadi kebiasaan. Nah, saking populernya metode belanja ini, suka ada aja yang membuat berbagai cara untuk melakukan berbagai tindakan penyalahgunaan belanja online.

Salah satu yang paling umum dilakukan adalah pembajakan akun, di mana pelaku pembajakan melakukan pembelanjaan menggunakan akun dan benefit yang bukan menjadi haknya. Duh, gak banget kan?

Nah, untuk menghindari hal ini, Blibli.com punya cara buat kamu, Blibli Friends agar terhindar dari semua yang tak diinginkan saat belanja online, terutama di Blibli.com. Gak mau kan kegembiraan belanja online di Blibli.com berikurang? Simak yuk!

Tindakan pencegahan ternyata bisa dimulai dari hal yang sangat sederhana, apa aja?

1. Gunakan web browser yang resmi

Download browser dari situs resminya karena bisa dipastikan browsernya juga aman untuk semua kebutuhan belanja kamu. Sederhana bukan? Ini tindakan pencegahan paling dini.

2. Gunakan antivirus dan anti malware yang resmi dan diupdate secara berkala

Beneran deh, ini hal sederhana yang mudah tapi bisa berguna banyak banget!

3. Hindari sharing device saat belanja

Sebisa mungkin, pakai smartphone atau laptop milikmu sendiri, Friends saat berbelanja. Kalau emang gak bisa, kamu bisa menggunakan fitur Incognito Window atau Private Browsing saat seru-seruan belanja di Blibli.com

4. Download aplikasi dari App Store Resmi

screenshot-security-ios

Aplikasi Blibli.com bisa kamu download untuk iOS, Android, maupun Windows. Aplikasi resmi Blibli.com didevelop oleh PT GDN. Sudah download aplikasi resminya? Yuk cus belanja!

5. Cek, apakah halaman Blibli.com yang kamu akses punya greenbar dan diawali dengan HTTPS?

Blibli.com punya standar keamanan yang bisa dilihat dari greenbar bertuliskan PT Global Digital Niaga [ID] dan alamat yang diawali dengan β€œhttps” saat kamu membuka halaman apapun di Blibli.com. Jadi, pastikan halaman Blibli.com yang kamu buka seperti ini tampilannya:

capture-security-green-bar


Jangan mau akun Blibli.com kamu diutak-atik orang lain, ini nih cara gampangnya buat jagainnya:

1. Jangan cuma baju yang diganti, password juga

Penting banget nih buat kamu untuk mengganti password secara berkala. Kebiasaan ini ternyata baik untuk melindungi akunmu karena password yang berganti akan membuat para hacker kesulitan untuk membobol data pribadimu.

2. Gunakan password yang kompleks, kombinasi angka, huruf, dan simbol

Password standar terdiri dari minimum 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, kombinasi A-Z, a-z,0-9, !@#$%^&*()_+{}[]<>. Pilih karakter yang bisa kamu ingat dengan mudah.

3. Jangan pakai unsur data personal di dalam password

hindari-data-personal

Di era digital, data personal tidak selamanya personal. Hindari menggunakan tanggal, bulan, tahun lahir, nama panggilan, alamat rumah, dan sebagainya. Nama mantan juga gak boleh, gak boleh diinget-inget juga. Hehehe.

4. Usahakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda

Jangan mau kalah pinter sama hacker, pakai password yang berbeda-beda biar keamanan akunmu berlapis.

5. Menyimpan informasi resmi dan segala bukti transaksi dari Blibli.com

Simpan email resmi dari Blibli.com seperti chat, email, atau percakapan di sosial media. Ini enaknya belanja di Blibli.com karena punya segala yang dibutuhkan sebagai bukti resmi. Yuk coba perhatikan email atau pesan, jadi kamu bisa segera tahu kalau ada transaksi mencurigakan dan bisa segera minta bantuan.


Aman gak sih transaksi di Blibli.com?

aman-belanja-di-blibli

via freejpg

Blibli.com selalu mengusahakan yang terbaik untuk customernya dengan update semua sistem keamanan buat kenyamanan. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan payment gateway yang punya sertifikat PCI DSS dan sertifikat keamanan transaksi lain untuk beragam cara pembayaran.

Oh iya Friends, Tim Customer Care Blibli.com tidak akan pernah meminta password dari kamu yaa. Jadi, makin ngerasa aman kan?

Selain itu, kamu juga selalu bisa menghubungi dan bertanya pada Tim Blits (Customer Care) Blibli.com yang siap membantu, Friends.

Pastikan kamu berkomunikasi dengan channel resmi Blibli.com di email customer.care@blibli.com, telepon 0804 1 871 871, sosial media Blibli.com yang terverifikasi (yes,sosial media Blibli.com punya tanda centang biru!)

Simpel bukan? Tindakan sederhana ini bisa menambah pengalaman belanjamu jadi makin seru! Saatnya belanja online secara cerdas dan aman! Selamat berbelanja Blibli Friends!


1 COMMENT

LEAVE A REPLY