Olahraga itu penting banget, Friends. Dengan olahraga, kita bisa menghilangkan stres dari pikiran dan tubuh kita. Zaman sekarang, banyak banget yang mentingin nggak cuma fisik, namun juga jiwa. Nah, meroketlah popularitas yoga sebagai aktivitas kesehatan pilihan.

Buat kalian yang belum tahu, yoga itu nggak selalu ribet, kok. Kalian bisa lakukan gerakan yoga di mana aja dan kapan aja. Apalagi buat kalian yang nggak ada waktu buat olahraga!

Kalian bisa coba lakukan 6 gerakan yoga sederhana ini di sela-sela jadwal yang padat. Gerakannya nggak ribet dan nggak menyita banyak waktu. Stres pun akan hilang secara ekspres! Kamu pun jadi lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

1. Mountain pose

mountain-pose

Via – Groundbloom Florish

Tadasana adalah gerakan dasar dan paling mudah. Kalian cukup berdiri tegap dengan kaki rapat dan tangan di samping badan. Kemudian sambil menarik napas 5 detik, berjinjitlah dan angkat tangan melampaui kepala. Turunkan tangan ke posisi awal sambil menghela napas.

Gerakan ini dapat membantu melegakan pikiran dan tubuh yang kaku selepas kerja atau bahkan sebelum memulai hari. Peredaran darah juga jadi lancar dan otot-otot perut semakin kencang. Cocok banget buat kamu yang nervous sebelum presentasi!

2. Legs up the wall

legs-up-the-wall

Via – Kelly Sunrose Yoga

Pagi-pagi sembari berbaring di kasur atau di lantai, kalian bisa coba gerakan yoga ini. Naikkan kedua kaki ke tembok, dan rilekskan tubuh. Kemudian, atur napas dengan nyaman dan perlahan.

Peredaran darah dari jantung ke alat pencernaan, paru-paru, hingga otak akan menjadi lancar. Otot paha bawah juga akan jadi luwes. Pikiran dan badan jadi bebas stres, deh. Gerakan ini cocok banget dilakukan setelah melakukan perjalanan panjang atau olahraga berat.

3. Forward fold

forward-fold

Via – Get Your Fit Together

Gerakan yoga ini bisa jadi pelepas penat dan menghilangkan pegal-pegal di area panggul. Kalian bisa melakukannya dengan posisi berdiri atau duduk. Nah, kalau pegal tiba-tiba menghampiri ketika kerja, gerakan forward fold bisa membantu.

Kalau mau berdiri, kalian harus buka kaki selebar bahu. Kemudian bungkukkan badan dan membiarkan tangan terjuntai santai ke bawah. Kalau mau duduk, letakkan kaki di depan. Sehabis itu, condongkan badan ke arah depan seperti ingin mencium lutut. Pastikan otot-otot dalam keadaan rileks, ya.

3. Tree pose

tree-pose

Via – Seattle Bride

Nah, gerakan yoga ini bisa dilakukan sebelum belajar atau bekerja di rumah. Caranya kalian harus berdiri tegap dan santai. Buka kaki selebar bahu dan rentangkan tangan untuk mengatur keseimbangan.

Selanjutnya, cobalah menaruh satu kaki di samping paha atau betis kaki lainnya. Selain melatih keseimbangan, gerakan ini juga dapat melatih konsentrasi kalian, Friends. Lakukan pose ini sejenak saat istirahat makan siang.

5. Cat and cow pose

cat-and-cow

Via – Pop Sugar

Bagi yang sering sakit punggung, cobalah gerakan ini. Pertama, letakkan kedua lutut dan tangan di lantai untuk menumpu badan. Kepala kalian harus rileks menghadap lantai, ya. Kedua, perlahan angkat kepala kalian menatap langit-langit sambil lengkungkan punggung seperti huruf U. Jangan lupa tarik napas, ya. Inilah cow pose!

Langkah selanjutnya adalah hela napas sambil melengkungkan punggung seperti U terbalik. Biarkan kepala kalian menghadap lantai secara rileks. Gerakan cat and cow pose ini cocok dilakukan setelah bersih-bersih kamar.

6. Wind relieving pose

wind-relieving-pose

Gerakan ini bisa membantu kamu untuk masalah di luar dan di dalam. Di luar, perut buncit akan jadi rata. Sedangkan di dalam, masalah pencernaan jadi teratasi. Gerakan ini bisa dilakukan sambil santai nonton tv atau sesaat sebelum tidur.

Gerakannya cukup mudah karena sambil rebahan. Pastikan tumit menyentuh lantai dan tangan berada di samping badan. Tekuk kaki dan ambil napas. Kemudian sambil menghela napas, tarik kaki ke bagian perut dan tahan dengan tangan memeluk kedua kaki.

Ambil napas lagi dan lepaskan sambil menengadahkan kepala. Tahan posisi itu selama 60 hingga 90 detik sambil ambil napas. Kemudian hela napas sambil meregangkan tangan dan kaki ke posisi awal.

Keenam gerakan di atas nggak sulit, kan? Nggak perlu waktu yang lama untuk melakukannya, tapi tetap bermanfaat. Memang, paling puas kalau yoga di rumah dalam keadaan santai. Apalagi, kalau di rumah ada perlengkapan yoga.

Yang terpenting, usahakan yoga dengan pakaian yang sesuai dan di alasi oleh matras. Kalian bisa hemat waktu dan biaya kalau belinya di Blibli.com. Tinggal kunjungi web atau unduh aplikasinya. Belanja di Blibli.com juga bebas stres karena ada cicilan 0% dan multi payment. Mudah, kan? Yuk, sehat dengan yoga bersama Blibli.com!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY