me

Gejala Kolesterol yang Bisa Menyerang Segala Usia

Jul 23, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Blbili Friends, tau nggak sih pada saat kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi dan melampaui kadar normal, maka ini bisa menyebabkan pengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol yang berlebihan akan mengendap di dinding pembuluh darah dan membentuk plak.

Karena adanya plak, maka pembuluh darah akan jadi menyempit. Akibatnya aliran darah pun terhambat dan nggak lancar. Kalau ini terjadi maka biasa disebut dengan aterosklerosis. 

Kondisi ini bisa terjadi di pembuluh darah mana saja dalam tubuh. Jika terjadinya di pembuluh darah jantung, ini bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner, yang sangat membahayakan bahkan bisa menyebabkan kematian. Bila aterosklerosis terjadi di pembuluh darah otak juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan stroke.

Penyakit lain yang cukup fatal yang disebabkan oleh kolesterol berlebih adalah meningkatnya kristal empedu yang kemudian mengeras dan akhirnya mengakibatkan batu empedu. Sebenarnya apa itu kolesterol dan apa yang menyebabkan terjadinya kolesterol tinggi? Simak ulasannya di bawah ini, yuk. 


Baca juga: Gejala Maag beserta Penyebab dan Cara Mengobatinya

Apa Itu Kolesterol?

Mungkin banyak di antara Blibli Friends, yang belum tau kalau sebenarnya tubuh kita membutuhkan kolesterol, karena ini adalah lemak yang dibutuhkan untuk kerja tubuh. Tapi kalau kadar kolesterol berlebihan, maka akan menumpuk di pembuluh darah dan menghambat jalannya aliran darah.

Padahal seluruh tubuh membutuhkan aliran darah yang mengandung oksigen. Kolesterol diproduksi secara alami oleh organ hati kita. Tetapi kamu juga bisa mendapatkan asupan kolesterol dari luar, misalnya dari makanan yang mengandung protein hewani seperti daging dan susu. 

Kenapa kolesterol dibutuhkan oleh tubuh kita? Karena fungsi utama kolesterol adalah untuk memproduksi sejumlah hormon, membentuk sel yang sehat, serta membantu menghasilkan vitamin D secara alami yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Agar tetap sehat, kadar kolesterol harus berada dalam taraf normal. Jika kolesterol terlalu tinggi, banyak penyakit yang bisa ditimbulkannya. Beberapa merupakan penyakit yang sangat membahayakan nyawa. 

Gejala Kolesterol

Banyak orang yang nggak menyadari kalau kadar kolesterolnya tinggi. Apalagi bagi yang jarang memeriksakan kondisi kesehatan mereka ke rumah sakit. Tak sedikit yang baru mengetahui setelah terkena serangan jantung atau gejala stroke. Namun beberapa penderita kolesterol tinggi ada yang mengalami gejala seperti di bawah ini:

  • Badan Pegal & Sakit Kepala

Kolesterol menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Karena itu darah yang mengalir ke beberapa organ jadi terhambat. Bagian kepala membutuhkan oksigen yang dibawa oleh darah. Kalau nggak, maka bisa timbul sakit kepala. Selain itu, badan yang pegal-pegal tanpa alasan juga bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. 

  • Timbul Lingkaran Putih di Kornea Mata

Beberapa penderita kolesterol tinggi di dalam kornea matanya timbul bentuk setengah lingkaran hingga lingkaran berwarna putih. Meski begitu, timbulnya gejala ini bukan berarti pasti kolesterol naik. Karena itu, lebih baik konsultasikan ke dokter jika kondisi ini tiba-tiba timbul.

  • Timbul Bercak Kuning di Bawah Kelopak Mata

Kolesterol tinggi bisa dialami siapa saja, bahkan orang yang masih berusia di bawah 30 tahun sekalipun. Pada mereka yang usianya di bawah 30 tahun, gejala bercak kuning di bawah kelopak mata bisa timbul saat kadar kolesterolnya tinggi. Sama seperti gejala sebelumnya, ini perlu dipastikan oleh dokter, apakah benar merupakan gejala kolesterol tinggi atau tidak. 

  • Lemah Syahwat

Gejala ini khusus dialami pria yang mengalami kolesterol tinggi. Lemah syahwat atau impotensi pada penderita kolesterol tinggi biasanya disebabkan karena penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri. Bila mengalami gejala ini, konsultasikan pada dokter apakah benar penyebabnya karena kolesterol atau bukan.

  • Timbul Luka Berwarna Kuning di Tubuh

Gejala ini disebut dengan xanthoma, di mana saat kolesterol tinggi akan muncul kondisi kekuningan pada kulit di beberapa area seperti siku, tangan, lutut, kaki, dan pantat. Bisa juga timbul di area tubuh lainnya. Luka ini hanya berupa benjolan dan nggak sakit, cuma terkadang terasa sedikit gatal. Gejala ini hanya timbul pada penderita kolesterol tinggi karena faktor keturunan. 

Penyebab Kolesterol

Via – AskDrManny

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya kolesterol tinggi di dalam tubuh:

  • Usia

Semakin bertambahnya usia, risiko kolesterol tinggi memang semakin besar. Pada pria risikonya meningkat di usia 45 tahun ke atas, sementara pada wanita di usia 55 tahun ke atas. Ini karena metabolisme tubuh yang menurun, jadi lemak yang seharusnya dihancurkan jadi cukup lama bertahan di tu8buh. Tapi usia bukan jadi patokan. Nggak sedikit anak muda yang kadar kolesterol di tubuhnya tinggi. 

  • Pola Makan yang Nggak Sehat

Makan makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan seperti daging merah, mentega, krim, keju, dan susu bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Semua makanan tersebut sebenarnya sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab kolesterol.

  • Berat Badan Berlebih

Berat badan yang berlebih berarti ada banyak lemak di dalam tubuh. Ini bisa menjadi penyebab naiknya kolesterol. Orang yang mengalami obesitas risiko terkena serangan jantung, jantung koroner, dan gagal jantung lebih besar. Meski begitu, orang yang bertubuh kurus juga nggak lepas dari kemungkinan kolesterol tinggi.

  • Malas Gerak

Bagi yang setiap harinya banyak duduk karena bekerja di depan komputer atau aktivitas lainnya, sebaiknya mulailah bergerak. Lemak yang menumpuk dan nggak dibakar bisa menjadi kolesterol jahat. Kalau dibiarkan dalam waktu lama, risiko terkena kolesterol tinggi pun meningkat.

Cara Menghindari Kolesterol

Menghindari naiknya kolesterol bisa dilakukan dengan cara alami. Di antaranya adalah:

  • Pilih Makanan Rendah Lemak

Bukan berarti kamu nggak bisa makan daging, loh. Hanya saja pilih bagian daging yang lemaknya sedikit atau tanpa lemak sama sekali. Bisa juga mengonsumsi daging ikan dan ayam. Untuk susu pilih yang rendah lemak. Serta perbanyak telur yang direbus atau dikukus, kacang-kacangan, tempe, dan tahu.

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan kandungan serat yang ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Setiap harinya, sebenarnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 500 gram. Buah dan sayur bisa dikonsumsi sebagai makanan atau dijus dan dijadikan minuman. 

  • Berolahraga Teratur

Jika sudah mengatur pola makan, akan lebih baik lagi jika mulai berolahraga. Jangan malas bergerak. Biasakan bergerak setidaknya selama 30 menit setiap hari. Dengan berolahraga, bukan hanya terhindar dari kolesterol jahat, tubuh pun jadi jauh lebih bugar dan bisa terhindar dari jenis penyakit lainnya. 

  • Jaga Berat Badan

Karena salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah kadar lemak yang berlebih di dalam tubuh, maka sebaiknya jaga berat badan kita. Kalau bisa, usahakan memiliki berat badan ideal. Kondisi berat badan ideal bukan hanya sekedar untuk penampilan semata, tetapi lebih untuk kesehatan kita. 


Baca juga: Kenali Gejala Happy Hypoxia yang Tak Terlihat

Dapatkan sayur-mayur dengan mudah tanpa perlu keluar rumah dari Blibli. Di Blibli, Anda bisa mendapatkan sayuran segar seperti sawi, bayam, kangkung, seledri, brokoli, wortel, jagung, dan masih banyak lagi.

Yuk mulai perbanyak konsumsi makanan sehat dan mulai ubah gaya hidup kita dan keluarga agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi dan penyakit lainnya. 

Tag: