5 Gejala Demam Berdarah Pada Si Kecil yang Wajib Moms Kenali

Moms, mungkin beberapa di antara Moms ada yang mendengar saudara atau relasi yang harus dirawat di rumah sakit karena demam berdarah. Duh, jadi deg-degan sendiri gak sih? Apalagi buat si kecil yang masih belum bisa menceritakan apa yang dirasakan kalau lagi sakit dan tidak menunjukkan gejala yang biasanya dialami orang dewasa.

Agar makin waspada, sebetulnya ada beberapa gejala demam berdarah umum yang bisa dikenali. Gejala biasanya muncul pada hari keempat sampai dua minggu setelah digigit nyamuk yang terinfeksi. Lalu gejala ini biasanya berlangsung 2-7 hari. Simak yuk apa aja gejalanya.

1. Tiba-tiba si kecil demam tinggi sampai 40 derajat celcius, demam berlangsung 1-7 hari lalu menurun

2. Ruam atau bintik merah pada kulit, kulit mudah memar

3. Nyeri otot, sendi, dan tulang

4. Kehilangan nafsu makan

5. Masalah pencernaan, seperti mual, muntah, atau nyeri di perut

Jika si kecil sudah mengalami tanda-tanda di atas, segera bawa si kecil ke dokter. Dokter pasti akan melakukan tes yang lebih lengkap sebelum melakukan diagnosa pada si kecil, dan biasanya si kecil harus dirawat di rumah sakit. Tidak apa-apa Moms, pengobatan yang intensif tentunya akan membuat si kecil lebih cepat pulih.

Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu penyembuhan si kecil jika sudah terlanjur terkena demam berdarah. Mulai dari memastikan si kecil banyak beristirahat, memberi makanan yang bergizi dan mudah ditelan, dan banyak minum untuk mencegah dehidrasi.

Ada istilah yang bilang bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara terbaik yang dilakukan adalah mencegah si kecil dari gigitan nyamuk. Pastikan lingkungan bersih, tidak ada genangan air karena nyamuk mudah berkembang biak di genangan air. Lalu, Moms jangan lupa gerakan 3M: menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.

Agar makin siaga, Moms juga bisa menyediakan paket siaga sakit yang bisa Moms dapatkan di Blibli.com. Beberapa di antaranya adalah produk anti nyamuk Tecnimed, termometer digital Visiofocus dan produk food processor dari Oonew yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan si kecil dengan makanan yang lebih mudah dicerna.

Moms bisa pilih sendiri produk yang paling tepat untuk si kecil dengan langsung klik link di bawah ini.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI PRODUK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DI BLIBLI.COM

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY