Gaya Hijab Dengan Aksen Bohemian yang Trendy dan Unik

Gaya bohemian adalah salah satu tren mode yang nggak pernah mati. Dan kalau bisa dibilang justru tren berpakaian yang sangat tua. Karena gaya ini pertama kali muncul di abad 19, dipakai oleh golongan seniman dan kaum intelektual di Eropa tengah.

Seiring perkembangan zaman, gaya berpakaian yang di majalah-majalah sering diulas dengan istilah boho-chic ini menjadi sangat populer di era 60 dan 70an dan dekat dengan remaja-remaja yang senang bermusik atau bergaul dengan kalangan pemusik. Beberapa ciri khas tren berpakaian satu ini memang dekat dengan karakter artistik yang ekspresif, jadi enggak heran penggemar gaya bohemian didominasi oleh mereka yang berada di lingkup kreatif.

Nah, kamu yang berhijab ingin memadukan aksen bohemian ini pada gayamu sehari-hari? Bisa saja kok, asal tahu harus mulai dari mana. Dan sebenarnya, beberapa karakteristik gaya bohemian sangat cocok dipakai berhijab lho. Apa saja?

SILUET SERBA LONGGAR

Photo by Instagram – @themodist

Gaya bohemian lekat dengan siluet-siluet longgar, yang sebenarnya juga sudah biasa dipakai oleh mereka yang berhijab. Bedanya mungkin, sekarang banyak perempuan berhijab yang lebih cenderung memakai baju terusan ketimbang padu padan atasan dan bawahan. Yang lebih asyik, sebenarnya kamu yang berhijab sekarang dapat memodifikasi gaya beraksen longgar ini menjadi gaya berhijab yang cocok, dengan aksen tumpuk.

Jadi selain blouse-blouse longgar yang sering jadi pilihan utama, kamu bisa saja menggunakan kaos lengan panjang dan ditambah luaran yang lebih bervolume. Jadi, kamu tetap dapat sembunyikan lekuk tubuh yang memang jadi panduan utama saat kamu berkomitmen untuk memakai hijab. Ada alternatif cardigan panjang dan luaran poncho yang bisa kamu cari. Keduanya dapat menutup tubuh dengan sempurna dan menyembunyikan siluet tubuh sekalian.

Untuk padanannya, bila hendak memakai poncho atau cardigan, sebenarnya dengan terusan atau baju sopan lainnya juga oke. Tapi, bila ingin memakai atasan dan bawahan berbeda, maka poncho atau cardigan bisa dipakai dengan blouse, kaos, atau kemeja biasa. Lengkapi penampilanmu kemudian dengan rok berpotongan A-line, atau celana palazzo.

OUTER PONCHO YANG BIKIN TUBUH HANGAT DI KANTOR, BELI DI SINI

MOTIF MERIAH 

Photo by Instagram – @themodist

Karena tren gaya bohemian ini identik dengan segala yang ekspresif, nggak heran kalau bicara motif maka yang bohemian banget adalah motif seperti tribal dan bunga-bunga.  Tribal adalah motif yang bernuansa etnik, sementara motif bunga-bunga bisa muncul di pakaian maupun pada aksesori tambahan seperti scarf leher.

Kalau pernah membaca sejarah gaya bohemian, mungkin akan pernah mendengar istilah “flower power”. Sebuah gerakan sosial di akhir 60an di Amerika yang menentang keterlibatan Amerika di perang Vietnam. Nah, simbol bunga-bunga dari gerakan ini juga menjadi identitas pendukungnya yang banyak merupakan kaum hippie. Dan kaum hippie selalu bergaya bohemian pada prinsipnya. Motif-motif yang mereka pakai bisa hadir dalam warna-warna terang.

Tentu, kalau jaman sekarang kamu ingin memakai motif bunga-bunga di blouse, mungkin padanan celana atau roknya bisa dipilih dalam warna-warna klasik seperti putih, hitam, atau khaki. Hijab kamu bisa kamu senadakan dengan blouse motif bunga yang sedang dipakai. Bahkan boleh saja lho memilih kerudung dengan motif bunga-bunga, dari bordir misalnya.  Supaya semangat bohemiannya berkesinambungan.

BLOUSE MOTIF BUNGA DENGAN AKSEN KERUT MANIS DI PUNDAK, BELI DI SINI

DETAIL

Photo by Instagram – @themodist

Enggak cuma motif dan siluet, gaya bohemian yang meriah juga dapat kita lihat pada aksen di pakaian itu sendiri. Misalnya, di poncho yang kamu pakai ada barisan rumbai-rumbai, atau di blouse motif bunga-bungamu bagian lengannya agak sedikit lebih lebar. Atau justru punya detail-detail ekstra seperti kerut-kerut baik itu kecil  maupun besar. Kadang bahkan kerut kerut itu juga muncul di bagian celana, bila pakaiannya dibuat sepasang.

Jaman sekarang, detail adalah kunci untuk tampil istimewa pada tampilan kita. Jadi bila blouse berlengan lebar kamu sudah cukup ‘nyaring’ detailnya, maka padukan dengan pakaian lain yang lebih kalem.

CARDIGAN MOTIF TRIBAL DENGAN RUMBAI MERIAH, BELI DI SINI


ALAS KAKI

Photo by Instagram – @themodist

Seperti apakah alas kaki yang cocok untuk melengkapi gaya bohemian hijab kamu? Ada beberapa pilihan nih. Bisa kamu sesuaikan dengan jenis kesempatan atau acara yang akan didatangi, ya. Serunya memang, gaya bohemian ini bisa sangat total karena kaum hippie dengan gaya bohemian yang hidup di lingkungan musisi bisa terlihat memakai sepatu boots kulit warna-warni yang tingginya bisa sampai menutupi betis.

Sementara untuk gaya bohemian nan santai, kamu bisa pertimbangkan sepatu jenis moccasin yang terbuat dari bahan kulit lembut, atau bahkan saat memakai dress panjang atau celana berpotongan lebar di bawah kamu bisa pakai sandal bergaya minimalis. Dengan tali yang ikut melingkar di atas mata kaki, misalnya.

SANDAL TALI MINIMALIS YANG COCOK UNTUK BERSANTAI, BELI DI SINI

Nggak susah kan bergaya bohemian, meski kamu memakai hijab. Justru, gaya bohemian punya beberapa kecenderungan yang sama dengan gaya sopan dari gaya berhijab itu sendiri. Siluet longgar, motif bunga-bunga, detail-detail manis sampai alas kaki yang sesuai bisa kamu terapkan pada gaya berhijab dengan nuansa bohemian.

Selanjutnya, kunjungi semua link yang tersedia dalam artikel ini supaya kamu dapat rekomendasi produk apa saja yang wajib dibeli dan terwujudlah gaya hijab dengan nuansa bohemian tadi. Semuanya ada di Blibli.com, ya. Barang 100% original, transaksi pembayaran aman, dan bebas ongkos kirim! Yahud, kan?

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY