Gaya Hidup Minim Sampah Tak Sesulit Itu, Contek Di Sini

Beberapa waktu belakangan, isu lingkungan kembali panas dibicarakan. Terlebih dengan adanya kasus kebakaran hutan di Pulau Sumatera dan Kalimantan, yang disinyalir merupakan akibat dari kelalaian manusia dan regulasi hukum dalam melindungi bumi. Duh, padahal jika lingkungan rusak, kita juga ‘kan yang rugi?

Oleh karena itu, di media sosial pun bermunculan ajakan untuk lebih sadar lingkungan dari hal-hal kecil di keseharian. Salah satunya ialah melalui penerapan gaya hidup minim sampahyang menekankan pada pentingnya mengurangi bahan-bahan yang sulit didaur ulang serta bagaimana sampah tidak diabaikan begitu saja. Ada apalagi? Yuk, cek contoh-contohnya di sini:

Pisahkan sampah sesuai jenis

Sering melihat aturan pemisahan sampah organik dan anorganik di tempat-tempat umum? Nah tak ada salahnya lho untuk melakukannya di rumahmu sendiri! Selain bisa memudahkan proses pembuangan dan pengolahan sampah, kebiasaan ini juga membantu menghindari terjadinya penumpukan sampah.

Tumpukan sampah (terlebih yang tak dipisah sesuai jenis) memiliki risiko yang buruk buat kesehatan kita, mulai dari sarang bakteri dan kuman hingga pencemaran udara. Makanya, sediakan tempat sampah sesuai jenis di rumah mulai dari sekarang ya!

TEMPAT SAMPAH MULTIBIN UNTUK SAMPAH KERING DAN BASAH

Olah sampah rumah tangga sendiri

Tak ada salahnya lho jika kita mengolah sampah sendiri. Terlebih beberapa jenis sampah memang bisa digunakan jadi bahan untuk proses lain yang lebih berguna.

Misalnya sampah organik seperti sayur dan dedaunan, yang jika diolah dengan teknik takakura bisa memberikanmu kompos alami untuk penanaman tanaman dan buah-buahan.

Tinggal beli wadah keranjang, pupuk organik, dan sekam padi, kamu bisa langsung memulai tanpa memerlukan lahan yang luas. Simpel dan bermanfaat!

PUPUK KANDANG ORGANIK UNTUK TANAMAN RUMAHAN

Kurangi penggunaan air minum kemasan

Salah satu riset yang dilakukan oleh para pemerhati lingkungan mengungkapkan bahwa air minum kemasan menjadi salah satu penghasil sampah terbanyak di Indonesia. Terutama, air mineral! Padahal, belum banyak lho botol plastik kemasan yang bisa didaur ulang cepat.

Mulai sekarang, coba deh sediakan satu tumbler khusus untuk membawa air minum ke manapun kamu pergi. Jika khawatir dengan kualitas air yang kamu minum, saat ini banyak kok tersedia mesin penyaring air yang bisa digunakan dengan mudah.

REKOMENDASI FILTER WATER PURIFIER UNTUK AIR MINUM BERKUALITAS

Batasi penggunaan kantong plastik

Sebisa mungkin, hindari penggunaan kantong plastik yang cenderung membutuhkan waktu lama untuk diolah kembali. Sebagai alternatif, selalu sediakan reusable bag setiap kamu bepergian. Saat ini, sudah semakin banyak toko yang menawarkan konsep bulk, alias kamu bisa berbelanja dengan membawa jar maupun kantong belanja sendiri. Lebih seru, dan lebih baik juga bukan untuk lingkungan? Tapi coba diingat kalau gunakan kantong dan wadah yang kamu miliki semaksimal mungkin dan baru diganti ketika sudah rusak dan tidak layak.

REUSABLE BAG PRAKTIS DAN MUAT BANYAK, CEK DI SINI

Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya! Punya tips versimu? Yuk, bagikan di kolom komentar di bawah ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY