Ganti Make Up Tiap Setaun Sekali Biar Gak Bikin Iritasi

Photo via hips.hearstapps.com

Kaum cewek emang identik sama makeup. Gak heran, di meja riasnya aja banyak bener makeup, sampe2 lipstik yang shade-nya mirip aja, ada! Cuma, tau gak, pake makeup tuh gak cuma sekedar milih produk yang bener sama pake teknik yang tepat, tapi juga kudu tau kapan harus ngeganti sama yang baru. Emang apa aja sih? Nih, saya kasih tau produk2 makeup yang kudu banget diganti biarpun belom kadaluarsa. Cussss disimak! 

  • Foundation cair cuma bisa dipake setaun 

Foundation cair punya kadar air yang cukup tinggi, jadi resiko buat bakteri tumbuh juga makin gede. Makanya, produk makeup ini cuma boleh dipake maksimal setahun. Kalo makin lama disimpen, konsistensinya juga makin tebel, yang berarti bakteri udah numpuk di dalem foundation. Biar gak jerawatan sama iritasi kulit, ganti foundation tiap delapan bulan sampe setaun sekali. 

  • Lipstik kudu diganti kalo udah setaun soalnya bakalan ngering 

Biarpun belom kadaluarsa, lipstik kudu banget diganti kalo umurnya udah setaun, soalnya bakalan ngering, terutama lipstik matte. Nah, teksturnya yang kering bakalan bikin lipstik jadi gampang kering dibanding lipstik glossy.

  • Maskara yang gampang buat jadi sarang bakteri 

Produk makeup ajaib yang bisa nyulap bulu mata jadi lebih badai kek Syahrini ini kudu diganti maksimal 6 bulan. Soalnya, teksturnya yang basah dan kondisi dalemnya yang gelap bisa jadi tempat bakteri numbuh, terus bisa bikin iritasi mata. 

  • Eyeliner yang kudu diganti tiap enam bulan sekali biar mata gak infeksi 

Gak cuma maskara, eyeliner juga kudu diganti maksimal enam bulan sekali. Mau yang teksturnya gel atau cair, pokoknya kudu banget nih produk makeup ini diganti biarpun belom kadaluarsa, biar nyegah bakteri tumbuh, trus nanti malah bikin mata jadi infeksi.

  • Concealer cair cuma bisa dipake maksimal setaun 

Concealer yang biasa jadi andelan buat nutupin yang kurang di bagian muka, cuma bisa dipake maksimal setaun. Itu juga yang teksturnya cair. Nah, kalo concealernya bubuk, masa pakenya bisa nyampe dua taun. Cuma, kudu tetep peratiin warna, bau, sama teksturnya. Kalo emang beda dari yang biasa, langsung dibuang aja biar gak bikin kulit iritasi. 

Nah, itu tadi produk2 makeup yang kudu diganti sama yang baru. Jadi, jangan mentang2 belom kadaluarsa, makeup-nya dipake trus2an. Gak mau kan, gegara ceroboh bisa2 malah jadi ngasih efek yang gak bagus ke kulit? 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY