Ganteng Itu Gampang Banget!!! Cuma Perlu Ingat Apa Kata Dokter Ini!

perawatan wajah pria

Banyak yang menganggap remeh, namun perawatan wajah pria adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Bukan hal yang baru muncul belakangan, pria Yunani dan Cina Kuno telah melindungi kulit wajah mereka dengan berbagai produk kesehatan. Sayangnya, terlepas dari tampilan yang lebih oke dan kepercayaan diri yang meningkat, banyak pria masih malas merawat wajah mereka dengan benar.

Kali ini, Blibli Friends ngobrol tentang tips perawatan wajah pria bersama dr. Sara Elise Wijono spesialis kulit dari Klikdokter.com! Apa nasehat sang dokter untuk kamu?

1. Bersihkan wajah dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulitmu!

perawatan wajah pria
Via – Unique Hair Concepts

Sebelum memulai apapun, kamu harus tau dulu tipe kulitmu, dan masalah apa yang ditimbulkan. Jangan sampai sabun muka yang kamu beli tidak sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Kalau kamu sudah tahu jenis sabun muka seperti apa yang sesuai, baru rencanakan jadwal yang rutin mencucinya.

“Gunakan pembersih wajah yang tidak mengeringkan dan memberi rasa kesat pada kulit. Sebaliknya, pilihlah pembersih yang mengandung pelembap, seperti gliserin, vitamin E, minyak zaitun, atau minyak jojoba (baca: hohoba),” kata dokter Elise.

2. Gunakan sunscreen kalau lagi di luar

perawatan wajah pria
Via – The Manual

Perawatan wajah pria ini penting bagi yang sering keluar ruangan. Menggunakan sunscreen yang tepat seperti Biore UV Aqua Rich secara rutin akan membantu kulitmu menjadi lebih lembut dan segar. Kulitmu tidak begitu cepat kusam dan gelap meskipun beraktivitas lama di bawah sinar matahari.

Tabir surya tersedia dalam bentuk losion, krim, atau spray. Gunakan setiap pagi meskipun hari mendung,” tambah sang dokter.

Alasannya, paparan sinar ultraviolet bisa menyebabkan flek hitam, kerutan, kulit kusam, dan berbagai tanda penuaan dini lainnya. American Academy of Dermatology merekomendasikan pemakaian tabir surya dengan SPF minimal 30. Untuk kamu yang sering kena matahari, kamu butuh tabir dengan perlindungan yang lebih komplit, seperti Cetaphil UVA-UVB Defense dengan SPF 50 dengan sun protection.

3. Cegah bakteri yang datang dari kumis dan janggut

perawatan wajah pria
Via – zionspa

Kumis dan janggut berpotensi membawa bakteri dan kuman ke dalam kulit. Kalau nggak sering mencukur bersih, kamu harus rajin membersihkannya!

“Gunakan minyak atau krim pencukur. Ini akan menghindarkan kamu dari luka dan iritasi akibat bercukur. Apabila kulit wajah mengalami iritasi, gunakan pelembap yang mengandung lidah buaya untuk meredakan iritasi tersebut,” ujar dokter Elise.

4. Gunakan produk bebas minyak dan tidak menyumbat pori

perawatan wajah pria
Via – Health Ambition

Nah, ini dia salah satu tantangan tersulit perawatan wajah pria. Untuk menghilangkan jerawat, dokter Elise menyarankan kamu untuk memilih produk yang bebas minyak dan tidak menyumbat pori-porimu.

“Kamu juga perlu menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan yang bisa mengelupas sel-sel kulit mati, membersihkan komedo dari pori,” tambahnya. Sekali-kali memutihkan kulit pakai serum vitamin C juga bagus loh!

5. Jangan mencuci muka dengan air yang terlalu panas

perawatan wajah pria
Via – Greatist

Mencuci muka lebih efektif bekerja. Jangan terlalu panas. “Mencuci muka dengan air yang terlalu panas justru akan membuat wajah kering dan kusam. Gunakanlah air hangat untuk membuka pori-pori kulit, kemudian basuh dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah,” ujarnya.

Nah, itu dia tips perawatan wajah pria yang bisa kamu lakukan. Demi wajah yang sehat (dan ganteng badai), kamu jangan malas ya! Hanya butuh waktu sedikit setiap hari, namun hasilnya bisa kamu rasakan jangka panjang!

Buat kamu yang bingung produk perawatan wajah mana yang cocok denganmu, yuk langsung kunjungi kategori perawatan wajah pria Blibli.com sekarang! Moga makin ganteng ya!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY