me

Gampang, Terapkan Gaya Hidup Zero Waste Mulai dari Rumah

Aug 11, 2020.By Blibli Friends
Bagikan

Photo Via Freepik

Gaya hidup dengan konsep ramah lingkungan sudah menjadi sebuah tren dan mulai diterapkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu gaya hidup ramah lingkungan yaitu zero waste atau bebas sampah.  Gimana caranya bebas sampah?

Konsep zero waste bukan berarti sama sekali tidak menghasilkan sampah. Tetapi sebuah komitmen untuk mengurangi produksi sampah dalam kehidupan sehari-hari.  Sampah yang dikurangi adalah sampah-sampah yang sulit terurai seperti plastik. Sampah yang dihasilkan dalam konsep zero waste tidak selalu berbentuk barang, tetapi bisa juga berupa energi. Intinya bagaimana kamu bisa meminimalkan penggunaan bahan atau material dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, salah satu cara menerapkan gaya hidup zero waste adalah dengan mengganti benda-benda tersebut yang ramah lingkungan. Tidak sulit untuk diterapkan, kamu bisa memulainya dari rumah. Simak beberapa rekomendasi berikut.

Zero Waste di Dapur.

Untuk menerapkan zero waste, paling banyak bisa kamu lakukan di dapur, mulai dari perlengkapan memasak, sampai urusan sampah dapur.

  1. Pergunakan Perlengkapan Dapur Ramah Lingkungan

Buat kamu yang masih menggunakan tempat bumbu yang terbuat dari bahan plastik, saatnya kamu menggantinya dengan tempat bumbu dari Nana Unique Store yang berbahan kayu.  Tidak hanya tempat bumbu, kamu bisa juga bisa explore semua perlengkapan berbahan kayu seperti sendok garpu, mangkok, talenan hingga nampan.

Temukan Produk Ramah Lingkungan Lainnya dari Nana Unique Store 

Spons cuci piring ini terbuat dari bahan alami seperti kain katun, karung goni, bekas kemasan kopi dan sabut kelapa. Kamu bisa beralih ke spon ini karena spon cuci piring yang biasa kita gunakan mengandung serat sintetik dengan campuran plastik.

  1. Pilah Sampah Dapur

Meski menerapkan zero waste bukan berarti tidak ada sampah sama sekali. Kita perlu memaksimalkan sampah yang ada. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memisah sampah dapur organik dan non organik. Selain kamu mempermudah pekerjaan petugas sampah, kamu juga bisa memulai mengkompos sampah organik di rumah

  1. Mulai Mengkompos Sampah Organik Dapur

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak mengerti proses kompos sampah organik, Seller komposter akan memberikan edukasi berupa workshop online dan pembinaan selama 2 minggu.

  1. Tanam Tumbuhan Herbal

Biasanya cuma butuh beberapa helai daun tapi harus beli seikat, sisanya ya membusuk. Nah, Sekarang kamu bisa coba lho untuk bercocok tanam dirumah. Mulai menanam beberapa tanaman herbal seperti daun mint dan rosemary merupakan salah satu aksi untuk menerapkan zero waste. Tidak punya pekarangan, kamu bisa menanam di dalam pot atau menerapkan bercocok tanam ala hidroponik

Baca : Aneka Pilihan Starter Kit Hidroponik

Zero Waste Saat Bepergian

  1. Kantong untuk membawa barang

Saat bepergian ada kalanya kita perlu sebuah kantong untuk memuat beberapa barang. Kantong belanja jaring dengan eco friendly ini bisa menjadi pilihan kamu supaya barang bawaan kamu tidak berantakan.

  1. Wadah Penyimpanan

Menerapkan zero waste dengan membawa bekal atau sekedar cemilan saat bepergian bisa menjadi pilihan kamu. Gunakan kantong silicone yang bisa menyimpan bekal baik yang mengandung cairan maupun makanan kering lainnya.

  1. Perlengkapan Makan dan Minum

Sampah sedotan menjadi sorotan akhir-akhir ini. Kamu bisa memulai dengan selalu membawa peralatan makan dan minum saat bepergian. Seperti sedotan, sendok makan garpu dan botol minum.

Zero Waste di Ruang Keluarga

  1. Gorden 

Bagian rumah yang paling sering di tempati adalah ruang keluarga. Nah, daripada harus menyalakan lampu sepanjang hari, saatnya ruang keluarga kamu menerapkan zero waste dengan menghemat energi. Caranya, ruang keluarga ada baiknya mempunyai pencahayaan yang cukup dari luar dengan beberapa jendela. Percantik jendela kamu dengan gorden putih sehingga pencahayaan cukup.

  1. Handuk Tangan

Di ruang keluarga biasanya tersedia tissue untuk lap tangan. Daripada kamu setiap saat buang sampah tissue, saatnya kamu beralih ke lap tangan yang terbuat dari bahan handuk ini. Handuk tangan yang bisa dicuci setiap saat untuk di pakai ulang.

 Sangat mudah kan untuk menerapkan zero waste dimulai dari rumah?  Yuk,  kita selamatkan bumi ini dengan menerapkan zero waste.

 Temukan Produk Home Living Lainnya 

 

Tag: