Tahun 2016 adalah tahun yang unik untuk dunia game. Banyak game klasik populer yang diperbarui dan melakukan comeback mengagumkan. Ada juga game indie yang memborong sejumlah award prestisius dan menyaingi game triple A.

Mari kita flashback sedikit, apa saja game hits yang cukup fenomenal menyapu tahun 2016? Sudahkah kamu memainkannya? Yuk, simak ulasan singkat 7 game berikut!

1. Dark Souls III

dark-souls

Via – VG247

Bagi para pecinta tantangan dan aksi, sekual ketiga dari seri Dark Souls adalah permainan yang sangat dinantikan. Pasalnya, permainan RPG ini terkenal dengan adegan dan gameplay yang berat, brutal, dan action-packed banget!

Nggak hanya semua musuh memiliki potensi untuk menghancurkanmu, setiap area telah dirancang sedemikian rupa oleh FromSoft untuk jebakan dan tantangan maksimal. Panik sedikit, kamu tinggal mengucapkan bye-bye pada semua souls yang kamu kumpulkan!

Sementara, pemain yang awas, tenang dan memperhatikan lingkungannya dengan seksama akan dihadiahi dengan petunjuk-petunjuk akan jebakan yang mungkin menghadang.

Dari segi cerita, Dark Souls III masih mengikuti storyline pendahulunya. Sekali lagi para pemain akan berperan sebagai seorang undead yang “terpilih”. Sekali lagi juga, pemain bertugas untuk berpartisipasi dalam ritual ‘link the fire’, di mana ia harus membawa para Lords of Cinder ke singgasana mereka.

Meskipun ada banyak lore dan petunjuk cerita yang tersebar di seluruh permainan, plot utama seluruh permainan Dark Souls tetaplah ambigu dan terbuka bagi interpretasi. Apakah Dark Souls III dapat menjawab seluruh pertanyaan lore? Kenapa nggak kamu cek sendiri?

2. Overwatch

overwatch

Via – Business Wire

Overwatch merupakan permainan FPS multiplayer dengan sistem heroes. Setiap heroes juga memiliki kemampuan berbeda dan peran yang berbeda dalam tim.

Inilah alasan yang membuat Overwatch begitu digemari para gamers, terutama yang memiliki konsol PS4. Kalau kamu nggak suka berada di garis depan, kamu bisa mengambil heroes yang memiliki kemampuan menyerang jarak jauh.

Kalau kamu nggak mau terlibat dalam aksi yang high speed, kamu masih bisa berperan sebagai healer. Buat kamu yang suka pembantaian brutal atau bermain tank sepuasnya, pilihan juga tersedia. Intinya, ada banyak heroes yang bisa mengakomodasi gaya permainanmu, apapun itu.

Saking populernya, ketika baru saja diluncurkan banyak sekali cosplayer yang meniru gaya karakter di dalamnya. Bahkan sekarang, komik Overwatch sudah tersedia!

3. Deus Ex: Mankind Divided

deus-ex

Via – Amazon

Kalau kamu belum familiar dengan seri Deus Ex, kamu ketinggalan salah satu action role-playing stealth yang paling legendaris. Berperan sebagai agen Adam Jensen, tugasmu adalah menghentikan berbagai konspirasi dan organisasi kriminal.

Salah satu hal yang paling terkenal dari permainan ini adalah banyaknya pilihan untuk mengarungi area dan menyelesaikan misi. Kamu bisa secara diam-diam menghindari semua musuh dan langsung mengkonfrontasi objective-mu.

Kamu juga bisa melumpuhkan para musuh secara perlahan-lahan. Tapi, kalau kamu nggak suka sembunyi-sembunyi, kamu selalu bisa masuk secara rambo dengan gun blazing di hadapan musuh!

Ingat juga, setiap pilihanmu akan berdampak pada cerita dan cara orang memandang karaktermu. Jadi, jangan buat pilihan yang mungkin akan kamu sesali nantinya.

4. Doom

doom

Via – Digital Trends

Doom yang diluncurkan pada tahun 2016 ini membawa kejayaan game ber-genre action yang sudah ada dari tahun 90-an ke abad 21. Berbeda dengan permainan FPS (first-person shooter) yang umumnya mewajibkan kamu untuk berlindung di balik dinding dan menembak ketika ada kesempatan, Doom menawarkan aksi menghajar monster tanpa batas.

Dalam Doom kamu dituntut untuk selalu bergerak dan selalu menembakkan senjatamu. Bahkan mekanik reload yang amat umum di permainan FPS juga dihilangkan agar aksimu nggak terganggu.

Yang paling menonjol dari game ini adalah audio dan visual yang sangat memuaskan. Suara yang dihasilkan ketika kamu memuntahkan peluru senapan mesin ataupun shotgun terdengar nyaring.

Selain itu, visual feedback berupa darah dan reaksi musuh dijamin membuatmu merasa nggak terkalahkan dalam medan perang virtual yang asli.

5. Battlefield 1

battlefield

Via – VG247

Seri permainan FPS triple A ini sekarang mengambil latar pada zaman Perang Dunia pertama. Sesuai dengan temanya, terdapat sejumlah mekanisme gameplay yang terlihat amat alami dalam perang parit.

Salah satunya adalah penggunaan masker gas yang dapat melindungi pemain dari gas beracun, tetapi membatasi pendengaran dan penglihatan. Selain itu, penggunaan senjata jarak dekat juga dibuat lebih menonjol, seperti keberadaan mekanik bayonet charge.

Untuk pemain single player, Battlefield 1 menyediakan sejumlah campaign dengan berbagai latar — mulai dari serangan di pegunungan Alpen, dogfight antar pilot di angkasa, misi rahasia untuk menghancurkan kereta api di Arabia.

Untuk seru-seruan bareng teman, Battlefield 1 juga pilihan yang nggak akan mengecewakan. Terutama dengan keberadaan mekanik Behemoth. Bila kelompokmu terancam kalah dalam permainan, kamu bisa memanggil sebuah Behemoth yang berupa kapal perang Dreadnought, pesawat Zeppelin, ataupun sebuah kereta api dengan pelat-pelat baja yang dilengkapi oleh berbagai meriam dan senapan mesin berat.

6. Inside

inside

Via – CraveOnline

Inside merupakan permainan puzzle platformer karya Developer indie Playdead. Dalam Inside, kamu akan memainkan seorang anak kecil nggak bernama yang tampaknya tengah dikejar-kejar oleh sekelompok peneliti bersenjata.

Dari segi gameplay, Inside amatlah sederhana. Hanya ada tombol untuk bergerak ke kiri dan kanan, melompat, serta tombol untuk berinteraksi dengan objek (mendorong ataupun menariknya). Puzzle yang ditawarkan oleh Inside, meskipun unik dan nggak monoton, relatif mudah diselesaikan dibandingkan game puzzle lainnya yang hanya bikin frustrasi.

Yang layak menjadi sorotan adalah latar dunia Inside yang begitu misterius dan menimbulkan tanda tanya. Sebenarnya apa tujuan karakter utama ini? Mengapa banyak bangunan yang seakan-akan ditinggalkan begitu saja? Kenapa ada area dengan gravitasi yang seakan-akan terbalik?

Ngomong-ngomong, Playdead juga menyediakan sebuah ending rahasia untuk kamu yang ekstra jeli.

7. Final Fantasy XV

final-fantasy

Via iDigitalTimes

Seri ke-15 dari Final Fantasy (FF) ini baru saja terbit akhir November lalu. Meskipun baru satu bulan luncur, game ber-genre RPG ini sudah menjadi obrolan paling hits, lho!

FF XV kembali hadir dengan sistem party sama seperti pendahulunya. Namun, kali ini combat mechanic memiliki nuansa action yang akan mengingatkan pemain dengan permainan The Witcher III. Bahkan, ada rumor bahwa para staff developer FF diwajibkan untuk memainkan game The Witcher untuk mempelajari combat mechanic-nya.

Dalam combat, kamu akan mengendalikan Noctis si karakter utama, sementara 3 orang kawannya akan dikendalikan komputer. Combat-nya sendiri berjalan dengan lancar dan terdapat sistem QTE (Quick Time Event) dalam melakukan manuver seperti parry.

Para pemain game-game sekelas Guitar Hero atau Audition pasti mengerti konsep QTE ini. QTE adalah sebutan ketika sistem memberikan kamu instruksi-instruksi yang harus kamu ikuti dengan cepat dan tepat.

Permainan FF XV secara keseluruhan akan banyak mencakup penjelajahan di dunia open world. Segala aktivitas sampingan, seperti memancing, fotografi, mengendarai Chocobo, dan lainnya juga akan menemani eksplorasimu.

Nggak hanya untuk pecinta game saja, kalau kamu suka dengan boyband Korea, kamu mungkin bakal suka dengan FF XV. Pakaian yang serba hitam dan penampilan karakter-karakter di sini bisa menggetarkan hati para pecinta boyband Korea.

Apa game favoritmu juga masuk ke daftar di atas? Jangan sampai ketinggalan ya dengan permainan-permainan terbaru. Biar kamu makin update, jangan lupa untuk pre-order Final Fantasy XV untuk Playstation 4-mu. Kalau kamu nggak siap untuk menaruh ratusan jam play time ke FF VX, kamu masih bisa mencari permainan PS 4 lain di Blibli.com.

Dijamin deh, liburan akhir tahun dan tahun barumu nggak akan terbuang sia-sia kalau kamu mencoba game-game di atas!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY