me

Furniture Kayu Dimakan Rayap? Simak Bund, 6 Cara Ampuh Usir Rayap!

Nov 07, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Blibli Friends pasti udah sering kan liat furniture kayu di rumah yang lapuk karena di makan rayap. Agak menyebalkan ya Blibli Friends, karena kita harus mengganti perabotan tersebut. Jadinya membuang-buang biaya banget nggak sih.

Tenang Blibli Friends! Ada caranya lho buat ngusir rayap-rayap nakal sebelum merusak perabotan rumah kamu. Daripada kita berlama-lama, mari langsung aja kita bahas yuk. Check it out!

  • Rutin Menjemur Furnitur Kayu

Rayap paling suka menggerogoti sesuatu yang lembap nih Blibli Friends. Salah satu cara paling mudah mencegah rayap memakan furniture adalah rutin menjemur perabot di bawah matahari ya Blibli Friends. 

Blibli Friends harus pastikan setiap sisi furniture berbahan kayu benar-benar kering dan nggak ada bagian yang lembap ya. Cara ini nggak cuma efektif untuk membasmi rayap kayu tapi juga ngilangin uap lembap di lemari Blibli Friends. 

  • Memberi Jarak Antara Furnitur dengan Dinding

Cara selanjutnya adalah Blibli Friends memberi jarak antara perabot dan dinding. Apalagi, furniture dengan bahan kayu tuh lebih mudah lapuk ketika berdekatan dengan dinding yang lembap.

Kondisi ini bisa membuat uap air juga terperangkap di dalam lemari. Akhirnya, rayap pun akan berdatangan dan memakan bahan kayu dari lemari di rumah. Nah ini dia yang bikin furniture Blibli Friends jadi rusak nih.

  • Hindari Kontak Langsung dengan Lantai Kayu

Selain memberikan jarak antara dinding dengan furnitur, Blibli Friends harus pastikan juga bahwa perabot nggak bersentuhan langsung dengan lantai kayu. Lebih baik gunakan trap dari material besi, yang menjadi jarak antara perabot dan lantai.

Nah, cara ini cukup ampuh untuk mencegah rayap tanah masuk ke dalam dan menggerogoti seluruh perabot kayu di rumah. Bisa bikin furniture kayu kamu juga jadi lebih aman nih, Blibli Friends.

iFURNHOLIC Sabrina Storage Bench - Bangku / Kursi / Sofa Serbaguna - Furniture

  • Membersihkan lemari kayu dengan air cucian beras

Air cucian beras cuma limbah? Eits, jangan langsung membuang air cucian beras begitu saja dong Blibli Friends. Kamu bisa lho menggunakan bekas air cucian untuk membasmi rayap secara alami.

Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup masukan cucian beras pada botol spray, lalu semprotkan pada tempat yang terserang rayap. Inget ya Blibli Friends harus  melakukannya secara berulang agar rayap dapat berkurang secara berkala. Mudah banget kan?

  • Cara Membasmi Rayap Menggunakan Asam Borat

Asam borat atau boric acid adalah zat kimia yang efektif untuk mengusir rayap. Senyawa yang berbentuk cairan ini sangat mudah diaplikasikan. Blibli Friends cuma perlu menyemprotkan pada seluruh sisi lemari pakaian. Hal yang paling penting adalah rutin menyemprotkan cairan ini agar rayap benar-benar hilang dan tidak datang kembali.

  • Menggunakan Jebakan Kardus 

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan memasang jebakan kardus. Jangan dianggap sepele Blibli Friends, cara ini efektif banget dan mudah untuk dilakukan lho.

Kamu cuma perlu membasahi beberapa kardus besar, kemudian letakan pada lokasi sarang rayap. Diamkan selama beberapa jam, sampai seluruh rayap berkumpul dan memakan kardus. Gampang banget kan? 

Setelah itu, Blibli Friends bisa langsung membuang kumpulan rayap-rayap nakal itu dan membakarnya di area terbuka. Cara ini dianggap cukup efektif untuk membuat rayap enggan balik lagi.

Gampang banget kan buat ngusir rayap, Blibli Friends. Cara-cara itu bisa bikin rayap ngibrit deh dari rumah kamu. Sekarang tinggal kamu praktikan deh, semoga berhasil ya Blibli Friends. Sampai jumpa lagi!

CEK FURNITURE CANTIK DI SINI YA!

 

Lihat Rekomendasi Lainnya yang Diberikan Blibli:

  • Zyo Jackson Bookshelf/Lemari Buku (Grey)
Zyo Jackson Bookshelf/Lemari Buku (Grey)

  • Meja lipat portable Kaki Kotak / meja lipat koper HPL / meja lipat serbaguna
Meja lipat portable Kaki Kotak / meja lipat koper HPL / meja lipat serbaguna

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel