Ngomongin soal fotografi dan cara mendapatkan gambar yang bagus nggak hanya berpaku pada kamera, tapi juga pada alat pendukungnya. Salah satu alat pendukung yang menentukan hasil gambar adalah flash kamera.

Untuk sebagian orang, flash hanya digunakan pada lokasi gelap atau saat malam hari saja. Padahal, kenyataannya nggak demikian. Flash bisa digunakan di berbagai kondisi agar gambar yang didapat bisa maksimal.

Untuk mengenal lebih lanjut soal flash kamera, Blibli Friends akan ngobrol sama Fyza Ghaniya, Documentary Researcher National Geographic, yang akan membahas fungsi flash dan cara memilih tipe yang pas buat kebutuhanmu. Yuk, simak selengkapnya!

CARI FLASH KAMERA DENGAN HARGA TERBAIK? INI DIA TEMPATNYA!

Flash itu apa, sih?

flash kamera
Via – Videoblocks

Fyza Gahniya, yang biasa dipanggil Gon, menjelaskan bahwa secara sederhana flash kamera adalah alat pembantu pencahayaan ketika exposure sudah dimaksimalkan namun objek masih terlihat gelap di kamera. Perbedaan penggunaan flash dengan tidak terletak pada manipulasi cahaya yang dihasilkan.

Apabila seorang fotografer tidak menggunakan flash, maka dia perlu menggunakan sumber cahaya alami seperti matahari atau cahaya buatan seperti lampu.

Akan tetapi, jika seorang fotografer menggunakan flash, dia tidak perlu bergantung pada sumber cahaya yang sulit dikendalikan. Pendar cahaya dari flash kamera bisa diandalkan untuk mengambil foto yang berkualitas tinggi.

BUTUH FLASH KAMERA ATAU AKSESORIS LAINNYA? CARI DI SINI AJA!

Penggunaan flash di tempat terang

flash kamera
Via – Pinterest

Dari pengalaman Gon, flash kamera biasanya ia gunakan saat photo stage yang pencahayaannya kurang atau dalam keadaan darurat seperti kecelakaan di tempat gelap atau di jalan setapak yang minim cahaya. Namun, bukan berarti flash nggak bermanfaat di tempat yang terang, ya!

Gon menjelaskan bahwa sebenarnya flash kamera juga bisa diandalkan dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Seperti saat fokus cahaya di rule tertentu diperlukan, misalnya saat akan mengoptimalkan pencahayaan ke wajah model atau memberikan penerangan yang rata pada suatu objek yang backlight.

Makanya, hampir semua fotografer membekali diri dengan flash walaupun harus melakukan pemotretan di siang hari. Sumber cahaya dari flash bisa lebih mudah dikontrol daripada sudut sinar matahari!

BERBAGAI JENIS FLASH KAMERA BISA KAMU TEMUKAN DI BLIBLI.COM

Kesulitan dalam penggunaan flash

flash kamera
Via – Fujilove

Sebagai seorang fotografer, Gon mengatakan bahwa mengoperasikan flash kamera itu nggak susah, tapi juga nggak semudah yang orang awam bayangkan. Tingkat kerumitannya tergantung pada tujuan penggunaan flash.

Penggunaan flash yang paling lazim adalah untuk memberikan penerangan ekstra di tempat yang remang dan gelap. Dalam hal ini, caranya cukup mudah, karena kamu bisa langsung memasang flash dan menjepret kamera ke obyek yang diinginkan.

Tapi, jika kamu mau menggunakan flash untuk melakukan positioning dengan manipulasi cahaya yang fokus ke suatu obyek, tingkat kesulitannya pun berlipat ganda. Misalnya saja, kamu mau melakukan photo product, maka kamu harus memainkan cahaya dan membidik kamera dengan sudut yang tepat untuk menghasilkan foto yang memuaskan.

CARI FLASH YANG MUDAH DIGUNAKAN DENGAN HARGA YANG TERJANGKAU DI SINI!

Cara memilih flash terbaik, terutama untuk para pemula

flash kamera
Via – Thephoblographer

Mengenal flash kamera dan fungsi-fungsinya aja nggak cukup, kamu juga harus mempunyai flash sendiri agar terbiasa menggunakannya. Untuk itu, bagi kamu yang ingin membeli flash, Gon punya beberapa tips nih dalam memilih flash kamera!

Pertama, pastikan jika power flash pilihan sudah cukup mendukung dengan melihat GN atau guide numbernya. GN adalah ukuran untuk menentukan kekuatan flash yang dinyalakan dengan rumus hitungan jarak objek x bukaan diagfragma (f-number). Semakin besar ukuran GN yang dimiliki suatu flash, harganya tentu akan semakin tinggi. GN yang disarankan untuk pemotretan outdoor berada di atas 30.

Kedua, HSS atau High Speed Synchronization-nya bisa naik ke speed tertentu, misalkan 1/160. Ketiga, dilengkapi reflektor dan jika memungkinkan, difuser-nya bisa diganti dengan tissue atau plastik. Keempat, pengisian daya, lebih nyaman jika menggunakan baterai sekali pakai atau baterai biasa agar memudahkan pergantian.

YUK IKUTI TIPS DARI GON DAN TEMUKAN FLASH KEINGINANMU DI SINI


Pemaparan Gon di atas sudah cukup jelas, kan, guys? Kamu sekarang udah tahu apa itu flash kamera, manfaat yang bisa kamu dapat, dan cara memilih jenis flash yang tepat. Jadi, nggak usah bingung lagi ketika butuh manipulasi pencahayaan, sekarang kamu bisa mengandalkan flash untuk dapetin foto terbaik. Biar skill fotografimu makin jago, kamu juga bisa banget lho mencari inspirasi ke Instagram Gon @dkvui.

Tunggu apa lagi? Yuk temukan flash terbaik dengan harga terjangkau di #BlibliSekarang! Pilih flash yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk menghasilkan foto terbaik!

DI SINI TEMPAT YANG PALING PAS BUAT NYARI FLASH KAMERA!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY