me

Rekomendasi Fry Pan Terbaik 2022, Intip Yuk!

Apr 05, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.blibli.com

Fry Pan Terbaik Fry pan, panci penggorengan, atau yang lebih sering disebut dengan wajan merupakan salah satu alat masak yang ada di seluruh rumah di Indonesia. Benar, bukan? Pasalnya kebanyakan orang Indonesia memang suka mengonsumsi masakan yang dibuat dengan cara digoreng. Jadi, nggak heran kalau nggak ada orang Indonesia yang nggak punya panci penggorengan ini. Kamu pasti salah satunya bukan?

Walau namanya panci penggorengan, fry pan ini terbukti juga bisa digunakan untuk teknik memasak lainnya, misalnya menumis atau merebus. Hal ini karena fry pan punya mangkok yang cukup lebar dan dalam untuk melakukan teknik memasak lainnya. Hari gini belum punya fry pan? Duh kamu ketinggalan banget nih. Kalau begitu, simak manfaat dan rekomendasi fry pan terbaik tahun 2022 di bawah ini!

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Air Fryer Terbaik


Manfaat Fry Pan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa fry pan merupakan alat memasak yang pada dasarnya digunakan untuk menggoreng. Sesuai arti dari namanya yaitu panci penggorengan. Fry pan ini memiliki bentuk mangkok penggorengan yang datar, cukup dalam, dan lebar. Namun memang nggak selebar wok atau sedalam sauce pan. Maka dari itu fry pan ini digunakan untuk menggoreng atau menumis.

Banyak orang yang terkadang salah mengartikan fry pan dengan teflon. Hal ini karena bentuk keduanya yang nyaris sama. Aslinya, teflon memiliki sisi-sisi yang sedikit melengkung dan lebih cocok digunakan untuk mendadar. Di sisi lain, sisi-sisi fry pan datar dan memang difungsikan untuk menahan minyak yang ada di dalamnya. Jadi jangan sampai tertukar antara fry pan dengan teflon ya Blibli Friends!

Lantas, apakah fry pan cuma bisa digunakan untuk menggoreng saja? Jawabannya, nggak ya! Pastinya karena fry pan juga bisa kamu gunakan untuk teknik memasak lainnya. Kamu hanya perlu menyesuaikannya karena tinggi mangkok penggorengan pada fry pan ini nggak sedalam itu. Contoh teknik memasak yang bisa dilakukan fry pan adalah menumis, memanggang, blanching, dan lainnya.

Untuk contoh memasaknya sendiri, kamu bisa menumis cah kangkung pada fry pan ini. Kamu juga bisa menggunakan fry pan untuk memanggang daging ayam fillet atau steak. Di sisi lain, kamu juga bisa melakukan blanching atau merendam sayuran hijau sebentar di air mendidih. Namun jangan gunakan fry pan untuk merebus mie ya! Hal ini karena airnya bisa tumpah karena wajannya nggak sedalam itu.

Rekomendasi Produk Fry Pan Terbaik

Setelah mengetahui apa itu fry pan dan manfaatnya, kamu jadi yakin untuk membeli salah satunya bukan? Apalagi kalau kamu memang benar-benar belum memiliki satu pun fry pan di dapur kamu. Nah sebelum membeli fry pan yang kamu butuhkan, kamu harus terlebih dahulu tahu cara memilih produk fry pan terbaik yang ada di pasaran. Dengan begitu kamu nggak akan salah pilih dan menyesal.

Untuk bisa mendapatkan produk fry pan terbaik, kamu harus memerhatikan ketiga hal ini. Pertama, bahan fry pan. Pastikan kamu memilih fry pan yang dibuat dengan bahan yang aman, kuat, anti lengket, dapat menghantarkan panas dengan baik, mudah dibersihkan, dan juga ringan. Walau jarang sekali ada bahan yang memiliki semua kelebihan ini, setidaknya beberapa kelebihan dimiliki bahan tersebut.

Kedua, ukuran fry pan. Pilihlah ukuran fry pan yang sesuai dengan ukuran plate atau piringan kompor kamu. Kalau kamu menggunakan kompor gas, ukuran piringannya berkisar antara 14 cm. Jadi kamu bisa menggunakan fry pan berukuran 14 cm. Namun kalau kamu menggunakan kompor listrik dan semacamnya, sesuaikan ukuran fry pan dengan piringan kompor kamu. Jadi fry pan bisa lebih pas.

Ketiga, pegangan pada fry pan. Produk fry pan di pasaran memiliki pegangan yang berbeda-beda. Ada pegangan kayu, pegangan plastik, pegangan besi, dan lainnya. Pilih pegangan yang sekiranya kuat dan aman karena nggak akan menghantarkan panas. Nah itulah ketiga hal yang harus kamu perhatikan. Namun kalau kamu masih bingung, berikut rekomendasi beberapa produk fry pan terbaik tahun ini.

1. Bolde Super PAN Granite 3+1 pcs Sets

Rekomendasi produk fry pan pertama adalah produk dari Bolde. Fry pan dari Bolde ini dibuat dengan bahan alumunium namun bagian atasnya dilapisi dengan lapisan granite. Lapisan granite sendiri dikenal dapat menghantarkan panas dengan lebih baik merata. Lapisan ini juga anti lengket dan mudah dibersihkan. Jadi nggak heran kalau banyak alat masak yang dilapisi dengan lapisan granite ini.

Nah, fry pan Bolde ini hadir dalam satu set yang berisi 1 fry pan berukuran 22 cm, 1 sauce pan berukuran 18 cm, dan 1 wok pan berukuran 24 cm dengan tutup kaca. Harganya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 558.000 saja per setnya. Ditambah lagi pilihan warna dari Bolde sangat cantik dan juga estetik. Salah satunya adalah pilihan warna beige yang terkesan sederhana, polos, namun tetap cantik dilihat.

2. Oxone Cookware Set 4 + 2 Pcs

Rekomendasi fry pan lainnya hadir dari brand ternama juga yaitu Oxone. Dengan harga mulai dari Rp 900.000 per satu setnya, kamu bakal dapetin enam alat masak sekaligus. Keenam alat masak tersebut adalah fry pan ukuran 20 cm, panci ukuran 24 cm bertutup kaca, panci kecil ukuran 20 cm bertutup kaca, deep pan ukuran 24 cm, saringan ukuran 24 cm, frying net ukuran 14 cm, dan 2 kitchen tool.

Semua alat masak dalam set dari Oxone ini terbuat dari bahan stainless steel. Bahan ini sendiri terkenal ringan, tahan lama, dan juga kuat. Apalagi bahan stainless steel ini dilapisi lagi dengan lapisan teflon anti lengket yang membuatnya nggak mudah lengket dan juga mudah dibersihkan. Jadi penawan set alat masak dari Oxone ini memang patut diacungi jempol dan tentunya kamu lirik ya Blibli Friends!

3. Kangaroo Frypan Set

Rekomendasi fry pan terakhir adalah frypan set dari Kangaroo. Satu set fry pan-nya terdiri dari satu frying pan berukuran 20 cm dan satu frying pan berukuran 24 cm. Harganya juga terjangkau yaitu mulai dari Rp. 276.000-an saja. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa mendapatkan dua ukuran fry pan berbahan dasar alumunium. Bahan ini juga terkenal aman, ringan, kuat, dan tahan lama.

Apalagi kedua fry pan dari Kangaroo ini dilapisi dengan lapisan marble yang sangat berkualitas. Lapisan marble ini terkenal sangat mudah dibersihkan, anti lengket, dapat menghantarkan panas dengan baik, aman, dan lainnya. Bahkan kamu bisa memasak tanpa menggunakan minyak sedikitpun dengan menggunakan fry pan berlapis marble ini.

4. Supra

Rekomendasi fry pan lainnya adalah fry pan Renatta Moeloek Signature Set Pastel 9 Pcs dari Supra. Harganya mulai dari 800 ribuan untuk sembilan buah alat masak sekaligus.

5. Maxim

Selanjutnya, ada fry pan Ultra Pink 2 Pcs Set dari Maxim. Fry pan ini ditawarkan dengan harga sekitar 700 ribuan untuk dua buah alat masak. Kedua alat masak tersebut adalah frying pan ukuran 22 cm dan wok ukuran 30 cm

6. Debellin

Keenam, ada fry pan Absolute Granite Starter Package dari Debellin. Seri fry pan Debellin satu ini dihargai sekitar 9 juta rupiah untuk tiga buah alat masak sekaligus.

7. Vicenza

Rekomendasi fry pan ketujuh adalah Wave Cookware Set dari Vicenza. Seri Vicenza satu ini ditawarkan dengan harga sekitar 900 ribu rupiah.

8. GreenPan

Kedelapan, ada fry pan Queens GreenPan Set H 3 Pcs dari GreenPan. Seri GreenPan satu ini memberikan tiga buah alat masak sekaligus dengan harga 1.3 juta rupiah. Ketiga buah alat masak tersebut adalah frying pan ukuran 28 cm, sauce pan ukuran 16 cm bertutup kaca, dan wok ukuran 28 cm.

9. Minka

Rekomendasi fry pan kesembilan adalah Frying Pan Set Premium Series dari Minka. Seri ini ditawarkan dengan harga mulai dari 700 ribu rupiah. Fry pan-nya dibuat dari bahan alumunium.

10. Intercooc

Terakhir adalah seri fry pan Frying Pan Set dari Intercooc. Seri ini ditawarkan dengan harga sekitar 1 juta rupiah untuk 5 alat masak sekaligus. Kelima alat masak tersebut adalah 2 buah frying pan ukuran 28 cm, frying pan ukuran 20 cm, wok ukuran 27 cm, grill pan ukuran 28 cm, party wok ukuran 28 cm, dan glass lid ukuran 28 cm.


BACA JUGA: Beda Juicer dan Blender, Biar Nggak Ketuker

Dari semua rekomendasi produk fry pan di atas, produk mana yang paling membuat kamu tertarik? Apakah nomor 1 atau nomor 2? Manapun pilihan fry pan-mu, kamu memang harus membelinya secepatnya. Hal ini karena fry pan masuk ke dalam salah satu alat masak dasar yang harus ada di dapur kamu. Jadi kamu bisa mulai memasak masakan favorit kamu secepatnya.