Marischka Pru adalah sosok yang seru, asyik, dan ramah. Tubuhnya mungil, sekilas tak terbayangkan ia semangat menjelajah Indonesia untuk memenuhi hobi jalan-jalannya. Tapi, pandangan itu berubah kala ia ditanya-tanya oleh Tim BBF mengenai selam yang jadi salah satu aktivitas favoritnya. Ia begitu semangat dan antusias menceritakan kesukaan dan pengalamannya menjalani dunia bawah laut Indonesia yang ditekuninya dua tahun belakangan.

Perkenalkan, Marischka Pru yang suka banget sama alam bawah laut Indonesia.
Perkenalkan, Marischka Pru yang suka banget sama alam bawah laut Indonesia.

Tim BBF sengaja menemui Prue di Indonesia Apnea ID Competition (IDAC) 2016, kompetisi freediving yang digelar di Jakarta, awal bulan Oktober ini. Kebetulan Blibli.com juga mendukung acara ini, Friends!

Pru, begitulah ia biasa disapa bercerita bahwa kesukaannya akan freediving muncul saat ia tidak bisa scuba diving di semua tempat yang dijelajahi. Scuba diving, disebutkannya, membutuhkan alat untuk bisa melihat keindahan alam. Nah, freediving menurut Pru bisa jadi salah satu alternatif untuk bisa menikmati alam bawah laut.

SAMSUNG CSC
Pru di Gorontalo, Sulawesi Utara

“Kalo snorkeling kan di permukaan, padahal kadang kan pengen turun. Starting ketertarikannya dari situ,” paparnya.

Pru mengaku mulai mencoba freediving dua tahun lalu saat main-main ke Alor. Di sana, ia bertemu salah satu freediver bernama Agus Hong yang bercerita serunya menikmati laut dengan cara freedive. Ia kemudian mulai mengambil sekolah freediving awal tahun ini untuk menunjukkan keseriusannya.

Menurut Pru, freediving adalah salah satu aktivitas bawah laut yang sangat menantang. Kenapa? Karena orang yang melakukan freediving harus bisa berjuang melawan diri sendiri. Mental dan fisik juga harus benar-benar prima untuk bisa melakukan freediving dengan aman dan nyaman.

Tak Usah Jauh-jauh, Indonesia Sudah Jadi Lokasi Freediving Nomor Yahud!

Raja Ampat, salah satu spot freediving paling oke!
Raja Ampat, salah satu spot freediving paling oke!

Hingga kini, Pru masih menjadikan keindahan bawah laut Indonesia sebagai lokasi favorit freediving. Ia dengan tegas berkata, bahwa Indonesia akan selalu jadi salah satu tempat terbaik lokasi penyelaman di dunia.

“Kalau bicara laut atau pantai, sampai sekarang sih gue yakin Indonesia jadi juaranya ya di dunia. Kita bisa dengan mudah menemukan tempat yang koralnya cantik, terus suhu juga enak banget ya,” jelasnya.

Kecintaannya akan alam bawah laut Indonesia akhirnya mempertemukannya dengan pengalaman yang sangat berharga. Pru bercerita, ia pernah berjumpa dengan whale shark di Gorontalo. Pengalaman ini disebutnya sebagai majestic experience.

“Jadi waktu itu masih awal belajar, tapi lumayan lah udah dapet ilmunya. Jadi pas ketemu whale shark udah bisa turun dan mendekat. Liat dan ngikutin whale shark dari bawah. Bayangkan! Binatang yang lebih besar dari kopaja di sebelah kita dan mereka tuh gentle banget,” serunya.

Rekomendasi Lokasi Freediving Favorit Pru

Sebagai orang yang suka banget jalan-jalan dan menyelam, tentunya ia sudah punya list lokasi yang seru banget. Ia bahkan sudah pernah berjumpa dengan Manta Rays yang lebih besar dari Manta kebanyakan saat melakukan penyelaman di Pulau Komodo. Hmm, di mana ya lokasi yang paling pas buat freediving menurut Pru. Ini dia list-nya!

1. Banda Neira, Ambon

SAMSUNG CSC

Banda Neira bisa ditempuh satu jam dari Ambon. Menurut Pru, di situ ada palung terdalam di Indonesia. Menantang banget buat freedive!

2. Pulau Menjangan, Bali

Sebenarnya Pulau Menjangan bisa dijadikan opsi yang mudah untuk snorkeling, tapi bisa juga buat freediving.

3. Pulau Alor, NTT

DCIM102GOPRO

Alor punya air yang sangat bening, koral yang cantik, padat, dan kaya.

4. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pru di Gua Haji Mangku, Derawan

Derawan adalah lokasi yang terkenal banget sama penyunya. Selain itu, kalau kamu memilih untuk snorkeling, ada Barracuda yang bisa dilihat.

5. Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat

Misool, salah satu lokasi favorit Pru.
Misool, salah satu lokasi favorit Pru.

“Misol itu di Raja Ampat selatan dan view-nya bener-bener luar biasa. Pemandangan luar lautnya juga luar biasa. Kayak nonton set film Hollywood gitu kali ya,” jelas Pru. Selain itu, Misool juga punya jajaran pulau karang yang megah, setinggi gedung, dan bentuknya yang bermacam-macam.

Itu dia kisah Pru dan rekomendasi lokasi buat kamu yang mau nyoba freediving. Ya, sekilas olahraga ini emang menantang banget, tapi justru di situlah serunya! Orang yang ingin mencoba freediving memang harus belajar dengan serius agar bisa menjalankan kegiatan seru ini dengan aman dan nyaman.

Bukan berarti freediving jadi penyelaman tanpa alat ya. Tetap ada alat yang harus dikenakan dan jadi standar operasinya seperti pakaian selam, kacamata, dan fin.

Buat kamu yang lagi mau belajar freediving dan pengen punya alat-alatnya, Blibli.com menyediakan beberapa di antaranya nih! Satu lagi, pengalaman seru seperti freediving akan sayang kalau tidak dibagikan pada teman-temanmu. Keindahan alam Indonesia selalu seru untuk dibagikan. Makanya, selalu bawa kamera bawah air yang mendukung aktivitas serumu itu!

Foto: Dokumentasi Marischka Prudence


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY