Beda Tempat, Beda Pula Kameranya, Ini 4 Tips yang Kamu Perlu Tahu untuk Memilih Kamera Terbaik untuk Wisata Alam

foto wisata alam

Sebentar lagi tahun baru, nih! Kamu ada rencana untuk liburan ke tempat wisata alam? Itu artinya ini saatnya untuk menghasilkan foto wisata alam terbaik! Selain skill fotografi, kamu juga harus selektif dalam memilih kamera yang digunakan.

Gimana ya memilih kamera terbaik untuk dibawa pergi wisata alam agar hasilnya nggak mengecewakan? Kali ini, Blibli Friends berkesempatan untuk ngobrol asyik dengan seorang fotografer handal, Andika Oky Arisandi (@okyarisandi) yang telah berpengalaman hunting foto di lingkungan alam dan mengabadikan foto human interest selama lebih dari 3 tahun, tentang gimana caranya memilih kamera terbaik untuk wisata alam. Check this out!

KLIK DI SINI UNTUK KOLEKSI LENGKAP KAMERA UNTUK WISATA ALAM

1. Pilih kamera yang tepat

foto wisata alam
Via – Vietnambeachweddings

Untuk menghasilkan foto wisata alam yang megah dan unk, pria yang akrab disapa Oky ini menyarankan agar kamu memilih kamera yang tepat. Maksudnya adalah kamera yang bisa kamu gunakan sesuai dengan keahlianmu. Jika kamu masih amatir dalam penggunaan kamera, gunakanlah kamera level beginner, jika sudah merasa mampu atau jago kamu bisa pilih kamera level pro dengan teknik penggunaan yang lebih tinggi.

Blibli.com punya deretan kamera terbaik yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlian dan kebutuhan wisatamu. Misalnya, Fujifilm X-T20 yang bisa kamu pertimbangkan sebagai kamera pemula untuk berwisata alam.

CEK PENAWARAN SPESIAL UNTUK KAMERA PILIHANMU, YUK

2. Gunakan lensa yang sesuai dengan objek yang hendak dipotret

foto wisata alam

Selain kamera, untuk mengabadikan pemandangan wisata alam, Oky menyarankan untuk menggunakan lensa wide. Hal ini dikarenakan karena objek yang akan dipotret adalah bidang yang luas.

“Bisa gunakan lensa mulai dari 14 mm, 24 mm, atau 28 mm dengan focal length di bawah 85,” terang fotografer yang juga berprofesi sebagai guru ini.

Tapi sah-sah saja kok, jika kamu ingin bereksperimen dengan jenis lensa lainnya, mulai dari lensa wide hingga lensa tele.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN LENSA SESUAI KEBUTUHANMU

3. Memotret dalam kondisi cuaca ekstrem? Pilih kamera yang waterproof!

foto wisata alamJika kamu pergi ke area alam dengan cuaca yang cukup ekstrem, seperti sering turun hujan pilihlah kamera yang waterproof, atau bisa juga menggunakan pelindung kamera dan tas kamera khusus yang tahan air.

Selain itu, kalau pergi ke tempat lembap, Oky juga menyarankan untuk menggunakan silica gel agar kameramu nggak mudah berjamur.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN KAMERA WATERPROOF UNTUK KEBUTUHAN WISATA ALAM

4. Jeli melihat kondisi dan maksimalkan penggunaan kamera untuk hasil terbaik

foto wisata alam
Via – PhotograFeed

Tips terakhir dalam memilih kamera agar hasil foto wisata alam kamu bisa sesuai keinginan adalah dengan memastikan fungsi kamera selalu dalam kondisi baik. Jeli melihat kondisi, komposisi, posisi, dan imajinasi.

Oky juga menambahkan, agar hasilnya maksimal, pastikan kamu juga menguasai teknik mengoperasikan kamera dengan baik. Kamu bisa belajar melalui kursus, mengikuti workshop atau belajar langsung dengan yang ahli.

KLIK DI SINI UNTUK KOLEKSI KAMERA LENGKAP UNTUK WISATA ALAM


Memilih kamera terbaik untuk menghasilkan foto wisata alam yang ciamik ternyata bukan lagi perkara sulit kalau kamu sudah mengikuti panduan di atas, guys! Mumpung liburan akhir tahunnya masih sebulan lagi, yuk #BliBliSekarang kamera terbaik pilihanmu! Banyak pilihan kamera yang bisa kamu beli, mulai dari kamera Instax Mini, Mirrorless, Action Camera, hingga DSLR.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN KAMERA WISATA ALAM TERBAIK

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY