Kamera polaroid atau kamera instan kini kembali booming, terutama untuk mengabadikan momen-momen liburan. Kamera jenis ini banyak dipilih karena kamu bisa langsung melihat hasil jepretanmu dicetak saat itu juga. Di sisi lain, mengambil foto dengan kamera ini menjadi tantangan tersendiri, karena kamu nggak bisa mengedit atau mengatur setting kamera dengan leluasa seperti pada kamera digital.

Karena itulah, kamu wajib banget bisa menguasai beberapa tips yang ada di bawah ini supaya hasil foto-foto polaroidmu makin kelihatan aesthetic. Yuk segera disimak!

INTIP DULU PROMO TERBARU BLIBLI.COM DI SINI

1. Manfaatkan pencahayaan natural

kamera polaroid
Via – Sarah Michiko

Ketika mengambil foto dengan kamera polaroid, kamu nggak bisa leluasa mengatur ISO atau shutter speed, tapi bukan berarti kamu nggak bisa mengakalinya. Kamera polaroid akan menghasilkan foto yang lebih baik dengan bantuan pencahayaan natural, apalagi di siang hari.

Jika kamu menginginkan hasil foto yang lebih remang-remang, kamu bisa memilih sore atau senja dengan warna langit yang mulai menggelap. Jangan takut bereksperimen dengan cahaya matahari, karena dengan sering berlatih, nggak ada lagi deh, hasil foto yang terlalu gelap!

CEK KAMERA INSTAX MINION YANG LUCU BANGET DI SINI

2. Tentukan angle berbeda

kamera polaroid
Via – The Verge

Salah satu hal yang membedakan fotografer profesional dan amatir adalah sudut pandang atau angle yang mereka gunakan. Semakin ahli menentukan angle, maka semakin bagus pula jepretan foto yang mereka hasilkan.

Nah, siapa bilang kamu nggak bisa berlatih? Justru dengan berkreasi dengan kamera polaroid, kamu bisa menentukan angle unik dan menarik. Misalnya, ketika semua orang sedang tergila-gila dengan konsep flat lay yang mengambil foto dari bird view, mungkin kamu bisa memfoto makanan dari angle yang lain seperti dari sudut meja. Tentunya hasil cetakannya pun akan lebih bervariasi, sehingga kamu bisa belajar menentukan sudut pandang kritis sebagai seorang fotografer.

KLIK DI SINI UNTUK BELI KAMERA POCKET LEICA

3. Bermain dengan properti foto

kamera polaroid
Via – Jeans and Roses

Supaya hasil fotomu bisa terlihat estetik, jangan terpaku pada satu subyek saja. Serunya fotografi adalah kamu bisa belajar memadu-padankan berbagai barang dalam satu tema yang sama untuk memberikan spotlight pada subyek utama.

Misalnya, ketika kamu mau menggunakan kamera polaroid untuk memfoto buku favoritmu, jangan biarkan bidang di sekitar buku terlihat polos. Sebaliknya, coba berkreasi dengan beberapa properti foto yang bisa mendukung buku, seperti kacamata, mug yang lucu, jam tangan, atau karpet bulu putih yang bisa menjadi alas foto.

Sebelum menjepret dengan kamera, intip dulu layout yang kamu inginkan dari balik lensa. Kalau kamu sudah menemukan komposisi yang pas, baru deh kamu capture! Dengan begitu, hasil foto polaroidmu pun dijamin akan terlihat lebih hidup!

YUK BELI KARPET PUTIH YANG BISA JADI PROPERTI FOTOMU DI SINI

4. Tonjolkan portrait dengan warna kontras

kamera polaroid
Via – Licorne Magazine

Hasil foto pada kamera polaroid biasanya memiliki kadar kontras yang tinggi. Artinya, kamera polaroid-mu bekerja secara optimal ketika kamu berani memadukan kontras antara subyek dan latar belakang.

Misalnya, jika kamu sedang memakai baju putih, usahakan jangan berfoto di depan latar belakang dinding putih, karena hasil foto akan sangat terang dan terlihat tidak jelas. Jadi, kamu harus kreatif mencari latar belakang untuk fotomu. Dengan latar belakang warna-warni seperti hitam, kuning, bata merah, atau laut biru, hasil foto-foto polaroidmu akan terlihat lebih keren, lho!

YUK BELI INSTAX PAPER UNTUK PERSEDIAANMU

5. Tangkap momen candid

kamera polaroid
Via – Youtube

Selfie is sooo last year. Dengan kamera polaroid yang bisa langsung mencetak hasil foto, ngapain kamu buang-buang Instax paper hanya untuk selfie?

Justru momen-momen candid-lah yang harusnya menjadi subyek utama ketika kamu berfoto dengan kamera polaroid, sehingga hasilnya pun terlihat alami dan memiliki kesan personal yang lebih dalam dibandingkan pose yang dibuat-buat. Jadi, di liburan berikutnya, kamu bisa coba menangkap momen candid ketika teman-teman lagi tertawa bahagia atau ketika kamu lagi menceburkan diri ke kolam, pasti hasilnya akan lebih kelihatan aesthetic!

LIHAT DI SINI POLAROID CUBE BUAT ACTION CAM KAMU

6. Sering eksplorasi tempat baru

kamera polaroid
Via – Video Blocks

Kalau udah belajar tips-tipsnya, kamu juga harus lebih sering untuk eksplorasi ke tempat-tempat baru. Dengan begitu, kamu jadi bisa langsung mengaplikasikan tips-tips ini ke dunia nyata. Sayang banget kan kalo udah punya kamera polaroid tapi dinganggurin terus di rumah? Apalagi, dengan berpergian ke tempat-tempat baru, kamu juga akan mendapatkan foto dengan sudut pandang yang lebih menarik dan unik!

Ajak temen-temen kamu untuk pergi ke festival atau pasar malem yang lagi mampir ke kota kamu. Atau coba kunjungi pantai, gunung, museum, atau bahkan taman yang ada di sekitar rumah. Pastinya kamu akan bertemu dengan obyek foto yang nggak gitu-gitu aja!

BELI INSTAX LUCU BENTUK HELLO KITTY YUK

7. Have fun dengan Instax paper bermotif

kamera polaroid
Via – The Verge

Tips terakhir untuk bikin foto terlihat aesthetic dari kamera polaroid adalah dengan berkreasi menggunakan Instax paper dengan berbagai motif yang unik dan lucu. Kalau kamu bosen sama pigura foto putih minimalis ala polaroid, kamu bebas ganti Instax paper-nya sesuai dengan selera kamu, lho!

Sekarang, ada banyak banget isian Instax yang bisa dibeli, mulai dari motif Minion, rainbow, Hello Kitty, Gudetama, sampai ke monokrom yang terlihat artsy. Tinggal pilih deh yang paling kamu suka!

KLIK DI SINI UNTUK BELI INSTAX PAPER RAINBOW


Wah, ternyata mendapatkan hasil foto bagus dari kamera polaroid itu gampang-gampang susah ya, guys! Tapi jangan khawatir, kalau kamu mengikuti tips-tips yang ada di atas, pastinya hasil fotomu akan semakin kelihatan aesthetic untuk dipajang di kamar ataupun dompet.

Nah, supaya kamu makin semangat, kamu bisa dapetin semua aksesoris kamera polaroidmu di Blibli.com, seperti case transparan yang melindungi kameramu, atau Instax paper supaya kamu bisa menjepret lebih banyak foto!

Makanya, yuk langsung aja #BlibliSekarang dan dapetin semua kebutuhanmu dengan harga terjangkau!

CEK KATALOG LENGKAP KAMERA POLAROID DI BLIBLI.COM

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY