7 Fakta Menarik Sepatu Sneakers Yang Wajib Kamu Tahu

Siapa yang tidak suka dengan sepatu sneakers? Selain nyaman dikenakan, belakangan alas kaki jenis ini menjadi tren mode yang digandrungi. Buat kamu yang suka sneakers, ada berapa fakta menarik dan unik yang bisa kamu kulik lho. Ini dia 7 di antaranya:

Sepatu sneakers sudah ada dari abad ke-19

Pada tahun 1830, Liverpool Rubber Company menciptakan sepatu kanvas bersol karet yang dinamakan Plimsolls. Sepatu jenis ini ditujukan sebagai sepatu untuk liburan ke pantai atau saat musim panas. Bentuknya saat itu masih tak biasa, bagian kanan dan kirinya tampak sama. Baru pada awal abad ke-20, perusahaan US Rubber Company menyempurnakan desain sneakers hingga menyerupai tampilannya yang sekarang.

Asal nama “Sneakers”

Via Stocksnap

Penamaan “sneakers” konon merujuk pada karakter sepatunya yang tidak berbunyi ketika pemakainya melangkah. Seakan-akan pemakainya bisa diam-diam pergi (sneak) tanpa diketahui orang-orang di sekitarnya. Ini berbeda sekali dengan sepatu bersol kayu yang umum dikenakan masa itu dan selalu menghasilkan bunyi ketika pemakainya tengah melangkah.

Populer lewat olahraga basket

Via Stocksnap

Salah satu label sneakers tertua di Amerika Serikat, Converse, dahulu memfokuskan strategi marketingnya lewat olahraga basket. Mereka bahkan mempekerjakan Chuck Taylor, pemain basket terkenal masa itu, sebagai brand ambassador-nya. Belakangan, keduanya bahkan berkolaborasi untuk menciptakan koleksi khusus Converse Chuck Taylor, yang hingga saat ini masih menjadi salah satu sepatu sneakers yang digemari.

Persaingan kakak beradik

Via procaffenation

Dua bersaudara asal Jerman, Adolf dan Rudolf Dassler, awalnya memulai usaha sepatu sneakers di ruang cuci rumah keluarganya tahun 1920-an. Setelah perang dunia kedua, keduanya memutuskan berpisah dan membuka label sneakers masing-masing. Adolf mengusung label Adidas, dan Rudolf menciptakan label Puma. Hingga sekarang, persaingan kedua label ini di berbagai lini masih kerap berlangsung.

Populer lewat ranah musik dan film

Via Stocksnap

Sepatu sneakers mulai menjadi bagian dari tren mode sejak dekade ’50-an. Pada masa itu, aktor James Dean terlihat mengenakan koleksi sneakers Jack Purcell pada sebuah pemotretan majalah. Akhirnya, citra sneakers mulai berubah, bukan sekadar sepatu olahraga saja. Pada dekade ’80-an, giliran musik hip-hop yang diidentikkan dengan perkembangan tren sneakers. Beberapa musisi berkolaborasi dengan label sneakers ternama pada masa itu. Run DMC misalnya kerap berkolaborasi dengan Adidas, Beastie Boys juga bekerja sama dengan Nike Air Force I.

Sepatu sneakers termahal di dunia

Via Hypebeast

Menurut artikel dari situs Complex.com, koleksi Undefeated x Nike Kobe 1 Protro Purple menjadi salah satu sneakers termahal di tahun 2018 silam. Koleksi berjumlah terbatas ini dibanderol dengan harga $ 5,150.

Neoprene, bahan sneakers yang trendi dan tahan banting

Salah satu material yang kerap digunakan dalam koleksi sneakers adalah neoprene. Bahan karet sintetis ini dikenal karena karakternya yang fleksibel dan kuat. Neoprene mulai digunakan dalam pembuatan sneakers sejak dekade ’90-an. Bahannya yang lebih ringan dan mengikuti bentuk kaki tersebut sangat mendukung kenyamanan pengguna sneakers ketika beraktivitas.

Kamu bisa mencari berbagai koleksi sneakers di kategori Fashion Pria Blibli.com. Temukan berbagai sneakers mulai dari Airwalk, Converse, Vans, hingga produk lokal seperti Brodo yang bisa dibeli dengan cicilan 0% dan gratis ongkir!

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOLEKSI SNEAKERS PRIA DI BLIBLI.COM

Semoga fakta menarik tadi bisa bikin kamu bersemangat mengoleksi sneakers. Sudah berapa banyak koleksimu?

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY