Fakta Palung Mariana, Dasar Laut Paling Dalam

Palung Mariana
Image Source: www.scientificamerican.com

Lautan menyimpan begitu banyak misteri. Jika gunung memiliki puncak tertinggi, maka lautan punya dasar laut yang terdalam. Di manakah itu? Palung Mariana jawabannya. Puncak tertinggi di dunia adalah Gunung Everest dan sudah ada ribuan pendaki yang berhasil ke sana. Namun, hanya ada dua penyelam yang pernah mencapai dasar Palung Mariana. Mari kita pelajari lebih dalam tentang palung di lautan ini. 


Baca juga: Pulau Sempu, Laut yang Tersembunyi di Malang

Apa Itu Palung Mariana?

Palung Mariana
Image Source: www.scientificamerican.com

Palung Mariana berada 200 km di timur kepulauan Mariana. Nah, jarak antara permukaan laut dan titik terdalam palung yang disebut Challenger Deep, adalah sekitar 11 km. 

Kedalaman palung ini pertama kali diukur pada tahun 1875, oleh kapal Inggris bernama H.M.S. Challenger, sebagai bagian dari pelayaran oseanografi global yang pertama. Para ilmuwan The Challenger mencatat kedalaman palung sekitar lima mil atau delapan kilometer, dengan menggunakan sounding rope

Lalu, pada tahun 1951, kapal Inggris H.M.S. Challenger II kembali ke area tersebut, dengan membawa alat echo-sounder atau gema suara. Kemudian, mereka mengukur kedalaman palung yang tercatat sedalam 7 mil atau 11 km.

Sebagian besar wilayah Palung ini merupakan zona yang dilindungi. Sehingga wilayah ini menjadi bagian dari Monumen Nasional Kelautan Palung Mariana atau Mariana Trench Marine National Monument. Monumen ini direalisasikan oleh Presiden George W. Bush pada tahun 2009. 

Proses Terbentuknya Palung Mariana

palung mariana
Image Source: https://www.suara.com/

Palung ini berbentuk seperti huruf V, yang membentang dengan panjang 2.550 km, dan lebarnya 63 m, mulai dari Pasifik sampai timur pulau Mariana. Menurut Wikipedia, Palung ini terbentuk kurang lebih 180 juta tahun yang lalu. Setelah adanya tabrakan dahsyat antara lempengan Filipina dan lempeng tektonik Pasifik. Akibat tabrakan tersebut, terciptalah suatu titik dengan lapisan. Di mana, lapisannya tersebut jatuh ke dalam lapisan mantel bumi.

Daftar Rekor Penyelam yang Berhasil Menyelam Palung Mariana

Image Source: BBC

Karena kedalamannya yang ekstrem, Palung Mariana gelap gulita dan suhunya hanya beberapa derajat di atas titik beku. Tekanan airnya pun begitu besar. Hanya pernah sekali, penyelam berhasil mencapai kedalaman ini. Pada tahun 1960, Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut Don Walsh, menyelam bersama kapal selam Angkatan Laut Amerika bernama Trieste. 

Setelah turun menyelam selama lima jam, dua orang tersebut hanya menghabiskan waktu 20 menit di dasar palung. Mereka pun tidak berhasil mengambil foto, karena adanya lumpur yang bercampur air dan menghalangi pandangan. Tapi, Piccard sempat sekilas melihat ikan berbentuk pipih yang sepertinya adalah flatfish, dan dia jadi merasa yakin kalau mungkin ada kehidupan di dasar palung tersebut.

Fakta Unik Palung Mariana

palung
Image Source: Aquanetviet

Keunikan Palung ini adalah kedalaman dan tekanannya. Jika kamu membandingkannya, maka perbandingan tersebut terasa mencengangkan. Sekarang kita lihat perbandingannya dengan Gunung Everest. Kalau misalnya Gunung Everest dijatuhkan di dasar Palung ini, maka masih ada jarak 1,6 km dari puncak gunungnya ke permukaan air laut. Berarti, palungnya sedalam itu, Blibli Friends.

Sementara, tekanan air di dasar Palung Mariana adalah sebesar 1.086 bar atau 8 ton per inci persegi. Perbandingannya, tekanan seberat ini bisa diibaratkan seperti 50 unit pesawat jet terbesar di dunia. Atau sama seperti 1.600 gajah Afrika yang ditumpuk. Tekanan seberat itu, bisa dibayangkan, nggak? Hebat, ya, penyelam yang pernah menyelam ke sana. 


Baca juga: Wisata Pulau Komodo dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Itu tadi sekilas tentang Palung Mariana. Jika ada kesempatan buat menyelam ke sana, berani, nggak? Nah, buat kamu yang hobi menyelam, beli dulu semua perlengkapan menyelam di Blibli. Ada semua perlengkapan menyelam yang kamu cari. Banyak promo dan diskon juga! Yuk, belanja sekarang. 

Temukan Perlengkapan Menyelam Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY