Fakta Masker Kain yang Boleh Digunakan Orang Sehat

Selain hand sanitizer, masker juga menjadi salah satu produk yang begitu diburu oleh masyarakat. Banyaknya peminat dari kedua produk tersebut membuatnya begitu langkah dan sulit untuk ditemukan. Jikalau ada, harga dari masker antivirus tersebut dibandrol dengan harga yang terbilang cukup mahal. Terlebih lagi untuk masker kesehatan, masker sensi dan juga masker N95. Adanya peningkatan harga yang sangat signifikan tersebut merupakan olah dari para oknum yang ingin memanfaatkan keadaan dan mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Bahkan, banyak orang yang menjual satu box masker kesehatan dengan harga hingga ratusan atau bahkan jutaan rupiah, lho.

Sulitnya mendapatkan masker mulut membuat banyak orang mulai berinisiatif dengan memproduksi masker kain. Masker yang terbuat dari bahan kain ini tentu dibandrol dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis masker lainnya. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang lebih tertarik menggunakan masker kain dibandingkan dengan jenis masker lainnya. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli jenis masker yang satu ini, yuk intip apa saja fakta menarik yang bisa kamu temukan dalam masker kain:

Dapat Menahan Droplet

Meski tidak seefektif dari masker kesehatan lainnya, namun penggunaan dari masker kain tetap dapat menahan droplet dengan baik. Hal tersebut tentu menunjukkan bahwa fungsi dari masker kain ini tidak jauh berbeda dengan masker kesehatan. Droplet sendiri merupakan cipratan air ludah yang keluar akibat batuk atau bersih. Dengan demikian, penggunaan masker kain dapat juga meminimalisir penyebaran virus COVID-19 melalui droplet.

Mudah Ditemukan

Dibandingkan dengan jenis masker yang lain, kamu bisa dengan mudah mendapatkan masker kain. Pasalnya, banyak para penjahit atau bahkan ibu rumah tangga yang mulai menjual masker satu ini. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan masker kain ini terbilang sangat mudah. Bagi kamu yang kesulitan mendapatkan secara offline, telah banyak tersedia masker kain di berbagai toko online. Kamu pun bisa membeli masker kain harga terjangkau hanya dengan duduk manis di rumah. Proses pembuatannya yang mudah, membuat masker kain dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Masker kain sendiri bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja, lho.

Praktis Dapat Dicuci

Sama halnya dengan masker kesehatan, kamu perlu menggantinya setiap kali selesai menggunakan masker kain. Namun, masker kain tersebut tidak harus kamu buang, namun bisa kamu cuci. Proses mencuci masker kain sebaiknya kamu lakukan setiap hari setiap kali selesai menggunakan masker kain tersebut. Masker kain yang dicuci baru bisa kamu gunakan kembali setelah benar-benar kering, ya. Menggunakan masker kain dalam kondisi belum kering hanya akan membuat virus mudah menempel.

Banyak Motif dan Warna

Masker Kain

Tidak hanya dibandrol dengan harga yang murah dan terjangkau, masker kain juga hadir dengan berbagai macam pilihan motif. Mulai dari masker kain polos hingga terdapat motif cantik di dalamnya. Banyaknya pilihan motif ini akan membuat kamu semakin percaya diri setiap kali beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan masker. Kamu pun kini bisa menyesuaikan motif masker kain sesuai dengan penampilan kamu. Apabila motif bunga dapat menjadi pilihan terbaik untuk para wanita. Para pria pun dapat tetap menggunakan masker kain dengan motif polos agar tidak mencolok.

Berdasarkan berbagai macam fakta menarik yang telah disebutkan di atas, sekarang tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker kain. Dengan menggunakna masker kain, kita telah memberikan kesempatan para petugas medis untuk menggunakan masker kesehatan yang semestinya. Yuk beli masker kain sekarang sebagai alternatif masker untuk lindungi diri kamu dari penyebaran virus corona!

Yunita Dwi: Loves to run, sing, eat, and joget Korea.