Si Anggun Kucing Sphynx walau Tanpa Bulu

kucing sphynx

Di Indonesia, kucing jadi hewan yang paling populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Meski kamu nggak memeliharanya di rumah, bisa dipastikan Blibli Friends akan menemui hewan satu ini setiap hari. Ya, kucing memang jadi hewan yang sering berlalu lalang di jalanan, apalagi di tempat makan yang menjual ayam dan ikan sebagai lauk utamanya.

Selain kucing kampung yang sering kamu jumpai di jalanan, ada juga lho ras kucing yang harganya mahal, salah satunya adalah kucing Sphynx. Ras satu ini disebut-sebut memiliki harga yang lebih mahal dari sebuah sepeda motor baru, lho. 

Sejak Raditya Dika sering membuat konten vlog bersama Ping (kucing Sphynx kesayangannya), banyak masyarakat Indonesia yang mulai tertarik untuk memelihara kucing mahal ini tanpa peduli harganya yang mahal.


Baca juga: Jangan Panik Dulu, Cek Penyebab Kucing Muntah

Sejarah Kucing Sphynx

kucing sphynxKucing ini pertama kali ditemukan di Kanada pada tahun 1960. Di mana muncul sepasang kucing lokal berbulu pendek yang menghasilkan anak-anak kucing tanpa bulu. Fenomena inilah kemudian melahirkan program pengembangbiakan kucing tanpa bulu. Kucing lokal asal Kanada tersebut merupakan bebek moyang dari ras kucing Sphynx yang kini populer.

Bulunya yang minim tentu jadi ciri khas kucing ini dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Sedangkan untuk ukuran badannya sendiri terbilang cukup sedang, dengan postur tegap, dada lebar dan bentuk bulat pada bagian perut. Uniknya lagi, kucing ini memiliki bentuk kepala segitunya dengan tulang pipi yang menonjol. Bagian tekinya terbilang lebar dan berdiri tegak.

Dibanding kaki belakang, kaki depan sphynx terlihat lebih pendek dan ramping. Bagian ekornya cukup panjang dan memiliki bentuk menyerupai cambuk. Jika diperhatikan, sedikit bulu tipis pada bagian ekornya mirip dengan ekor singa.

Jenis Ras Sphynx

Kucing ini memiliki jenis ras lainnya yang juga unik satu sama lain. Setiap rasnya juga memiliki harga yang berbeda. Biar kamu nggak bingung, intip apa saja jenis ras Sphynx berikut.

  • Kucing Sphynx

Ras kucing ini yang pertama muncul di Kanada pada tahun 1960-an lalu. Nggak jarang 6ant menyebut kucing ini dengan sebutan kucing gundul. Ada kucing Sphynx yang memiliki harga lebih mahal dari sebuah motor baru, lho.

  • Kucing Don Sphynx

Setelah kucing Sphynx populer pada tahun 1960-an, selanjutnya muncul ras kucing Don Sphynx pada tahun 1987-an. Kucing ini juga biasa disebut dengan Don Hairless atau Donskoy. Nama Donskoy diambil dari salah satu kota di Rusia saat kucing ras ini pertama kali ditemukan.

  • Kucing Peterbald

Image Source: cermati.com

Tahun 1993 terjadi kawin silang antara kucing Don Sphynx dengan kucing oriental. Melalui kawin silang ini, kembali muncul ras kucing Sphynx yang baru, yakni kucing Peterbald. Dibanding ras lain, kucing Peterbald memiliki pesona yang lebih unggul. Jadi nggak heran, jika ras ini memiliki harga yang paling mahal. Bahkan, senilai Rp 70 jutaan, lho. Fantastik, bukan?

  • Kucing Elf

Image Source: myanimal.com

Kalau ras kucing ini, muncul melalui proses kawin silang dari Kucing Sphynx dan kucing American Curl. Proses kawin silang tersebut menghasilkan kucing Elf yang memiliki telinga seperti American Curl dan bulu seperti kucing Sphynx. Harganya pun 11 12 dengan kucing Sphynx.

  • Kucing Dwelf

kucing sphynx
Image Source: cats.lovetoknow.com

Nggak tanggung-tanggung, munculnya ras baru kucing Dwelf merupakan hasil dari kawin silang beberapa ras kucing lho, yakni kucing Sphynx, kucing American Curl, dan kucing Munchkin. Bisa dibayangkan, betapa uniknya kucing satu ini.

Selain beberapa ras yang telah disebutkan di atas, masih banyak ras kucing Sphynx lainnya yang bisa kamu temukan.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Memelihara Kucing Sphynx

Merawat kucing Sphynx bisa dibilang gampang-gampang susah. Akan jadi lebih mudah, jika kamu sudah tahu bagaimana karakteristik dari kucing ini. Sebaliknya, jadi susah jika kamu bingung harus mempersiapkan apa. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan jika kamu ingin memelihara kucing Sphynx.

  • Asupan Makanan

Kamu tentu harus memperhatikan asupan makanan dari hewan peliharaanmu. Dengan mengetahui apa saja makanan yang baik, kucing kesayangan ini bisa tumbuh dengan sehat, lho. Makanan nggak menyehatkan seperti makanan basi tentu harus kamu jauhkan dari kucing peliharaan. 

Sayang dong jika kucing seharga motor baru ini jadi mudah sakit. Bisa jadi kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan karena harus membawanya ke rumah sakit. Selain menjaga asupan makanannya, pastikan juga jika tempat makan kucing kamu terjaga kebersihannya. Makanan yang sehat dan bergizi jadi sia-sia jika tempat makan kucing kotor. 

  • Beri Susu

Susu formula jadi hal yang wajib kamu siapkan jika memutuskan untuk memelihara kucing Sphynx, khususnya jika kamu memelihara anak kucing Sphynx yang masih kecil. Mengapa? Karena asupan gizi pada susu bisa membuat kucing ini tumbuh dengan lebih sehat. Kucing kamu jadi lebih kenyang dan nggak mudah kelaparan. Jika tak ada susu dari induknya, pastikan kamu memiliki susu formula, ya.

  • Beri Vitamin

Selain susu, nggak ada salahnya juga jika kamu memberikan vitamin tambahan khusus kucing. Selain membuat kucing lebih sehat, vitamin juga bisa meningkatkan nafsu makan kucing kamu, lho. Membeli vitamin kini juga bisa lebih mudah, selain ada di pet shop, kamu juga bisa membelinya secara online.

  • Berikan Vaksin

Kucing ini sebaiknya diberi vaksin setiap satu atau dua bulan sekali. Pemberian vaksin ini memang nggak cuma berlaku pada kucing ini saja, namun pada setiap hewan peliharaan. Vaksin bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing, sehingga nggak mudah sakit.

  • Siapkan Tempat Layak

Sebagai kucing rumahan, kamu perlu menyiapkan tempat yang layak untuk kucing kesayanganmu. Jika memungkinkan, nggak ada salahnya jika kamu menyiapkan ruangan khusus sebagai rumah kucing. Pastikan ruangan khusus atau kandang yang kamu siapkan sudah nyaman untuk membuat kucing merasa hangat. Meksi sudah memiliki ruangan sendiri, jangan lupa tetap berikan perhatian penuh pada kucing Sphynx kamu.

  • Siapkan Shampo yang Cocok

Meski sepele, namun memilih shampo yang cocok juga jadi hal yang sangat penting, lho. Apalagi, kucing ini memang harus rutin dimandikan. Dengan dimandikan secara rutin, kotoran atau deny yang menempel di kucing jadi mudah hilang. Kucing pun jadi lebih sehat dan terhindar dari virus bahaya yang menyebabkan sakit.

Fakta Unik Kucing Sphynx

kucing sphynxBagaimana? Kamu tertarik untuk memelihara kucing minim bulu ini? Intip dulu fakta unik kucing Sphynx, agar kamu lebih mengenali karakternya sebelum memeliharanya.

  • Banyak yang Mengira dari Mesir

Dari namanya, banyak orang yang mengira jika kucing Sphynx berasal dari Mesir, lho. Mungkin Blibli Friends juga salah satunya? Seperti sejarah yang telah diulas di atas, kucing ini berasal dari Kanada dan sudah ditemukan sejak tahun 1960-an. Memang kata Sphynx mirip dengan kosa kata populer dari Mesir.

  • Awalnya Disebut Canadian Hairless

Sebelum populer disebut dengan kucing Sphynx, kucing minim bulu ini memiliki nama Canadian Hairless, sebutan yang sesuai dengan jumlah bulunya yang memang minim. Kabarnya kucing dengan bulu minim ini muncul akibat mutasi genetik. Kalau sekarang, Sphynx yang biasa kamu temukan merupakan hasil selective breeding antara kucing bulu normal dengan kucing tanpa bulu.

  • Nggak Sepenuhnya Tak Berbulu

Jika diperhatikan dari jauh atau lewat foto, kucing ini memang terlihat tak memiliki bulu sama sekali. Namun, faktanya hal ini nggak 100% benar. Sphynx juga masih ditumbuhi bulu-bulu halus, lho. Jadi, nggak sepenuhnya botak seperti orang kebanyakan orang kira. Bulu-bulu halus pada Sphynx biasanya akan kamu temukan di area sekitar kaki, ekor, dan telinga. Nggak percaya? Coba perhatikan lagi dengan lebih detail.

  • Punya Banyak Variasi Warna

Bulu tipis yang dimiliki Sphynx memiliki warna yang berbeda-beda, lho. Beberapa warna dasar Sphynx seperti warna hitam, putih, merah muda, cokelat,dan lavender. Setiap warnanya juga memiliki efek yang berbeda, seperti efek solid, bicolor, tricolor, dan tortoiseshell.

  • Harus Sering Mandi

Minim bulu jadi perawatannya mudah dong? Salah besar. Tahukah kamu jika kucing ini harus sering mandi, lho. Sebaiknya Sphynx mandi dua hari sekali atau minimal tiga hari sekali. Hal ini dikarenakan kulitnya yang cenderung berminyak. Minyak yang dibiarkan menumpuk ini bisa membuat kucing kesayanganmu berbau nggak sedap. Jangan sampai rumah kamu ikut kotor hanya karena malas memandikan kucing ini, ya?

  • Lebih Cocok Jadi Kucing Rumahan

Sama seperti manusia, kucing Sphynx juga butuh ketahanan. Bulunya yang minim membuat ras kucing ini lebih rentan kedinginan. Jadinya, Sphynx memang lebih cocok jadi kucing rumahan. 

  • Kulitnya Mudah Terbakar

Terlalu sering terkena sinar matahari juga bisa membuat kulitnya jadi terbakar, lho. Terlepas dari itu, membiarkan Sphynx sering berkeliaran, bisa jadi sasaran empuk dari orang tak bertanggung jawab. 

  • Rentan Menimbulkan Alergi

Meski memiliki bulu yang minim dibandingkan dengan ras kucing lain, bukan berarti Sphynx nggak akan menimbulkan reaksi alergi pada kamu yang alergi bulu kucing, lho. Jadi, nggak ada jaminan pasti jika alergi kamu akan baik-baik saja. 

  • Temperatur Tubuh Lebih Tinggi dari Kucing Biasa

Kucing ini memang bisa mudah kedinginan karena minim bulu. Tapi terlepas dari itu, temperatur tubuh kucing ini tetap lebih tinggi dibandingkan kucing pada umumnya. Hal inilah yang membuat Sphynx bisa lebih mudah beradaptasi untuk membuat tubuhnya tetap hangat. Namun, tetap perhatikan suhu tubuhnya dan jangan biarkan ia kedinginan.

  • Suka Minta Perhatian

Wajahnya yang tampak begitu garang, berbanding terbalik dengan sifat aslinya, lho. Siapa sangka, ras kucing ini begitu suka mencari perhatian. Sphynx akan suka bersosialisasi dan ramah pada siapapun. Bahkan, dia bisa sangat ramah pada seekor anjing, lho. Sifatnya yang suka minta perhatian ini membuat kamu harus sering menggendong dan mengajaknya bermain, ya!

Setelah mengetahui fakta uniknya, kini bisa dipastikan jika kamu sudah mengenal kucing Sphynx dengan baik. Nggak ada lagi alasan untuk ragu dalam merawat ras kucing ini. Meski bulunya minim, bukan berarti perawatannya jadi simpel, ya.


Baca juga: Simak Cara Memandikan Kucing Tanpa Bikin Dia Stres

Untuk lebih memudahkan Blibli Friend dalam merawat kucing Sphynx , berbagai peralatan kucing bisa dengan mudah kamu temukan secara online di laman Blibli. Mulai dari satu paket tempat makan kucing, bathing tool, pengering bulu hewan, obat, hingga mainan kucing. Cukup buka satu aplikasi, semua peralatan kucing yang kamu butuhkan langsung tersedia, Friends!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY