Fakta Komodo: Kadal Terbesar di Dunia!

sumber: pixabay.com

Bagi Blibli Friends yang begitu aktif di media sosial, tentu kamu sudah melihat foto komodo yang berhadap-hadapan dengan sebuah truk, kan? Nggak butuh waktu lama, foto ini langsung viral dan menjadi trending topic. Bahkan, hashtag #savekomodo juga langsung meramaikan linimasa media sosial. Beberapa netizen menganggap bahwa sangat disayangkan jika habitat komodo terganggu akan sebuah pembangunan. Yuk simak beberapa fakta komodo yang jarang diketahui agar semakin paham nih tentang hewan yang satu ini.

Pasalnya, Taman Nasional Komodo masuk ke dalam daftar warisan dunia yang patut dijaga. Hanya di tempat inilah wisatawan bisa melihat komodo secara langsung. Nggak heran, jika Taman Nasional Komodo kerap ramai dikunjungi para wisatawan. Biar kamu lebih kenal dengan hewan langka satu ini, yuk intip apa saja fakta menarik komodo.

______________________________________

  • Kadal Terbesar

    sumber: pixabay.com

Ukurannya yang sangat besar membuat komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia. Bahkan, kadal dewasa bisa memiliki panjang hingga 3 meter, lho. Bisa dibayangkan betapa kecilnya ukuran tubuh kamu jika berdiri dekat hewan satu ini. Ukurannya yang besar juga akan berbanding lurus dengan bobotnya yang besar. Kabarnya, spesies kadal terbesar ini mencapai bibir 166 kilogram.

  • Memiliki Bisa Mematikan

    sumber: pixabay.com

Percaya nggak percaya, air liur komodo bisa membunuh seekor kerbau besar hanya dalam satu gigitan, lho. Hal inilah yang semakin memperkuat statement yang mengatakan bisa komodo mematikan. Meski gigitan komodo tampak kecil, namun bisanya mampu melumpuhkan dalam sekejap. Mengingat kebuasan hewan ini, jangan sekali-kali kamu berdiri dekat komodo tanpa dampingan pawangnya, ya! Kecuali kalau Blibli Friends emang pengin menguji nyali.

  • Menjadi Ganas Saat Lapar

    sumber: pixabay.com

Sistem pencernaan komodo terbilang sangat lambat, dia bisa makan satu kali hanya dalam waktu sebulan. Hal ini terjadi jika komodo baru saja memangsa hewan dengan ukuran yang sangat besar. Namun, saat sedang kelaparan, komodo bisa menjadi hewan kanibal yang sangatlah buas. Mereka nggak akan segan-segan memakan spesies sejenisnya saat benar-benar lapar. Bahkan, mereka juga bisa membunuh bayi komodo yang baru saja lahir. Wah, sangat buas, ya?

  • Bayi Komodo Bersembunyi dari Orang Tuanya

    sumber: pixabay.com

Masih berhubungan dengan fakta sebelumnya yang mengatakan komodo sangat buas saat lapar. Hal ini membuat para bayi komodo memilih untuk bersembunyi dari orang tua mereka. Berbeda dengan komodo dewasa yang hanya bisa berada di tanah, bayi komodo bisa dengan mudah memanjat ke atas pohon dan bersembunyi di sana. Selain pohon, mereka seringkali bersembunyi di dalam tumpukan kotorannya sendiri. Kamuflase menjadi kotoran ini membuat bau tubuh bayi komodo tersamarkan dari komodo dewasa.

  • Berkembang Biak

    sumber: pixabay.com

Siapa sangka, komodo betina bisa berkembang biak tanpa bantuan dari komodo jantan. Melalui proses yang disebut partenogenesis ini, komodo betina bisa tetap bertelur sendirinya. Proses berkembang biak ini membuat komodo betina bisa hidup sendiri tanpa dampingan dari komodo jantan. Sekalipun tak berjumpa dengan komodo jangan seumur hidup, hal itu bukan persoalan yang besar.

______________________________________

Itu tadi lima fakta unik komodo yang sangatlah mengejutkan. Banyak keunikan komodo yang bahkan nggak sama dengan hewan buas lainnya. Setelah mengetahui kelima fakta tersebut, Blibli Friends tentu semakin tertarik untuk melihat komodo secara langsung, kan?

CARI PAKET WISATA PULAU KOMODO SEKARANG DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY