Dunia bisnis selalu berkembang mengikuti zaman, salah satunya adalah dengan pengaplikasian teknologi Artificial Inteligence yang ada di dalam bisnis sebuah perusahaan. Artificial Inteligence adalah kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Di beberapa negara maju sudah menerapkan teknologi ini di dalam bisnisnya, di salah satu toko offline yang biasanya dilayani oleh beberapa staf, maka dengan adanya teknologi Artificial Inteligence ini, staf tidak lagi dibutuhkan untuk melayani kebutuhan sehari-hari. Produk-produk yang tersedia sudah tertera barcode, ketika kita ingin membeli cukup scan QR code yang ada dengan menggunakan smartphone. Bayangkan jika sistem tersebut sudah banyak diterapakan, pasti di banyak perusahaan maka akan ada banyak staf-staf yang kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa bertahan di zaman yang terus berkembang ini? Berikut adalah empat aspek skill dan kompetensi yang mesti kita kembangkan menurut Dr. Sandy Wahyudi (DSW) yang penulis dapatkan dari media komunitas, Connect Leader Community pada sesi Roadshow Surabaya The Big Start Indonesia 3:

1. Problem Solving

Tidak sepenuhnya mesin bisa menyelesaikan semua masalah dan persoalan-persoalan tertentu, problem solving adalah sebuah mindset yang membawa seseorang berpikir positif untuk mencari jalan keluar dari permasalahan, yang tidak bisa diselesaikan sepenuhnya oleh mesin. Maka dari itu, perbanyaklah pengalaman dalam bekerja.

2. Kreatif

Kalian tahu kan, kalau sistem tidak dapat bekerja sendiri secara kreatif? Karena bagaimanapun manusia-lah yang membuat sebuah sistem menjadi kreatif, sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan juga agar pekerjaan kita menjadi lebih cepat. Kreativitas akan menjadi skill yang paling dibutuhkan di dalam industri.

3. Kecerdasan Emosional

Selain kreatif, kecerdasan emosional juga diperlukan, karena teknologi yang dibuat manusia tidaklah memiliki emosi atau perasaan. Karena melalui kecerdasan emosional, manusia dapat beriteraksi secara positif satu dengan yang lain, dan bisa berprestasi secara individu maupun tim. Hal ini bisa menimbulkaan kepekaan, untuk membantu manusia dalam memutuskan sesuatu.

4. Negosiasi

Skill Negosiasi menjadi sangat penting untuk dilakukan banyak pihak agar bisa membangun relasi dan mendirikan sebuah jaringan kerja. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif agar maksud yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik, juga masuk dalam ranah negosiasi. Walaupun sudah ada sistem Artificial Intelligence, namun peranan manusia masih dibutuhkan untuk proses negosiasi yang sifatnya rasional, bukan transaksional.

Nah, itulah beberapa aspek terpenting skill dan kompetensi yang mesti kita kembangkan agar kalian agar bertahan dan bersaing dengan perkembangan zaman. Jadi, ayo Friends, mulai sekarang kita memperdalam kemampuan dan skill agar tidak kalah sama mesin!

Buat kamu pengusaha kreatif yang mau mendapatkan dasar kemampuan di atas, kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 dari Blibli.com wajib kamu ikuti! Dapatkan kesempatan untuk memenangkan total hadiah 1,1 miliar rupiah, kesempatan untuk masuk dalam webseries The Big Start Indonesia Season 3, dan mentoring langsung dari dewan juri yang sudah menguasai bidangnya!

KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR THE BIG START INDONESIA SEASON 3

Text by: Syahrul Kamal

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY