me

Ekonomi yang Lemah Bikin Pemerintah Gak Nerapin Lockdown

Jul 16, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Photo via pexels.com

Makin hari kasus ama kematian gara-gara Covid-19 makin naek aja angkanya di Indo. Supaya penyebaran virus bisa dikendaliin, tiap negara pastinya punya kebijakan sendiri buat nanganinnya. Pemerintah Indo, khususnya di Jawa dan Bali, udah nerapin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 ampe 20 Juli.

Tujuan PPKM darurat ini sebenernya sama aja ama lockdown, buat ningkatin ketaatan masyarakat ama prokes. Tempat yang bisa nimbulin kerumunan dan gak esensial ditutup kek sekolah, kampus, mal, objek wisata, dan lain-lain. Paling yang buka supermarket ama kedai makanan ato minuman. Itu juga cuma take away doang gak boleh makan di tempat. Pokoknya sekarang jadi serba online. Belanja online, belajar online, ampe nonton konser pun online

Kantor non esensial juga kudu nerapin WFH 100% buat karyawannya. Kalo gak nerapin WFH, perusahan bakal disidak ama pak gubernur. Ngeri gak tuh? Orang-orang pada disuruh stay at home alias gak keluar rumah kalo gak penting-penting banget. Jadi, jangan ngarep dibolehin nongki-nongki cantik hehehe.

Terus, kenapa sih gak nerapin kebijakan lockdown kek negara-negara lain padahal kasus Covid-19 udah tinggi banget? Pertama, instruksi buat nerapin lockdown itu ada di pemerintah pusat. Kalo pemerintah pusat gak ngijinin lockdown, pemerintah daerah gak bakal bisa mutusin gitu aja karena mereka juga nurutin aturan dari pusat.

Kedua, pemerintah pusat pastinya punya pertimbangan sendiri. Alesan utama gak diterapin lockdown adalah karena ekonomi Indo lemah. Misalnya jadi lockdown total, kegiatan masyarakat bakal bener-bener dibatesin dan gak boleh keluar rumah samsek. Gimana mau dapet duit coba? Karena gak semua kerjaan bisa dilakuin di rumah depan laptop, contohnya abang ojol dan pedagang.

Kalo kegiatan ekonomi nurun, pendapatan masyarakat juga makin dikit. Bujet pemerintah gak cukup buat ngebiayain semua orang. Kesimpulannya, lockdown bisa matiin ekonomi Indo. Maklum lah, kita kan gak kaya kek negara-negara maju laennya huhuhu.

Itulah kenapa diterapin PPKM, biar virus bisa diatasin dan ekonomi tetep jalan. PPKM emang gak seketat lockdown, tapi esensinya sama. Sebenernya apa pun kebijakannya, yang penting tuh diri kita, mau gak matuhin prokes dan vaksin? Kalo pada nurut dan gak bandel, ya nih virus bakalan bisa cepet ilang. 

Ngejaga kesehatan badan di masa pandemi gini juga wajib. Biasain berjemur, makan makanan bergizi, minum vitamin C, pake masker, dan cuci tangan yang bersih pake sabun buat ngindarin virus. Makin sehat dan ketat ngejaga badan, imun bakal makin kuat, dan gak gampang keinfeksi Covid-19.

Tag: