Perkembangan teknologi memang memungkinkan banyak orang untuk mencari uang dan barang lebih praktis. Dari kebutuhan sehari-hari sampai barang mewah. Dari kelas kakap sampai premium, semuanya tersedia!

Walaupun begitu, nggak semua toko online menawarkan harga yang sama. Bahkan lebih parahnya, ada beberapa toko online yang lihai menipu, lho. Apalagi kalau tokonya menjual barang seperti gadget yang spesifikasi dan jargonnya bisa memusingkan. Hasilnya, banyak yang bekerja beli gadget secara online cukup rawan.

Nah, kalau sudah begini kan mau belanja online pun malah jadi ragu. Sangat disayangkan bukan kalau kepraktisan belanja online terlihat nggak aman? Padahal, di luar sana banyak toko online yang cukup kredibel dan jujur dalam menjual.

Yuk, lebih baik pelajari tips-tips berikut agar lebih bijak dalam membeli gadget secara online.

1. Cari toko online yang ramai dibincangkan

online-shop

Via Moewius

Kalau memang kendala utama belanja online adalah takut ditipu, kamu bisa mengatasinya dengan mengunjungi situs toko online yang ramai dibincangkan. Daripada membeli melalui situs yang keren tapi ternyat abal-abal, lebih baik cek langsung toko online terpercaya.

Cari di Google tentang yang mana yang ramai dan rekomendasikan. Nggak mungkin review yang banyak itu menipu. Namanya juga sesama pembeli. Lebih baik lagi kalau kamu melakukan pembelian melalui toko online yang khusus bergerak di bidang teknologi.

2. Cek spesifikasi gadget secara teliti

spesifikasi

Via wtpsg.com

Sebelum kamu sembarangan membeli gadget, sangat disarankan untuk mengecek spesifikasi dari gadget yang ingin kamu beli.

Alasannya cukup sederhana, berbeda dari toko biasa, kamu nggak bisa mencoba atau bahkan menyentuh gadget target. Jadi, kamu nggak bisa tahu apakah kamu puas dengan UI (rancangan dan tampilan antarmuka) dan UX (pengalaman pengunaan) dari gadget tersebut.

Banyak kok situs reviewer terpercaya yang memberikan spesifikasi berbagai gadget secara lengkap. Contohnya, GSMArena dan PhoneArena untuk gadget smartphone dan tablet.

Pada ulasan Big Wish sebelumnya, kita sudah membahas tentang 10 smartphone Android terbaik di tahun 2016 ini. Penasaran? Cek langsung saja  <<link BW sebelumnya>>.

3. Bandingkan gadget dengan tipe yang lain

bandingkan

Via Techguru

Sebelum kamu terlalu naksir dengan gadget pilihan kamu, ada baiknya biarkan hati tetap terbuka untuk pilihan lain.

Sediakan seenggaknya tiga sampai lima gadget alternatif yang menjadi pilihan kamu. Setelah itu, kamu bisa mengecek spesifikasi lengkap dari semua pilihanmu dan membandingkannya dengan gadget pilihan pertama.

Kalau gadget awal tetap menjadi pilihan akhir kamu, maka kamu dijamin akan puas dengan gadget yang akan kamu beli, terlepas dari kekurangannya.

Dengan membandingkan berbagai alternatif, kamu bisa melihat secara adil apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan gadget pilihan kamu. Tapi ingat! Supaya adil, pastikan gadget yang kamu bandingkan mempunyai jangkauan harga yang mirip, ya.


BACA JUGA Hobi Belanja Online? Gak Salah Kok! Simak Dulu Tips Ini


4. Bandingkan harganya dengan toko online lain

bandingkan-harga

Via Pinshape

Setelah kamu menemukan gadget yang menjadi pilihan kamu, jangan langsung terlena untuk mengeluarkan uang. Ada satu langkah perbandingan lagi yang harus kamu lakukan.

Jangan pernah lupa untuk membandingkan harga dengan situs toko online terpercaya lainnya. Nggak ada salahnya kok kamu terlalu berhati-hati.

Karena harga gadget yang lumayan tinggi, pastikan juga kamu sudah menghitung semuanya termasuk ongkos kirim dan hopefully, diskon.

5. Cek review dan tanya teman-teman

cek-review

Via PlumbingPerspective

Tips selanjutnya setelah kamu sudah selesai menentukan semuanya, kamu harus meyakinkan diri kamu kalau gadget tersebut nggak akan mengecewakan.

Caranya gampang, kamu pasti tahu kalau kuasa mulut bisa merubah segalanya? Begitu pula kasusnya dengan membeli gadget. Nggak ada salahnya mencari-cari opini ketiga.

Opini ketiga bisa kamu dapatkan melalui pendapat dari teman kamu sendiri, atau dari feedback yang ditampilkan di situs toko online tersebut.

Selain itu, kalau kamu ingin pendapat mengenai gadget yang lebih credible, coba saja kunjungi situs-situs gadget review yang nge-top. Intinya, yakinkan diri kamu sendiri kalau gadget, spesifikasi, serta keunggulan dan kekurangannya bisa kamu terima.

6. Belanja melalui komputer sendiri

komputer-sendiri

Via LangoneBatson

Hal ini mungkin adalah tips terpenting ketika belanja online terlepas dari barangnya. Usahakan untuk selalu melakukan transaksi melalui komputer atau smartphone kamu sendiri.

Kenapa? Sederhana saja, maraknya penipuan toko online juga menandai maraknya perampokan identitas. Kamu pasti tahu dong kalau di komputer ada yang namanya history dan cache? Kedua fitur browser komputer ini mencatat dan mengingat detil dari data-data kamu.

Jadi, kalau kamu kurang berhati-hati menggunakan komputer untuk melakukan transaksi, mungkin pengguna komputer setelah kamu akan mengetahui identitas kartu dan data diri kamu.

Pokoknya, kamu nggak pernah ingin hal ini menimpa kamu. Apalagi ketika kamu sehabis berbelanja barang dengan harga yang cukup tinggi seperti gadget. Kamu bisa langsung dikira orang berduit yang bisa diperas. Hati-hati ya guys!

7. Cari gadget yang masih punya garansi

garansi

Via Motherboard.vice

Walaupun kamu sudah mendapatkan gadget pilihan, toko online pilihan, serta review yang baik, kamu nggak boleh melupakan hal tambahan yang satu ini.

Garansi! Ya, usahakan untuk membeli produk gadget yang masih mempunyai garansi valid. Kalau bisa, usahakan untuk menghindari produk yang nggak punya garansi sama sekali.

Bayangkan kalau skenario terburuk datang, misalkan gadget kamu rusak di masa awal-awal, kamu bisa langsung membawa ke toko gadget dengan menunjukkan garansi. Voila!Gadget pun akan dibetulkan secara cuma-cuma.

Dengan tujuh tips ini, kamu bisa mengurangi kemungkinan terburuk berbelanja gadget favorit kamu. Bagi kamu yang masih kebingungan dalam tahap membandingkan harga di berbagai toko online, kamu bisa mengunjungi Blibli.com, lho.

Tunggu apa lagi?! Yuk, langsung serbu saja gadget-nya!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY