Dongkrak Penjualan UMKM Galeri Indonesia dengan Promosi SMS

Bagi para pemegang ponsel apa pun, pintar maupun featured, terhubung dengan internet atau tidak, SMS tetap jadi jembatan penghubung koneksinya, selain suara atau voice call.

Oleh karena itu, metode pemasaran produk dengan SMS masih relevan digunakan dan terbilang hemat biaya. Data membuktikan, pesan teks lebih sering dibuka atau dilihat oleh para pengguna ponsel. Nah, ini dia tips-tips pemasaran dengan menggunakan pesan singkat alias SMS, untuk mendongkrak penjualan:

MENJANGKAU SEMUA KALANGAN

Ponsel tipe apa pun, di seluruh dunia, dapat menerima pesan teks. Jadi, jika UMKM Galeri Indonesia ingin mengirimkan pesan promosi dengan cakupan demografi luas, simpulkan tawaran terbaik Anda ke dalam 160 karakter dan sebarkan melalui SMS.

Yang patut dicatat, SMS tidak memerlukan koneksi internet dan perangkat ponsel tak hanya smartphone.

INTEGRASI PROMOSI TOKO ONLINE UMKM GALERI INDONESIA DENGAN KAMPANYE SMS

Dalam SMS dapat dicantumkan tautan/ URL/alamat web atau langsung ke produk toko online UMKM Galeri Indonesia. Ini yang disebut mengintegrasikan promosi eCommerce dengan kampanye SMS. Sebagian besar SMS akan dilihat oleh para pengguna dan Anda akan mendapatkan exposure dari sana. Otomatis, produk atau toko online UMKM Galeri Indonesia pun akan semakin dikenal masyarakat luas.

SMS PEMANCING REAKSI CALON PEMBELI

Kadang, permintaan sederhana memiliki sentuhan personal dan dapat meningkatkan respons dari penerima SMS. Contohnya, pesan ini: “Hai Budi, dapatkan diskon 50% dari makanan Anda berikutnya ketika Anda menunjukkan pesan ini!”.

Cara ini efektif jika digabungkan dengan pengiriman berbasis lokasi. Misalnya, ketika calon customer tiba di sebuah tempat di mana outlet UMKM Galeri Indonesia berada, mereka akan menerima SMS ini dan kemudian terpacu untuk menukarkan benefit diskon 50% itu, meskipun pada awalnya mereka tak memiliki rencana berkunjung ke outlet UMKM Galeri Indonesia.

Masuk akal, bukan?

SURVEI SMS, PELAJARI DAN PAHAMI CALON CUSTOMER UMKM GALERI INDONESIA

Survei berformat panjang via tautan web sudah pasti kurang disukai karena menyita waktu calon pembeli. Lain halnya jika survei dilakukan via SMS. Dengan pertanyaan singkat berformat pilihan ganda, calon pembeli akan dengan mudah merespons bagus dalam waktu singkat.

WAKTU YANG PALING TEPAT UNTUK MENGIRIM SMS

Setiap orang memiliki preferensi waktu sendiri ketika melihat sebuah pesan dan merespons. UMKM Galeri Indonesia dapat mempelajari behaviour calon customer tersebut, dengan mengirimkan SMS Blast. Dari berbagai respons itu, UMKM Galeri Indonesia akan memiliki data, kapan waktu yang tepat untuk kampanye SMS selanjutnya.

Tertarik menggunakan teknologi lama SMS yang ternyata masih efektif dipakai sampai sekarang untuk mendongkrak penjualan? Galeri Indonesia bekerja sama dengan Telkomsel MyAds, sudah teknologi tersebut yang semakin memudahkan UMKM Galeri Indonesia untuk mengatur kampanye SMS.

Telkomsel MyAds merupakan layanan untuk membuat dan menayangkan iklan. Pesan iklan tersebut ditujukan khusus untuk para pelanggan Telkomsel dalam mendukung aktivitas pemasaran.

Iklan yang dibuat dapat dikirimkan secara massal (blast/broadcast), spesifik (targeted) atau berdasarkan lokasi tertentu (Location Based Advertising).

Saat ini ada 3 media pengiriman yaitu SMS, MMS, dan pesan pop-up (USSD). UMKM Galeri Indonesia dapat tautan ini untuk melihat dan mencermati informasi Telkomsel MyAds lebih lanjut. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY