me

Doa Umroh: Panduan Lengkap dari Niat hingga Selesai

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/awhy251
Panduan doa umroh lengkap untuk kamu yang ingin menjalankan ibadah umroh!

Blibli Affiliate

Menjalankan ibadah umroh adalah impian banyak umat Islam di seluruh dunia. Bagi kamu yang berkesempatan untuk menunaikan ibadah umroh, memahami dan menghafalkan doa-doa umroh sangatlah penting nih, Blibli Friends. Catat baik-baik, ya!

Doa-doa ini nggak hanya sebagai pelengkap ibadah, tapi juga sebagai wujud permohonan kepada Allah agar diberikan kelancaran dan keberkahan selama menjalankan ibadah umroh. Dalam artikel ini, Blibli Friends akan menemukan doa umroh lengkap dari niat hingga selesai, termasuk doa-doa khusus saat berada di Masjidil Haram. Yuk, simak panduannya!

Baca juga:


Doa Niat Umroh

doa umroh
freepik.com/author/odua

Setiap ibadah dimulai dengan niat, begitu juga dengan umroh. Berikut adalah doa niat umroh yang harus kamu lafalkan sebelum memulai rangkaian ibadah umroh:

نَوَيْتُ الْعُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهَا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul ‘umrata wa aḫramtu bihî lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah ta‘ala.”

Jangan lupa untuk melafalkan doa niat umroh ini dengan tulus dan penuh keyakinan sebelum memulai rangkaian ibadah umrohmu. Doa niat umroh ini merupakan langkah awal yang penting untuk menjadikan setiap langkahmu dalam ibadah ini bermakna dan diterima oleh Allah SWT.

Doa Selesai Berihram

Setelah berniat, kamu juga perlu membaca doa ini sebagai permohonan kepada Allah saat kamu mulai berihram:

اَللّٰهُمَّ أُحَرِّمُ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ وَجَسَدِيْ وَجَمِيْعَ جَوَارِحِيْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ حَرَّمْتَهُ عَلَى الْمُحْرِمِ أَبْتَغِيْ بِذٰلِكَ وَجْهَكَ الْكَرِيْمَ يَا رَبَّ الْعَــالِمِيْنَ

Allâhumma uḫarrimu sya‘rî wa basyarî wa jasadî wa jamî‘a jawâriḫî min kulli syai-in ḫarramtahu ‘alâl muḫrimi abtaghî bidzâlika wajhakal karîma yâ rabbal ‘âlamîn(a)

Artinya, “Ya Allah aku mengharamkan rambut, kulit, tubuh, dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Kauharamkan bagi seorang yang sedang berihram, demi mengharapkan ridha-Mu semata, wahai Tuhan pemelihara seluruh keberadaan.”

Setelah melafalkan doa selesai berihram, pastikan untuk memperhatikan aturan berihram selama menjalankan ibadah umroh. Doa ini merupakan ungkapan kesungguhan kita dalam menjalankan ibadah umroh, sehingga kita diharapkan dapat menjalankannya dengan sebaik-baiknya.

Doa Memasuki Kota Makkah

Ketika kamu memasuki kota Makkah, bacalah doa ini untuk memohon keselamatan dan perlindungan Allah:

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّـيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ

Allâhumma hâdzâ ḫaramuka wa amnuka faḫarrim laḫmî wa damî wa sya‘rî wa basyarî ‘alan-nâri wa âminnî min ‘adzâbika yauma tab’atsu ‘ibadaka waj‘alnî min auliyâ-ika wa ahli thâ‘atika

Artinya, “Ya Allah, ini adalah tanah haram-Mu dan tempat aman-Mu. Haramkanlah dagingku, darahku, rambutku, dan kulitku dari api neraka. Selamatkanlah aku dari siksa-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Jadikan aku termasuk di antara kekasih-Mu dan hamba-hamba yang taat pada-Mu.”

Ucapkanlah doa ini dengan penuh khushu’ saat tiba di Kota Makkah, sebagai ungkapan syukur atas keselamatan yang diberikan Allah. Dengan doa ini, kita berharap dapat mendapatkan perlindungan dari Allah SWT di tanah yang diharamkan ini.

Doa Ketika Memasuki Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah tempat suci yang menjadi tujuan utama dalam ibadah umroh. Berikut adalah doa ketika memasuki Masjidil Haram:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامِ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللّٰهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Allâhumma antassalâm, waminkas-salâm fahayyinâ rabbanâ bissalâm wa adkhilnal jannata dâras-salâm tabârakta wata‘âlaita yâ dzaljalâli wal ikrâm. Allâhumma-ftaḫ lî abwâba raḫmatika wamaghfiratika wa adkhilnî fîhâ. Bismillâhi walḫamdulillahi wash-shalâtu wassalâmu ‘alâ rasûlillâh

Artinya, “Ya Allah Engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), dari-Mu keselamatan datang, maka hidupkanlah kami ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan. Maha Suci Engkau, Maha Luhur Engkau, wahai Tuhan sang pemilik keagungan dan kemuliaan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan-Mu. Masukkanlah aku ke dalam rahmat dan ampunan-Mu itu. Dengan nama Allah. Segala puji bagi Allah. Semoga rahmat dan keselamatan terlimpah untuk Rasulullah.”\

Doa ini mengajarkan kita untuk memohon keselamatan dan keberkahan saat memasuki Masjidil Haram, tempat suci umat Islam. Ucapkanlah doa ini dengan hati yang khusyuk dan yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa-doamu.

Doa Ketika Melihat Ka’bah

Menyaksikan Ka’bah untuk pertama kali adalah momen yang sangat mengharukan. Ucapkan doa ini saat pertama kali melihat Ka’bah:

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

Allâhumma zid hâdzal baita tasyrîfan wa ta‘dhîman wa takrîman wa maḫâbatan wa zid man syarafahu wa karramahu mim man ḫajjahu awi‘tamarahu tasyrîfan wa ta‘dhîman wa takrîman wa birran

Artinya, “Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini; dan tambahkanlah pula kepada orang-orang yang memuliakan, menghormati, dan mengagungkannya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah kemuliaan, kehormatan, kebesaran, dan kebaikan.”

Ingatlah untuk menyaksikan Ka’bah dengan penuh penghormatan dan rasa syukur, sambil berdoa agar diberi kemuliaan dan keberkahan. Doa ini adalah ungkapan syukur dan penghormatan kepada Allah atas kesempatan yang diberikan-Nya untuk menyaksikan rumah-Nya yang suci.

Doa Tawaf

tata cara doa umroh
freepik.com/author/tanvirgraphic01

Tawaf adalah salah satu rukun umroh yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Bacalah doa berikut saat melakukan tawaf:

Dari Hajar Aswad ke Rukun Yamani

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم

Subḫânallâhi walḫamdulillâhi wa lâ ilâha illallâhu allâhu akbar. wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm(i)

Artinya, “Maha Suci Allah. Segala pujian hanya pantas disanjungkan kepada Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (pertolongan) dari Allah yang Maha Luhur lagi Maha Agung.”

Dari Rukun Yamani ke Hajar Aswad

رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanâ âtinaa fid dun-yâ ḫasanah, wa fil âkhirati ḫasanah, wa qinâ a‘dzâban nâr

Artinya, “Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.”

Doa ini bisa menjadi pengingat akan pentingnya mengelilingi Ka’bah dengan penuh kesungguhan dan ketakwaan. Dengan doa ini, kita berharap dapat mendapatkan keberkahan dari Allah SWT atas setiap putaran tawaf yang kita lakukan.

Doa saat Sa’i

Sa’i adalah berjalan bolak-balik antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Berikut doa yang bisa kamu baca saat memulai Sa’i dari bukit Shafa:

اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا

Allâhu akbar, allâhu akbar, allâhu akbar, allâhu akbar, kabîran walḫamdulillâhi katsîran wa subḫanallâhi bukratan wa ashîlâ

Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Mahabesar Allah segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah baik saat pagi maupun petang.”

Lafalkan doa ini saat melakukan Sa’i antara bukit Shafa dan Marwah, sebagai bentuk ibadah yang memperkuat iman dan ketakwaan. Dengan doa ini, kita berharap dapat menjalankan ibadah Sa’i dengan baik dan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Doa Tahallul

Tahallul adalah proses mencukur atau memotong rambut setelah selesai menjalankan Sa’i. Berikut adalah doa yang bisa dibaca saat tahallul:

اَللّٰهُمَّ اثْبُتْ لِيْ بِكُلِّ شَعْرَةٍ حَسَنَةً وَامْحُ عَنِّيْ بِهَا سَيِّئَةً وَارْفَعْ لِيْ عِنْدَكَ دَرَجَةً

Allâhumma-tsbut lî bi kuli sya’ratin ḫasanatan wa-mḫu ‘annî bihâ sayyi-atan wa-rfa‘ lî ‘indaka darajatan

Artinya, “Ya Allah, tetapkanlah kebaikan untukku lantaran setiap helai rambut ini, hapuslah keburukan dari diriku lantaran rambut ini, dan angkatlah derajatku di sisi-Mu.”

Doa tahallul ini mengajarkan kita untuk bersyukur atas selesainya ibadah umroh, sambil berharap mendapatkan ampunan dan ridha Allah SWT. Dengan doa ini, kita berharap bahwa setiap langkah kita dalam ibadah ini dapat diterima oleh Allah SWT.

Menunaikan ibadah umroh adalah momen berharga yang penuh dengan keberkahan dan ketenangan jiwa. Melalui panduan doa umroh ini, diharapkan setiap langkah perjalanan ibadahmu menjadi lebih khusyuk dan bermakna ya, Blibli Friends! Ingatlah selalu untuk melafalkan doa-doa dengan tulus dan penuh keyakinan, agar ibadahmu diterima dan mendapatkan ridha Allah SWT.


Baca juga

Untuk melengkapi persiapan ibadahmu, pastikan kamu membawa perlengkapan yang diperlukan termasuk  peci, sarung, mukena, dan sajadah. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan perlengkapan ibadah yang berkualitas di Blibli. 

Dengan berbelanja di Blibli, kamu nggak hanya bisa dapatkan produk terbaik tetapi juga berbagai kemudahan dan penawaran menarik lainnya. Lengkapi kebutuhan ibadahmu di Blibli dan jadikan perjalanan umrohmu semakin sempurna dan nyaman ya, Blibli Friends!