me

5 Doa Sesudah Belajar Agar Ingat dan Bermanfaat

Jun 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/rawpixel-com
Simak deretan doa sesudah belajar ini dulu sebelum mulai belajar!

promo ulang tahun blibli ke-13 blibli anniversaryBlibli Affiliate

Belajar dalam Islam bisa dilakukan sepanjang masa dan nggak kenal usia. Umat muslim bisa mempelajari banyak hal dengan luas, tapi secara umum belajar identik dengan aktivitas akademik. Sebelum menghadapi ujian, kita akan belajar dan berharap apa yang kita pelajari bisa terus kita ingat dan pastinya bermanfaat. Untuk itu, kita bisa membaca doa sesudah belajar dan meminta bantuan Allah SWT. 

Lalu apa saja doa yang bisa kita baca setelah belajar? Apakah ada doa sesudah belajar agar ilmu bermanfaat dan doa sesudah belajar untuk memudahkan hafalan? Simak beberapa doa yang dibaca setelah belajar di bawah ini!

Baca juga:


Doa Sesudah Belajar dan Artinya

Doa Sesudah Belajar dan Artinya
freepik.com/author/garakta-studio

Ada banyak doa sesudah belajar yang bisa kita baca dengan tujuan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa kamu baca dan hafalkan untuk menghadapi ujian berikutnya:

1. Doa Agar Mudah Menghafal

Kemampuan setiap orang berbeda-beda. Ada yang mampu menghafalkan teori dan rumus dengan mudah, tapi ada yang kemampuan menghafalnya sangat terbatas. Tapi di saat kita harus mempelajari banyak hal, biasanya sulit banget untuk menghafal semuanya dalam satu waktu. 

Untuk mengatasinya, kita bisa meminta kepada Allah SWT agar bisa dengan mudah menghafal apa yang baru dipelajari. Entah itu bentuknya teori maupun rumus, Blibli Friends dapat membaca doa di bawah ini:

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“ Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a Dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn. Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn. Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.”

Artinya: “Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih.”

2. Doa Supaya Selalu Ingat Apa yang Baru Dipelajari

Doa yang kedua ini juga tujuannya agar bisa selalu mengingat apa yang sudah dipelajari. Intinya, doa di bawah ini kita akan meminta agar memiliki daya ingat yang tinggi, sehingga ilmu yang dipelajari nggak terlupakan begitu saja. Doanya termasuk pendek dan mudah diingat, begini bunyinya: 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

3. Doa Agar Ilmu yang Dipelajari Bermanfaat

Tujuan kita mempelajari sesuatu sejak kecil hingga dewasa tentu agar ilmu yang dipelajari bermanfaat ke depannya. Ilmu bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Supaya ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat, kita bisa membaca doa di bawah ini: 

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘lman walhamdulillahi ‘ala kulihal.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.”

4. Doa Agar Dapat Memperoleh Ilmu yang Baik 

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari di dunia ini setiap harinya, tapi nggak semuanya baik. Karena itu, penting untuk membaca doa di bawah ini untuk memperoleh ilmu yang baik:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.”

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.”

5. Doa Sesudah Belajar Secara Umum

Doa yang terakhir ini bisa diterapkan secara umum, apa pun ilmu yang kita pelajari, di mana pun dan kapan pun. Pada dasarnya kita berserah pada Allah SWT dan memohon agar usaha kita mendapat ridho dari-Nya, sehingga ilmunya bisa dipelajari dan dihafalkan dengan baik dan bermanfaat. 

Doanya cukup pendek dan mudah dihafalkan, berikut ini bunyinya:

سُبْحاَنَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْك

“Subhaanaka allahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.”

Artinya: “Maha suci Engkau, saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, saya mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Belajar

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Belajar
freepik.com/author/feepikcontributorthailand

Membaca doa setelah belajar keutamaannya adalah apa yang kita usahakan dengan cara belajar mendapatkan ridha dari Allah SWT. Jika mendapat ridha, maka ilmu yang kita pelajari diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Bagi diri sendiri misalnya dalam menghadapi ujian. Sementara itu, untuk orang lain ilmu kita nantinya diterapkan untuk membantu orang lain. 

Cara Membaca Doa Sesudah Belajar

Cara Membaca Doa Sesudah Belajar
freepik.com/author/freepik

Doa sesudah belajar bisa langsung kita baca setelah selesai belajar. Bisa juga bersuci dulu, baru mulai berdoa, sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Saat menghadap Allah SWT sudah dalam keadaan suci. Kamu juga boleh membaca doanya setelah selesai belajar dan melakukan ibadah shalat. Jangan lupa bagi perempuan untuk mengenakan mukena yang berkualitas. Sementara pria mengenakan  sarung


Baca juga

Nah, itu dia 5 doa sesudah belajar yang bisa Blibli Friends terapkan tiap kali selesai belajar agar bisa menghafal apa yang sudah dipelajari dan memanfaatkannya untuk hal yang berguna. Apa pun bidang yang dipelajari, kelima doa di atas bisa diamalkan. Jangan lupa menyediakan alat shalat seperti sajadah jika ingin membacanya setelah shalat. 

Kalau lagi mencari alat shalat yang terbaik, yuk langsung saja meluncur ke Blibli. Masuk ke laman fashion muslim dan dapatkan berbagai pilihan alat shalat seperti mukena, baju koko, peci, dan masih banyak lagi. Yuk, beli sekarang dan nikmati promo gratis ongkir dari Blibli yang bikin belanja jadi lebih hemat!